Banyak orang mempertanyakan manfaat area hijau di rumah. Padahal selain untuk keindahan hunian, berbagai jenis tanaman hias, termasuk tanaman peneduh, bermanfaat untuk kebersihan udara sekaligus penghalang terik matahari.

Jika kalian punya ruang tersedia di taman, Kania sarankan untuk mencoba menambahkan tanaman peneduh di titik-titik yang terpapar pencahayaan alami dari cahaya matahari. Berikut adalah enam tanaman peneduh pilihan Kania yang boleh kamu coba di rumah.

1. Mangga

shutterstock.com

Salah satu tanaman peneduh yang cocok ditanam di rumah sekaligus menjadi favorit banyak orang adalah pohon mangga. Sudah bukan pemandangan aneh lagi di taman rumah, pohon mangga memiliki pokok yang cukup besar hingga mencapai 40 meter atau lebih.

Dedaunannya yang berbentuk tajuk oval juga cocok untuk meneduhkan area bersantai dan menahan terik. Tanaman peneduh ini terutama sangat diminati karena cukup mudah dirawat serta bisa berbuah manis untuk dinikmati. Saat musimnya, kalian bakal kegirangan kalau kebun buah mangga sukses berbuah.

2. Beringin

lovepik.com

Beringin sudah sangat akrab dengan budaya asli Indonesia, bahkan sering dianggap suci atau punya pelindung. Jangan mudah percaya dulu dengan mitos angker tentang pohon beringin, padahal ia bisa menjadi tanaman peneduh yang sangat efektif.

Sebagai tanaman peneduh yang ampuh memberikan rasa sejuk sekaligus tampil khas dengan daunnya yang lebat, pohon beringin dapat tumbuh dengan ketinggian yang bervariasi dari 12-15 meter. Lebar tajuknya yang juga tidak kalah besar, menjadikannya ideal untuk area rindang setiap saat. Daun beringin juga punya khasiat kesehatan mulai dari obat sariawan hingga mengatasi demam tinggi sehingga cocok dijadikan tanaman obat keluarga juga.

3. Mahoni

shutterstock.com

Satu lagi pohon yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, pohon mahoni sudah ada sejak awal tahun 1800-an dan kerap hadir di pinggir jalan. Berfungsi sebagai penghias dan tanaman peneduh, pohon mahoni sudah terbukti bisa mengurangi polusi udara secara signifikan hingga sekitar 70 persen.

Pasti terbayang bagaimana segarnya udara di sekitar rumah jika memanfaatkan pohon mahoni sebagai tanaman peneduh. Ia bisa memfilter udara sekaligus menahan daerah tangkapan air. Pohon mahoni juga salah satu favorit dalam dunia pasar kayu, tak heran jika budidayanya kian meluas.

4. Angsana

shutterstock.com

Cocok dengan iklim daerah tropis, pohon angsana bisa tumbuh mekar dan subur tanpa harus dirawat secara khusus. Alhasil, tanaman peneduh angsana pun jadi primadona di beberapa kota di Indonesia.

Dengan dedaunan hijau yang serba asri, pohon angsana cocok menjadi tanaman peneduh karena tajuk lebat serupa kubah dan juga cabang-cabang yang berdekatan dengan permukaan tanah.

Satu lagi hal unik dari tanaman peneduh ini adalah getahnya yang berwarna merah bening, sehingga kerap dianggap “berdarah”. Tapi jangan khawatir, getah pohon ini jauh dari kata berbahaya, malah efektif untuk berbagai bidang kesehatan sampai tekstil!

5. Asam Jawa

shutterstock.com

Salah satu tanaman peneduh paling legendaris, konon pohon asam jawa sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Dengan karakteristiknya yang tangguh dan kokoh, pohon asam jawa berperawakan besar dengan warna hijau tua sepanjang tahun.

Kalian juga pasti sudah tahu kalau tanaman peneduh asam jawa menghasilkan buah yang kerap jadi incaran ibu-ibu pecinta jamu atau untuk resep masakan. Dikenal juga dengan istilah tamarin, tanaman peneduh ini juga kerap dibudidayakan dalam pot untuk versi praktisnya.

6. Kersen

shutterstock.com

Dikenal juga dengan nama pohon ceri atau pohon talok, tanaman peneduh kersen dikenal dengan buahnya yang berbentuk kecil dan berwarna merah saat matang. Buahnya memiliki rasa manis dan paling sering dimangsa burung atau kelelawar.

Sebagai tanaman peneduh, pohon kersen cukup ideal dengan ketinggian pokok hingga 10 meter. Dedaunannya yang runcing juga tumbuh lebat tanpa banyak kerumitan dalam perawatan, bahkan punya banyak manfaat kesehatan juga.

Jangan ragu untuk menambahkan tanaman peneduh di halaman atau sekitar rumah, sobat Kania! Satu pohon sudah bisa memberikan efek teduh yang adem, sekaligus suasana asri dan udara yang lebih segar. Selamat menanam tanaman peneduh!

Simak juga artikel menarik seputar home& living lainnya di Dekoruma! Kamu bisa menemukan pembahasan mengenai cara mengusir tikus, manfaat peach gum, inspirasi desain rumah minimalis, hingga tips menata hunian.

Selain artikel, ada juga aneka peralatan rumah tangga untuk kebutuhanmu sehari-hari. Dekoruma jual alat kebersihan, keranjang pakaian, kotak penyimpanan, setrika, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!