Ketika kamu kembali ke rumah dari rutinitas harianmu yang panjang, bekerja keras seharian, pasti adalah suatu kemewahan tersendiri ketika akhirnya kamu bisa menikmati nyamannya tempat tidur. Bagi sebagian orang, membaca buku bisa jadi ritual terbaik untuk menghabiskan malam sebelum tidur.

Membaca buku merupakan latihan yang baik bagi otak. Ketika otak dalam keadaan yang baik, maka kita juga bisa mendapatkan istirahat yang cukup dan kualitas tidur yang lebih baik.

pinterest.com

Cukup dengan membaca buku selama 10 menit saja, kamu sudah mendapatkan manfaat yang besar seperti bisa mengurangi stres serta membantu tubuhmu agar lebih relaks hingga bisa membuat memori pada otak menjadi lebih kuat.

Untuk mendapatkan waktu membaca buku berkualitas sebelum tidur, kamu tentunya perlu merasa nyaman, bukan? Kali ini Kania akan membagikan tips agar kamu dapat membaca buku dengan lebih nyaman di tempat tidur.

1. Pencahayaan atau lighting yang tepat di tempat tidur

thesleepadvisors.co.uk

Membaca buku seharusnya di tempat yang pencahayaannya bagus. Jika kamu ingin tidak ingin mengganggu tidur pasangan atau temanmu, manfaatkan lampu baca atau lampu meja yang sudah diarahkan khusus untuk menerangi sisimu.

Ketika kamu memasang lampu baca, pasang lampu di atas punggung yang berlawanan dengan tangan yang kamu gunakan untuk membalik halaman buku, agar menyebabkan adanya bayangan ketika kamu membalik halaman saat membaca buku.

2. Memakai bantal dengan sandaran khusus

pinterest.com

Postur tubuh juga bisa memengaruhi nyaman atau tidaknya saat kamu membaca buku, apalagi saat di tempat tidur. Bantal yang kamu gunakan sehari-hari tidak akan mampu menopang penuh punggungmu ketika membaca buku sambil duduk di kasur. Oleh karena itu, kamu perlu bantal khusus seperti bed wedge pillow yang bisa menopang punggungmu secara menyeluruh. Saat ini, di pasaran sudah banyak yang jual bantal dengan sandaran khusus.

3. Matikan handphone saat kamu membaca buku

psafe.com

Ketika kamu sedang membaca buku, usahakan untuk tidak menyentuh perangkat elektronik, bahkan sesaat sebelum kamu tidur malam. Tujuannya adalah agar kamu bisa terhindar dari paparan sinar biru yang dihasilkan oleh ponsel sekaligus menjadi lebih fokus saat membaca buku. Lakukan ini dan kamu akan bisa merasa lebih segar setelah kamu bangun di pagi hari.

4. Ubah tempat tidurmu menjadi perpustakaan pribadi

apartmenttherapy.com

Untuk menciptakan kenyamanan saat membaca buku di spring bed kesayanganmu, kamu bisa mengubah kamar tidurmu menjadi tempat tidur sekaligus ruang baca pribadi. Selain menghemat ruangan, tempat ini bisa memudahkanmu dalam mencari koleksi buku-bukumu.

Kamu tak perlu menyediakan ruang yang luas untuk membaca buku, cukup manfaatkan sudut ruangan di kamar untuk rak buku atau bisa juga menerapkan konsep built-in storage untuk rak penyimpanan.

melissajanelee.com

Untuk melengkapi ruang baca mini di dalam kamar, kamu bisa menambahkan meja kecil atau side table sebagai tempat menaruh buku yang dipilih untuk menemani sesi membaca buku setiap malam.

5. Siapkan secangkir minuman hangat untuk menemanimu

shutterstock.com

Meski hal ini seperti sepele, tapi kamu pasti tak ingin kenyamanan membaca buku terganggu karena tiba-tiba haus? Kamu bisa memilih menyiapkan minuman hangat dalam cangkir kecil. Jangan lupa, taruh di atas nampan agar menghindari seprai terkena tumpahan minuman. Ritual membaca buku jadi tak terganggu lagi, bukan?

Gimana? Dengan kelima tips di atas, kamu pun bisa membaca buku dengan nyaman di atas tempat tidur. Tidur menjadi lebih nyenyak dan kamu akan menjadi lebih bersemangat untuk menjalankan ritual pagi keesokan harinya.

Temukan ragam furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual sofa bed, meja makan, rak dinding, hingga meja rias. Semuanya tersedia dalam berbagai model dan ukuran.

Dekoruma juga jual Green Leaf, yaitu merek peralatan dapur terkenal yang menyediakan cetakan agar-agar, wadah bahan memasak, dan tong sampah kecil yang berkualitas. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!