Setiap hunian pasti memerlukan kloset. Wajib hukumnya pula bagi setiap hunian untuk memiliki septic tank agar dapat membuang limbah tinja sehingga tidak tersalur ke sungai atau sumber air lainnya karena dapat mencemari lingkungan dan mendatangkan berbagai macam penyakit.

Untuk kamu yang sedang membangun rumah, tentu saja pembuatan septic tank sangat wajib untuk dilakukan. Sebagai referensi, berikut cara kerja dan kiat perawatan septic tank yang bisa kamu lakukan di bawah ini:

Cara Kerja Septic Tank

a1sewercleaning.com

Secara umum, septic tank merupakan wadah pengolahan limbah cair atau blackwater yang berasal dari kloset hunian. Memiliki fungsi lebih dari sekadar tempat penampung air limbah, konstuksi septic tank perlu diperhatikan karena nantinya limbah akan diresapkan ke dalam tanah atau disalurkan pada tempat pengolahan skala besar.

Konstruksi septic tank umumnya dilengkapi sekat dinding bata dengan penutup beton dan penutup kontrol pada bagian atasnya, serta pipa T untuk memaksimalkan udara supaya dapat masuk ke dalam septic tank. Adapun, udara atau oksigen yang masuk memiliki fungsi untuk menyuburkan bakteri untuk memusnahkan kotoran di dalam wadah pengolahan.

shutterstock.com

Idealnya, konstruksi septic tank menyesuaikan ketinggian air tanah dan disesuaikan menurut jenis tanah di hunian. Selain itu, perhatikan jarak dengan sumber air bersih yang setidaknya melebihi 10 meter agar tidak terjadi infiltrasi limbah dan hanya digunakan untuk melayani maksimal 5 rumah supaya proses pengolahan limbah cair lebih optimal.

Perhatikan Sumur Resapan Septic Tank

shutterstock.com

Salah satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah sumur resapan. Setelah kotoran dihancurkan di dalam septic tank, limbah cair akan mengalir ke sumur resapan yang jaraknya berdekatan. Idealnya, pembuatan sumur resapan disesuaikan menurut jumlah septic tank yang tersedia.

Dalam pembuatannya, sumur resapan terdiri dari berbagai macam elemen seperti ijuk, kerikil, pasir hingga batu karang berongga. Selain itu, terdapat pula pipa limbah berukuran 2 ½ inci untuk memudahkan penyebaran air limbah mengalir.

shutterstock.com

Lalu di antara saluran tersebut, terdapat bak kontrol yang difungsikan untuk memantau saluran limbah saat terjadi genangan atau hambatan dan dibuat menggunakan beton dengan besi pegangan untuk memudahkan pembukaan.

Perhatikan Jenis Pembuangan Limbah

conroesepticpumping.com

Septic tank hanya dapat mengolah limbah berupa feses sehingga tidak disarankan untuk membuang air bekas mandi atau cucian. Selain itu, hindari pembuangan bahan-bahan kimia seperti cairan pembersih lantai atau pemutih baju supaya proses pengolahan limbah tidak terhambat ataupun membuang benda lain selain feses ke dalam toilet seperti pembalut atau tissue karena akan menghambat saluran.

Perhatikan Pengurasan Tangki Septic Tank

envirodrain.ie

Disarankan, kamu melakukan pengurasan tangki septic tank setiap tiga tahun sekali. Namun, lakukan pengurasan dengan meminta bantuan ahli yang memiliki alat kuras khusus karena lumpur feses hasil pengolahan masih berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Dilarang Membuang Lumpur Septic Tank Ke Sungai!

improvenet.com

Dalam pembuatan septic tank, hindari menyalurkan lumpur melalui sungai atau tempat terbuka karena dapat mengontaminasi lingkungan. Lumpur limbah harus dibuang ke tempat yang sudah direncanakan, misalnya Instalasi Pengolah Lumpur Tinja (IPLT) yang berada di kawasan tempat tinggalmu.

Cara kerja singkat dan kiat perawatan septic tank di atas harus kamu perhatikan supaya dapat menciptakan lingkungan bersih sehat, bebas penyakit dan membuat resapan air bersih aman untuk dikonsumsi. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas septic tank di hunian kamu! Rajinlah juga untuk membersihkan wc mampet dan kamar mandi, ya!

Ingin mengganti furnitur di rumahmu dengan yang baru? Kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas di Dekoruma, lho! Dekoruma jual sofa minimalis, rak tv, meja kerja, dan lemari pakaian. Model dan ukurannya pun ada banyak sehingga bisa kamu pilih sesuai selera.

Selain itu, ada juga aneka peralatan dapur bagi kamu yang suka memasak. Dekoruma jual KitchenAid, yaitu merek alat dapur ternama yang menyediakan blender, mixer, panci, dan coffee maker. Lengkap banget, ‘kan?

Eitss.. tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti, lho! Ada banyak pilihan rumah baru dan rumah dijual dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!