Musim hujan akan segera tiba. Sebelum memasukinya, ada sejumlah persiapan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga atap agar tidak rembes dan tidak mengganggu aktivitas yang kamu lakukan di dalam rumah.

Sekarang, Kania akan membagikan beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk memastikan atap terbebas dari bocor dan rembes. Untuk selengkapnya, simak artikel di bawah ini, ya!

Perbaiki Atap yang Rusak

vivial.com

Tips pertama, silahkan periksa kondisi atap rumahmu dan pastikan tidak mengalami kerusakan ataupun pelapukan akibat usia yang dapat menyebabkan rembes. Idealnya, kondisi genteng di atap rumahmu berada dalam kondisi yang prima dan kokoh serta merekat secara kuat pada rangka agar tak mudah lepas akibat angin kencang.

Pastikan kondisi atap rumah diperiksa secara rutin. Atap yang sudah mengalami kerusakan dapat mengakibatkan rembes dan bocor sehingga mengganggu kamu yang sedang beristirahat.

Periksa Kondisi Plafon Rumah

nationalprojects.com.au

Selain atap, plafon rumah yang sudah mengalami pelapukan, lembap dan rusak juga bisa mengakibatkan rembes dan mengganggu kualitas udara yang tersebar di dalam ruangan. Maka dari itu, segera periksa kondisi plafon di rumahmu agar tidak mengalami rembes saat hujan deras dengan mengganti atau memperbaiki bagian yang telah rusak.

Periksa Kemiringan Atap

shutterstock.com

Selain rangka kayu yang kuat dan tidak rapuh, kemiringan atap pun harus diperhatikan agar dapat menangkal air hujan secara optimal meskipun tertiup angin kencang serta meminimalis terjadinya rembes dan bocor.

Usahakan agar kemiringan atap tidak terlalu landai sekitar 25 hingga kurang dari 40 derajat. Jika lebih dari itu, genteng berpotensi merosot sehingga rembes. Kamu harus menempelkannya secara permanen menggunakan paku agar tidak mudah jatuh.

Pasang Talang Atap Secara Optimal

residencestyle.com

Untuk meminimalisir rembes dan bocor, pilih ukuran dan bentuk talang air pada pinggir atap yang sesuai dengan debit air. Selain itu, minimalisir sambungan talang atap karena berpotensi meningkatkan rembes dan bocor, serta lakukan pembersihan talang atap secara rutin karena tumpukan sampah bisa menghambat saluran air.

Gunakan Pelapis Anti Bocor

waterproofco.com

Ada berbagai variasi pelapis anti bocor yang tersedia di pasaran, namun yang paling umum merupakan cat pelapis anti bocor. Ia merupakan pertolongan instan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rembes.

Agar menjamin tidak terjadinya rembes, pastikan kamu memilih cat pelapis anti bocor dengan kualitas terbaik serta pilih produk yang sesuai dengan jenis atap rumahmu sehingga bisa diaplikasikan secara optimal.

Pangkas Ranting Pohon di Taman Rumah

americandreamrestoration.com

Sebelum musim hujan tiba, pastikan kamu memangkas ranting pohon yang rawan patah dan terlalu panjang. Jangan sampai ranting pohon terjatuh akibat angin kencang dan mengakibatkan atap rusak sehingga mengalami rembes dan bocor.

Perhatikan Pemasangan Kusen Pintu dan Jendela

wooddesignandbuilding.com

Selain atap, pemasangan kusen pada pintu dan jendela rumah pun harus kamu perhatikan karena bisa menyebabkan bocor dan rembes melalui sela-sela pintu dan jendela saat hujan deras. Maka dari itu, pilihlah kusen untuk jendela dan pintu dengan ukuran yang tepat untuk menghindari rembes.

Perhatikan Sirkulasi Udara di Rumah

energysavingtrust.org.uk

Sistem ventilasi udara yang kurang baik menyebabkan atap lebih cepat mengalami keropos dan rembes. Jika sirkulasi udara di rumahmu kurang optimal, kamu bisa menambahkan sebuah jendela pada sisi atap atau pada bagian bawah genting supaya kerangka atap tetap kering. Dengan pembuatan ventilasi yang optimal, sirkulasi udara tetap lancar dan atap tidak terancam rembes.

Delapan tips di atas bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya rembes dan bocor saat hujan tiba. Yuk, periksa kondisi rumahmu sekarang juga! Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Selain artikel, temukan juga ragam furnitur berkualitas untuk melengkapi hunianmu! Dekoruma jual meja tv, tempat tidur, lemari laci, dan kursi dengan aneka model serta ukuran yang bisa disesuaikan dengan selera, konsep hunian, dan budget yang kamu miliki.

Buat kamu yang lagi cari kasur baru, Dekoruma juga jual Serta, King Koil, dan The Luxe, tiga merek kasur ternama dengan beragam material dan ukuran. Lengkap banget, ‘kan?

Tak ketinggalan juga, nih dari dunia properti. Melalui Dekoruma Properti, kamu bisa menemukan rumah dijual atau rumah baru dari berbagai daerah, seperti di Bekasi, Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!