Desain interior boleh dibiarkan sederhana, namun keberadaan suatu focal point, atau elemen paling menonjol, akan membantu menegaskan konsep ruangan tersebut. Jika kamu ingin menghadirkan kesan tradisional, coba pilih berbagai motif anyaman sebagai dekorasi untuk melengkapi interior rumah.

Sebelum memilih dekorasi dengan motif anyaman untuk dijadikan focal point, ada baiknya kamu mengintip macam-macam motif anyaman berikut.

Motif anyaman berlubang pada dinding pembatas

pinterest.com

Bagi hunian mungil, sudah umum jika diberikan sekat ruangan agar dapat lebih memaksimalkan ruangan yang ada. Misalkan, memilih dinding sekaligus roster dengan motif anyaman yang berlubang seperti inspirasi di atas.

Selain cahaya ruangan masih dapat tembus, sirkulasi udara juga akan tetap lancar. Motif anyaman yang memanfaatkan rotan ini pastinya cocok untuk digunakan pada ruangan bergaya tradisional.

Motif anyaman melingkar untuk focal point di ruang makan

dekoruma.com

Bingung memilih elemen focal point di ruang makan? Agar sekaligus bisa menjadi peralatan makan, coba gunakan alas piring dengan motif anyaman melingkar seperti inspirasi di atas.

Supaya semakin menonjol, pilihlah tatakan piring yang warnanya kontras dengan warna dominan ruangan dan ukuran yang lebih besar dari piring atau gelas. Untuk ruangan serba putih, gunakan warna cokelat atau hitam. Ruang makan minimalis pun tidak membutuhkan dekorasi tambahan lagi.

Motif anyaman geometri pada karpet

etsy.com

Meski posisinya sebagai pijakan kaki, karpet bisa juga dijadikan focal point, terutama jika memiliki motif anyaman geometri seperti ini. Warnanya senada dengan sofa minimalis, tapi tampilannya menjadi lebih mencolok.

Begitu memasuki ruang keluarga, semua mata pasti akan tertuju pada karpet. Selain menjadi focal point, karpet ini akan membuat suasana ruangan semakin hangat dan nyaman.

Jam dinding dengan motif anyaman khas tampah

rimma.co

Bukan cuma sekadar menunjukkan waktu, jam dinding juga bisa dijadikan sebagai focal point. Misalnya jam dinding berukuran sedang yang menggunakan tampah.

Karena motif anyaman ini sangat sederhana, sangat cocok untuk ruangan minimalis. Gantungkan jam dinding ini pada bidang dinding yang terlihat begitu orang memasuki ruangan.

Motif anyaman tali khas kerajinan makrame

etsy.com

Sudah pernah dengar tentang kerajinan makrame? Hanya dengan memanfaatkan tali, kerajinan makrame bisa menjadi pilihan tampilan motif anyaman untuk hunian.

Pada umumnya, makrame dijadikan hiasan gantung dengan sisa tali yang dibiarkan menjuntai. Selain itu, kamu juga bisa menemukan tudung lampu yang dianyam dengan teknik makrame juga. Sangat cocok dijadikan focal point pada ruangan bergaya vintage, minimalis, ataupun shabby chic.

Lantai kayu terlihat seperti anyaman

parquets-de-tradition.com

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadikan lantai sebagai focal point sebuah ruangan, terapkan pola anyaman kayu saja. Kamu sebenarnya hanya perlu menata potongan papan kayu agar terlihat seperti anyaman.

Jika memiliki banyak waktu dan budget lebih, kamu bisa menjadikan lantai kayu ini dari kayu asli. Jika tidak, gunakan saja lantai vinyl dengan motif anyaman kayu tersebut.

Wadah penyimpanan dengan motif anyaman rapat

flaxandtwine.com

Siapa sangka kalau wadah penyimpanan bisa menjadi focal point juga? Tentunya wadah penyimpanan tersebut harus menarik perhatian, misalnya keranjang dengan motif anyaman rapat dari tali berdiameter besar ini.

Letakkan wadah tersebut di dekat area duduk dan isi dengan barang-barang estetik seperti majalah atau selimut. Pastikan tidak ada lubang pada anyaman agar bentuk wadah tetap terjaga dan tahan lama.

Sekian tujuh macam motif anyaman yang perlu kamu ketahui saat menentukan focal point ruangan. Kira-kira, motif anyaman yang mana yang cocok untuk rumahmu?

Temukan ragam dekorasi dan furnitur untuk rumahmu di Dekoruma! Dekoruma jual rak, bantal sofa, hiasan dinding, dan lainya dengan ukuran dan model yang beragam.

Kalau kamu sedang mencari kasur, Dekoruma jual aneka jenis kasur dengan berbagai ukuran dan material. Pilihan mereknya pun beragam, seperti kasur Serta, The Luxe, dan King Koil. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!