Tidak semua orang yang memelihara tanaman taman depan rumah memiliki keahlian untuk merawatnya. Sekadar menyiram dan memberi pupuk merupakan cara merawat tanaman yang diketahui semua orang, namun bayangkan jika perlu memotong akar tanaman taman secara berkala atau memastikan intensitas sinar matahari sudah pas? Rumit sekali apalagi bagi orang yang tidak telaten.

Tapi jangan berkecil hati dulu, kamu tetap bisa memelihara tanaman taman tanpa ribet. Caranya dengan memilih tanaman taman yang mudah dirawat berikut ini!

Sukulen, si tanaman taman yang imut

pixabay.com

Ukuran sukulen memang kecil, tapi bisa ditanam di taman juga. Sukulen merupakan tanaman yang menyimpan air pada batangnya. Tanaman taman ini bisa diletakkan pada area terbuka yang terkena sinar matahari. Tidak perlu khawatir, cadangan airnya tidak akan mudah menguap.

Media tanam dari tanaman taman tahan panas ini adalah sekam, kompos, dan pasir. Untuk perawatan, sukulen cukup disiram setiap seminggu sekali dan disemprotkan air seminggu dua kali.

Bugenvil untuk mempercantik taman rumah tanpa repot

pixabay.com

Bunga bougenville atau bugenvil lebih dikenal sebagai kembang kertas. Tanaman taman tahan panas ini mudah ditemukan di Indonesia, bahkan di pinggir jalan sekali pun. Terbukti kalau tanpa perawatan yang rumit, tanaman ini dapat tumbuh subur.

Bugenvil juga cocok dijadikan tanaman taman depan rumah. Tingginya bisa mencapai 10 meter. Daun-daunnya cukup lebat sehingga taman terasa lebih adem. Warna bunganya pun beragam, mulai dari merah, ungu, putih, jingga, dan kuning.

Lidah mertua yang tangguh di iklim tropis

wikimedia.org

Lidah mertua merupakan salah satu tanaman tahan panas. Namun, penempatannya tidak boleh di titik yang langsung terkena sinar matahari. Paling pas tanaman taman ini ditanam pada tepi pagar, ia juga bisa di pinggir jalan masuk menuju teras.

Perawatan yang perlu dilakukan adalah menyiram tanaman cukup seminggu dua kali. Jangan sampai airnya menggenang karena bisa membuat tanaman taman tahan panas ini membusuk. Mudah, bukan?

Lidah buaya yang kaya manfaat

medicalnewstoday.com

Tidak kalah dari lidah mertua, ada juga lidah buaya yang kaya manfaat. Bagian dagingnya bisa direbus dan disantap. Sangat baik untuk mengobati batuk dan panas dalam. Sementara itu, tanaman taman ini bisa diambil getahnya untuk dijadikan masker rambut dan mendinginkan kulit setelah terkena panas.

Tanaman taman depan rumah ini berukuran sekitar 60 cm. Daunnya memiliki lapisan tebal dan duri di pinggir. Media tanamnya berupa tanah kering. Lebih baik lagi kalau dicampurkan dengan sedikit pasir dan batu apung. Tanaman taman tahan panas ini cukup disiram sehari sekali atau saat tanah di sekitarnya sudah kering.

Kemuning, tanaman taman depan rumah yang harum

flickr.com

Kemuning selalu menjadi andalan sebagai tanaman taman depan rumah. Pasalnya, mereka sangat menyukai sinar matahari. Ukuran bunga dan daunnya sedang. Bunganya memiliki banyak kelopak berwarna putih dengan sedikit semburat kuning di bagian tengah.

Tanaman yang merupakan tiruan dari bunga melati ini mengeluarkan bau harum di malam hari. Supaya tumbuh subur, kemuning hanya perlu diberi pupuk dan air secukupnya. Sudah mudah dirawat, cantik, harum pula. Kurang apalagi?

Bunga bangsa, bunga melati

saga.co.uk

Bunga melati yang menjadi bunga bangsa ini tergolong mudah dirawat. Daun hijaunya begitu lebat sehingga cocok menjadi tanaman taman depan rumah. Bunganya memiliki harum semerbak dan tumbuh setiap 3 bulan sekali.

Tanaman merambat ini bisa tumbuh subur sepanjang tahun dengan air secukupnya. Perawatan lainnya yang dibutuhkan adalah pemangkasan supaya taman terlihat rapi. Tenang, jeda pemangkasannya bisa hitungan bulan.

floresonline.co

Dengan keenam tanaman taman tadi, suasana hunian akan menjadi asri. Walaupun sibuk dan jarang merawatnya, mereka bisa tumbuh subur. Tak ada salahnya menanam ulang tanaman taman agar menjadi lebih apik dan mudah dirawat.

Agar kegiatan bercocok tanam makin maksimal, kamu bisa mencari banyak tips dan trik di Dekoruma, seperti cara merawat bunga keladi, bagaimana merawat tanaman hias, dan lainnya.

Sedang mencari furnitur dan dekorasi untuk taman depan rumahmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Mulai dari meja kopi, kursi teras, kursi panjang, lentera, hingga lampu hias, semuanya tersedia.

Kalau kamu membutuhkan kasur baru untuk menemani tidur nyenyakmu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dari merek-merek ternama. Dekoruma jual kasur The Luxe, kasur Comforta, kasur Guhdo, dan kasur King Koil, dan Comforta.

Butuh perlengkapan tidur juga? Tenang, Dekoruma jual sprei, selimut, dan set bantal guling. Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!