Inspirasi Interior Rumah yang Cantik dengan Warna Dasar

Pemilihan warna cat rumah bagian dalam memang menjadi salah satu elemen penting ketika kamu hendak mendesain rumah. Banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan untuk menghidupkan warna dalam rumah, seperti desain dan konsep rumah secara keseluruhan, kesan yang ingin ditonjolkan, mood atau suasana yang ingin dibentuk, hingga teknik pencahayaan.

Jika kamu salah memilih warna cat rumah, tampilan interior pada hunian akan terlihat tidak menyenangkan sehingga membuatmu jadi tidak nyaman. Oleh karena itu, agar kamu tidak menyesal atau menjadi repot mengecat ulang karena tidak puas, berikut ini Kania akan memberikan inspirasi ruangan rumah yang menawan dengan cat warna dasar atau warna primer yang bisa kamu tiru. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Warna Dasar Kuning yang Membawa Semangat

swedishfreak.com

Warna dasar kuning identik dengan matahari yang cerah dan membawa kehangatan di dalam ruangan. Warna dasar ini juga bisa memberikan kesan bahagia, semangat, dan optimisme di dalam ruangan. Selain itu, warna dasar kuning ini juga dapat memberikan efek luas pada sebuah ruangan, lho!

decoutil.com

Kamu bisa mengaplikasikan cat warna dasar yang cerah ini pada ruang tamu, dapur, atau ruang makan. Berkat kemampuannya dalam memberikan ilusi ruangan yang lebih lapang, ruangan yang menggunakan warna dasar ini pun tidak akan terasa sesak ataupun pengap.

pinterest.com

Jika kamu takut warna dasar kuning ini terlalu mencolok, kamu bisa mengombinasikannya dengan warna yang senada, seperti hijau, cokelat, atau putih untuk memberi kesan natural yang teduh dan nyaman. Warna-warna pendukung tersebut bisa kamu hadirkan melalui tanaman hias, meja makan kayu, kap lampu, atau karpet berbulu.

Warna Dasar Biru yang Elegan dan Menenangkan

thespurce.com

Warna dasar biru sangat identik dengan kesan yang tenang dan juga elegan. Warna dasar ini dipercaya mampu meredam emosi dan kegalauan sehingga membuat pikiran lebih damai.

Biasanya, warna dasar biru banyak diaplikasikan pada kamar tidur. Hal ini karena warna dasar biru mampu menciptakan nuansa yang nyaman sehingga kamu bisa beristirahat dan tidur dengan lebih nyenyak, baik pada siang ataupun malam hari.

certapro.com

Selain itu, warna dasar ini juga cocok digabungkan dengan warna-warna natural. Meja nakas, kursi rotan, tiang penyangga lampu lantai, hingga headboard yang semuanya bernuansa warna cokelat pada kamar tidur ini membuat ruangan tidak terkesan monoton.

Kalau tidak suka dengan warna yang natural, kamu bisa menggantinya dengan warna lainnya yang cerah, seperti warna salem, pink, atau kuning. Warna-warna cerah tersebut bisa kamu hadirkan pada sprei bantal, karpet, atau hiasan dinding.

Warna Dasar Merah yang Penuh Energi

habitat.co.uk

Warna dasar merah ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menghidupkan suasana penuh energi di dalam rumah. Untuk membuat warna dasar pada interior rumah terkean lebih dinamis, kamu bisa memadukanya dengan warna lain, seperti hijau tua pada sofa.

habitat.co.uk

Warna dasar merah ini diyakini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang sering dijadikan sebagai tempat berkumpul karena secara efektif dapat meningkatkan terjadinya percakapan di antara orang-orang yang ada di sana. Oleh karena itu, warna dasar merah ini banyak diaplikasikan pada ruang tamu, ruang makan, atau ruang keluarga.

Campuran Warna Dasar Biru dan Kuning

home-designing.com

Warna hijau memang bukan warna dasar, tapi warna hijau merupakan campuran dari warna dasar biru dan kuning. Nah, bagi kamu yang tidak suka dengan warna-warna dasar, coba aplikasikan saja cat dari campuran warna dasar, seperti inspirasi yang satu ini.

Warna hijau pada ruangan memiliki kesan yang natural dan menyegarkan mata. Selain itu, kombinasi dari warna dasar biru dan kuning ini juga mampu menciptakan suasana atmosfer yang harmonis dan tenang. Dengan demikian, rumahmu jadi selalu terlihat menawan dan menyenangkan.

heart.co.uk

Jangan ragu untuk menerapkan warna hijau pada kamar tidur. Kamu juga bisa memadukan campuran warna dasar ini dengan perabotan fungsional atau aksen dekorasi kamar tidur warna lain, seperti putih untuk memberi kesan minimalis atau cokelat untuk kesan yang lebih hangat.

Campuran Warna Dasar Merah dan Kuning

pinterest.com

Selain hijau, ada juga oranye yang merupakan campuran dari warna dasar merah dan kuning. Meskipun warna oranye jarang digunakan karena terkesan terlalu mencolok, tapi warna ini bisa memberikan kesan menawan tersendiri jika kamu tepat dalam menerapkannya. Kombinasi warna dasar merah dan kuning mampu menghadirkan nuansa yang cerah dan youthful sehingga membuat rumah semakin hidup.

lehighvalleylittleones.com

Warna oranye yang compact ini cocok diaplikasikan pada ruang keluarga, ruang makan, atau dapur. Ruang keluarga dan ruang makan merupakan tempat untuk berkumpul jadi sangat cocok diberi sentuhan warna oranye yang bisa menciptakan kehangatan.

Sementara, kesan semangat dan ceria yang dihadirkan oleh campuran warna dasar merah dan kuning ini juga bisa membuatmu lebih bergairah saat masak. Jangan lupa perhatikan juga teknik pencahayaan di ruanganmu, ya!

Bagi kamu yang ingin mengganti warna cat dinding rumah agar jadi lebih menawan, jangan ragu untuk meniru inspirasi warna dasar pada ruangan di atas, ya! Melalui penerapan yang tepat, cat dinding dengan warna dasar juga bisa diaplikasikan pada rumah mungil. Kalau masih bingung dengan desainnya, kamu bisa berkonsultasi dengan jasa desain rumah yang profesional. Selamat mengubah tampilan ruanganmu!

Selain inspirasi di atas, baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya hanya di Dekoruma, ya! Tak hanya artikel, kamu  juga bisa menemukan aneka produk kebutuhan rumah, seperti furnitur multifungsi, peralatan rumah tangga, dan dekorasi untuk menghidupkan hunianmu.

Kamu sedang mencari kasur atau spring bed baru untuk kamar tidurmu? Dekoruma juga jual spring bed dengan beragam merek, lho! Beberapa di antaranya, ada spring bed Dunlopillo, The Luxe, dan Guhdo. Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!