Mau buka usaha? Ada banyak hal yang harus kamu siapkan agar kegiatan usaha dapat berjalan lancar. Selain tempat dan izin mendirikan usaha, kamu sebaiknya menyiapkan aneka peralatan kantor untuk mendukung operasional harian.

Mulai dari kebutuhan utama seperti

furniture,
Kania akan membahas berbagai peralatan kantor yang sebaiknya kamu siapkan saat membuka usaha. Untuk lengkapnya, mari kita simak lima peralatan kantor berikut ini!

Perabot

Perabotan merupakan salah satu peralatan kantor yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum usaha dijalankan. Jika usaha yang dijalankan merupakan perkantoran biasa, desain ruang kerja harus memuat berbagai perabot wajib seperti kursi kantor ergonomis, meja komputer, dan lemari arsip supaya dapat memfasilitasi pekerjaanmu. Dekoruma jual meja komputer dan kursi kerja dengan aneka bentuk yang unik untuk menghiasin ruang kerjamu, lho!

Lain hal lagi bila peralatan kantor yang dimaksud ditunjukkan untuk kamu yang membuka usaha makanan atau minuman. Selain menyiapkan desain dapur kecil yang memadai untuk koki, kamu juga perlu menyiapkan perabot untuk pelanggan menyantap seperti meja dan kursi makan.

Dekorasi dan Aksesoris

hearstapps.com

Selain peralatan kantor berupa perabotan seperti di atas, penggunaan dekorasi dan aksesoris di tempat usaha juga sangat diperlukan. Mulai dari peralatan kantor fungsional seperti tempat sampah pada setiap sisi ruangan, jam dinding atau jam meja, tempat tisu berikut isinya, dan steker listrik, hingga sarana hiburan sederhana seperti speaker dan pot tanaman hias.

Perangkat Komputer

microsoft.com

Di era modern sekarang, keberadaan komputer sebagai peralatan kantor dapat membantu memudahkan berbagai kegiatan usaha. Dengan menggunakan laptop atau komputer, kamu bisa menghitung anggaran operasional secara lebih detail, menyimpan kontrak atau dokumen digital, membuat sarana promosi hingga update jejaring sosial terkait akun bisnis yang kamu jalankan.

Mesin Kasir atau Kalkulator

squareup.com

Dalam bisnis, aktivitas hitung-menghitung uang harus dilakukan secara akurat. Terutama jika usahamu berupa bisnis jual beli, siapkan peralatan kantor berupa mesin kasir supaya penjualan dan pendapatan bisnismu dapat dihitung secara mudah.

Jika tak ingin repot, kamu bisa memanfaatkan tablet dengan software khusus sebagai mesin kasir yang biasanya telah dilengkapi alat print berkoneksi bluetooth ukuran mini. Jika modalmu belum cukup, peralatan kantor berupa alat hitung sederhana seperti kalkulator bisa kamu gunakan untuk meminimalisir kesalahan penghitungan arus keuangan.

Alat Tulis

officexpress.co.uk

Meskipun pencatatan dokumen dapat dilakukan melalui perangkat komputer atau laptop, namun peralatan kantor berupa alat tulis tetap kamu butuhkan. Jadi, segera stok aneka alat tulis seperti pulpen, pensil, stapler, buku catatan, map arsip, penjepit kertas hingga sticky notes.

Peralatan Komunikasi

bizjournals.com

Peralatan kantor selanjutnya yang harus kamu siapkan adalah sejumlah alat untuk berkomunikasi. Untuk komunikasi yang dilakukan secara online, kamu dapat menyiapkan jaringan internet dengan speed yang memadai supaya proses komunikasi berjalan lancar. Selain itu, siapkan pula peralatan kantor lainnya seperti peralatan surat-menyurat, kartu nama, brosur promosi serta sambungan telepon berupa pesawat telepon atau ponsel khusus usaha.

Mesin Absensi

shutterstock.com

Jadwal kerja karyawan dapat menentukan keberlangsungan bisnis yang sedang kamu rintis. Jika kamu memiliki karyawan dengan jumlah yang cukup banyak, kamu bisa mengontrol kinerja karyawan secara praktis menggunakan peralatan kantor berupa mesin absensi yang biasanya bekerja menggunakan sensor sidik jari.

Kotak P3K

safetyandhealthmagazine.com

Terakhir adalah peralatan kantor berupa kotak P3K yang bisa kamu gunakan dalam keadaan darurat. Di dalam kotak P3K tersebut, kamu bisa menyiapkan sejumlah obat-obatan standar, plester, kapas, alkohol hingga cairan antiseptik.

Apapun jenis usaha yang kamu jalankan, delapan peralatan kantor di atas harus kamu persiapkan karena dapat mendukung operasional bisnismu. Yuk, siapkan peralatan kantor untuk usahamu sekarang juga!

Temukan berbagai macam furnitur dan dekorasi untuk hunianmu di Dekoruma! Ada banyak jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual laci, rak buku, coffee table, sofa, hingga rak display. Khusus untuk kebutuhan si Kecil, Dekoruma jual kursi anak, lemari anak, dan tempat tidur bayi.

Tak hanya itu, Dekoruma menyediakan aneka jenis kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari kasur Alga, King Koil, Guhdo, dan Comforta tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!