Menjaga kebersihan pakaian tentunya adalah prioritas utama bagi semua orang. Menggunakan bahan-bahan alami seperti cuka putih atau white vinegar untuk mencuci pakaian kian menjadi alternatif yang diincar.

Kebanyakan bahan pembersih baju yang beredar di pasaran saat ini mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi manusia atau lingkungan. Oleh karena itu, bahan alami seperti cuka putih dianggap lebih aman dan tentunya mudah untuk didapatkan.

thisxlife.com

Cuka putih memang bukanlah hal yang asing karena bisa dengan mudah ditemui di pasar sebagai bumbu dapur. Padahal, ia mengandung zat antibakteri yang bisa membersihkan aneka kotoran juga.

Walaupun cuka putih bisa jadi alternatif bahan alami untuk mencuci pakaianmu, ketahui juga berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan jika menggunakan cuka putih untuk laundry.

1. Cuka putih efektif untuk menghilangkan noda

goodhousekeeping.com

Misalnya baju kesayanganmu ketumpahan saus atau kopi, cokelat atau noda yang lainnya? Tak perlu khawatir, karena cuka putih mampu mengangkat noda membandel saat mencuci baju.

thespruce.com

Caranya kamu cukup menyemprotkan cuka putih ada baju katun atau bahan polyester mu yang terkena noda sebelum kamu mencucinya. Diamkan sampai menyerap selama 10 menit.

Setelah itu, tekan-tekan lembut bagian yang terkena noda dengan kapas hingga nodanya terangkat. Kamu juga bisa menggosok noda membandel pada baju dengan sikat yang lembut.

2. Cuka putih bermanfaat untuk mencerahkan warna pakaian

thriftyfun.com

Selain mampu menghilangkan noda, cuka putih juga bermanfaat untuk mencerahkan warna pada pakaian. Kamu bisa menambahkan 250 ml cuka putih pada pakaian sebelum dicuci.

Cara ini bisa membantu detergen yang kamu pakai agar bisa bekerja lebih efektif dalam melindungi warna baju agar tidak pudar. Selain itu, ia bisa menghilangkan sisa-sisa detergen yang menempel di pakaian yang bisa membuat warna gelap menjadi kusam.

3. Bisa digunakan untuk mencuci material yang lembut

fabrics.com

Cuka putih juga bagus digunakan untuk mencuci pakaian berbahan lembut. Saat mencuci pakaian berbulu, ia berfungsi sebagai pelembut kain tanpa meninggalkan sisa-sisa sabut atau residu.

Tambahkan 150ml cuka putih ke dalam rendaman pakaian yang sudah dicuci selama 20-30 menit. Bilas, dan jangan lupa untuk menjemur pakaian!

4. Menghilangkan bau pada pakaian

movahed.co

Terkadang kita terlupa mengambil pakaian yang terendam terlalu lama di mesin cuci sehingga berbau apek atau bau jamuran? Nah, kamu bisa menyingkirkan bau tak sedap ini dengan cuka putih.

Caranya adalah dengan rendam pakaian tersebut dengan air panas dan 500 ml cuka putih. Rendam selama 10 menit, kemudian bilas dan cuci lagi dengan detergen untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut.

5. Membersihkan mesin cuci

cnet4.com

Kamu pernah mendapati mesin cucimu bau? Masalah tersebut bisa dialami karena tidak rutin dibersihkan, padahal residu sabun mengendap di sana dan lama-kelamaan bisa menumpuk di mesin cuci dan selangnya. Kamu bisa membersihkannya dengan cuka putih yang akan membersihkan sisa-sisa deterjen yang menumpuk di dalam tabung mesin cuci.

Isi tabung mesin cuci yang kosong dengan air panas. Jalankan pencucian seperti biasa, kemudian buang air panas dari mesin cuci dan isi kembali dengan air panas yang dicampur dengan 500 ml cuka putih. Lakukan program pencucian seperti biasanya, buang air. Kemudian keringkan menggunakan kain atau handuk kering. Mudah, bukan?

diyhomegarden.blog

Wah, kegunaan cuka putih ternyata banyak juga, ya. Selain memastikan mesin cuci menjadi bersih, cuka putih juga berguna sebagai penghilang karat seandainya bagian dalam mesin cuci berkarat. Pastikan kamu menyediakan cuka putih di rumah agar mencuci pakaian pun menjadi lebih efisien dan pakaian menjadi lebih bersih. Sudah siap mencuci belum?

Jangan lupa setelah mencuci pakaian menggunakan cuka putih, pastikan kamu tetap menjemurnya dan merapikan tekstur pakaian menggunakan setrika, baik setrika biasa ataupun setrika uap, ya! Selamat merasakan manfaat dari cuka putih untuk pakaianmu!

Kamu sedang mencari perabotan baru untuk rumahmu? Dekoruma jual alat rumah tangga, furnitur, dan dekorasi, lho. Harganya bersahabat dan modelnya beranekaragam. Selain itu, ada juga aneka jenis kasur dari merek-merek terkenal untuk kebutuhan tidurmu, seperti spring bed The Luxe, King Koil, dan Comforta.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan jasa desain rumah untukmu, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal.