Berencana liburan ke Yogyakarta atau yang lebih familiar dengan sebutan Jogja? Selain menyiapkan itinerary wisata mana saja yang akan dikunjungi di Jogja, memilih penginapan atau hotel menjadi salah satu elemen liburan yang tak boleh terlupakan. Selain murah meriah, hotel unik di Jogja yang nyaman biasanya menjadi pilihan para wisatawan.

Buat kamu yang berencana berlibur ke Jogja, kali ini Kania bakal merekomendasikan enam hotel unik di Jogja yang bisa jadi pilihan kamu untuk menginap ketika berlibur di sana. Bukan hanya nyaman dan murah, hotel unik di Jogja di bawah ini juga Instagramable!

1. Adhistana Hotel

agoda.com

Jika berbicara soal hotel unik di Jogja, Adhistana Hotel layak masuk ke dalam daftar ini. Berlokasi di kawasan wisatawan atau di Jl. Prawirotaman, konsep klasik minimalis yang diusung membuat tamu merasakan suasana tinggal di rumah pribadi.

agoda.com

Hotel unik di Jogja ini terkenal dengan sebutan hotel seribu pintu karena terdapat tembok dari daun-daun jendela yang menjadi ikon hotel ini. Sementara kalau kamu ingin bersantai atau berfoto cantik, hotel unik di Jogja ini memiliki sudut-sudut foto menarik seperti di lobi.

mieranadhirah.com

Tak hanya di area lobi, kamu juga akan dimanjakan dengan desain kamar tidurnya yang tidak kalah estetik. Tak perlu khawatir kehausan, di tiap kamar hotel unik ini disediakan air putih, teh, kopi, beserta teko listrik bila kamu membutuhkan air hangat. Untuk harganya, kamar hotel Adhistana dibanderol dengan kisaran harga Rp165.000,00 untuk kamar berkonsep dormitory hingga suite room dengan harga Rp1.400.000,00.

2. Uniq Hotel

skyscanner.com

Berlokasi di kawasan turis yang strategis yaitu di kawasan Jl. Magelang No.61, Kricak, Tegalrejo. Hotel unik di Jogja ini mengusung konsep desain ruangan tematik yang bisa dipilih oleh para tamu yang menginap.

skyscanner.com

Tiap kamar dilengkapi dengan kasur empuk dan memiliki tema yang berbeda-beda, seperti tema pantai, tema The Beatles, Rolling Stones, tema safari hingga tema balap mobil. Untuk menginap di hotel unik di Jogja ini, kamu hanya perlu merogoh kocek antara Rp350.000,00 sampai dengan Rp700.000,00 saja.

3. Omah Njonja Bed & Brasserie

almazia.co

Hotel unik di Jogja ini juga tidak boleh tertinggal dalam daftar ini. Meski lokasinya agak jauh dari pusat kota Jogja, yaitu di kawasan Condong Catur, Sleman, keunikan hotel tradisional ini tidak akan mengecewakan.

almazia.co

Hotel unik di Jogja ini mengusung konsep desain vintage yang memadukan antara desain Jawa tradisional dengan desain peranakan China yang ditampilkan melalui lukisan mural pada dinding, serta ornamen-ornamen yang dipajang.

Omah Njonja ini menyediakan kamar dengan tema yang berbeda-beda, mulai dari tata ruangnya dan juga furniture yang digunakan di tiap kamar. Dengan kisaran harga antara Rp350.000,00 sampai Rp1.000.000,00 per malam, kamu sudah bisa menikmati menginap di hotel unik di Jogja ini.

4. YATS Colony

yats.co

Terletak dekat dengan kawasan wisata seperti Taman Sari, Keraton Jogja dan Malioboro, hotel unik di Jogja ini menghadirkan konsep urban minimalis dengan penataan area yang sangat rapi.

Meskipun tidak berukuran besar, YATS Colony dikenal sebagai salah satu hotel unik di Jogja karena penuh dengan spot-spot unik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Mulai dari lobby hotel dengan dudukan estetik, terowongan dengan lukisan lucu serta kolam renang yang dibuat dari bebatuan dan tanaman hijau.

yats.co

Konsep kamar hotel unik di Jogja ini menerapkan skema warna ceria dengan penamaan unik yang diambil dari aksara Jawa yaitu Room HA, NA, CA, RA, KA. Tiap kamar memiliki furnitur handmade yang terbuat dari bahan daur ulang yang tentunya ramah lingkungan. Kisaran harga untuk menginap di hotel unik di Jogja ini adalah antara Rp400.000,00 sampai dengan Rp 800.000,00.

5. LOKAL Hotel

lokal-restaurant.yogyakarta-hotels-foryou.com

Satu lagi hotel unik di Jogja yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke sana! Salah satu lokasi syuting Ada Apa Dengan Cinta 2, LOKAL Hotel pun menjadi pesona tersendiri di Kota Gudeg.

Mengusung konsep unfinished touch dan minimalis, hotel unik di Jogja ini tetap berwarna dengan kehadiran motif warna-warni. Dengan demikian, hotel unik di Jogja ini berhasil dalam menyajikan pengalaman yang unik.

pinterest.com

Kamar hotel unik di Jogja ini sendiri dibagi ke dalam tiga tipe yaitu tipe A atau tipe deluxe, tipe B dengan konsep mezanin atau ruang bertingkat, dan juga tipe C yang merupakan kamar terkecil. Seperti namanya, interior dan furnitur LOKAL digarap oleh orang-orang kreatif lokal Indonesia. Untuk menginap di hotel unik di Jogja ini, kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp700.000,00.

6. Greenhost Boutique Hotel

travelprice.com

Greenhost Boutique Hotel adalah salah satu hotel unik di Jogja yang mengusung tema ramah lingkungan. Dengan konsep unfinished building yang terbuka dan tanaman menutupi setiap sudut bangunan membuat Greenhost mampu memberikan pengalaman menginap yang unik.

Hotel unik di Jogja ini juga menyajikan ragam karya seni yang dipajang di hotel yaitu berupa Green Art Space, sehingga bisa memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat seni. Atau buat kamu yang tertarik untuk bercocok tanam, hotel unik di Jogja ini juga menyediakan Creative Farming untuk menanam tanaman hidroponik di area rooftop.

tripadvisor.com

Setiap kamar di Greenhost didesain dengan tema yang berbeda-beda, namun tetap menyisipkan unsur seni dan memanfaatkan material ramah lingkungan. Untuk kamu yang ingin menginap di hotel unik di Jogja ini, kamu cukup membayar dengan harga mulai dari Rp700.000,00.

Setelah membaca rekomendasi Kania di atas, sudah siap liburan ke Jogja dan menikmati sensasi bermalam di salah satu hotel unik di Jogja? Temukan artikel soal hotel unik lainnya di Dekoruma, seperti pilihan hotel unik di Bandung hingga di dunia!

Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur berkualitas dengan model kekinian untuk menghidupkan suasana hunianmu, lho! Dekoruma jual tempat tidur, rak sepatu, meja makan, meja TV, rak dinding, dan sebagainya.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual Kitchen Aid, yaitu merek ternama yang menyediakan berbagai peralatan masak, mulai dari panci, blender, mixer, hingga teko listrik. Yuk, kepoin laman Dekoruma!