Desain rumah mezzanine merupakan istilah bagi sebuah lantai tambahan yang berada di dalam bangunan. Lantai mezanin difungsikan sebagai tambahan ruang di dalam rumah yang bisa dibuat tanpa harus melakukan perombakan besar ataupun menambah jumlah lantai bangunan sehingga tidak merusak desain bangunan yang sudah ada.

Sangat populer diaplikasikan di hunian perkotaan, apakah kamu tertarik membuat desain rumah mezzanine? Sebelum melakukannya, pastikan kamu memperhatikan sejumlah hal penting di bawah ini supaya fungsi lantai mezanin menjadi lebih maksimal!

Perhatikan Posisi Lantai Mezanin

homedit.com

Penentuan desain rumah mezzanine tak bisa dilakukan secara asal-asalan. Idealnya, posisi lantai mezanin dibuat di tengah-tengah dua lantai rumah, yakni antara lantai dasar dan langit-langit atau plafon rumah.

Meskipun ukuran rumah mezzanine harus disesuaikan menurut tinggi langit-langit, namun pastikan bahwa lantai mezanin tersebut mempunyai tinggi layaknya ruangan normal sehingga kepalamu tidak mudah terbentur.

Perhatikan Luas Lantai Mezanin

decoist.com

Tampak rumah mezzanine pun sebaiknya dibuat dengan luas yang hanya sepertiga dari total luas ruangan yang akan dibangun. Hal ini perlu kamu lakukan supaya ruangan tidak terkesan sempit dan sumpek. Jika lebih dari ukuran di atas, sirkulasi udara pun bisa terganggu sehingga hawa ruangan menjadi lebih cepat panas.

Sesuaikan Rumah Mezzanine dengan Fungsinya

architecturaldigest.com

Desain rumah mezzanine memiliki karakter semiterbuka. Maka dari itu, lantai mezanin kurang cocok jika digunakan sebagai kamar tidur, namun sangat cocok difungsikan sebagai ruang bermain anak, ruang kerja, ruang keluarga hingga ruang perpustakaan mini. Apa pun yang kamu pilih, pastikan kamu menentukan desain rumah mezzanine agar sesuai dengan fungsi dan kegunaanya.

Sesuaikan juga pemakaian furniturnya. Apabila ruang mezzanine ingin kamu jadikan kantor kecil, maka sediakan furnitur seperti meja kantor, kursi kantor, lemari arsip, dan lainnya.

Pemilihan Material untuk Desain Rumah Mezzanine

homedit.com

Meskipun berfungsi sebagai lantai tambahan, namun kamu jangan menggunakan material yang ala kadarnya. Sebab, lantai mezanin merupakan bagian dari bangunan utama rumah yang mungkin digunakan secara aktif oleh pemilik rumah sehingga material yang dipilih harus memiliki kualitas prima dan tidak mudah rusak.

Dalam rumah mezzanine, kamu bisa memilih material yang dapat menyatu dengan konstruksi utama pada bangunan rumah ataupun memanfaatkan material dengan durabilitas terbaik seperti beton ringan, baja ringan dan kayu.

Optimalkan Pencahayaan dan Udara di Rumah Mezzanine

decoratorist.com

Distribusi cahaya dan udara pun sangatlah penting untuk kamu perhatikan saat membangun rumah mezzanine. Setidaknya, buatlah sebuah jendela pada salah satu sisi lantai mezanin agar sirkulasi udara dan pencahayaan alami bisa masuk ke dalam ruangan.

Jika hal tersebut dirasa kurang, kamu bisa menggunakan lampu dengan cahaya yang disesuaikan menurut fungsi ruangan serta menambahkan kipas angin pada sudut lantai ataupun dinding agar ruangan tetap sejuk dan memberikan kenyamanan pada penghuni rumah.

Pilih Desain Tangga Sesuai Konsep Interior

homedit.com

Tangga merupakan elemen penting pada rumah mezzanine karena akan digunakan secara aktif saat mengakses lantai tersebut. Pastikan pilih tangga dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruangan bagian bawah dan lantai rumah mezzanine sehingga tidak terkesan sempit. Selain itu, sesuaikan desain tangga agar tampak menyatu dengan konsep interior ruangan utama.

Pilih Perabotan Terbaik untuk Rumah Mezzanine

decoratorist.com

Pemilihan perabotan juga sangatlah penting, terlebih jika lantai rumah mezzanine dipakai secara aktif untuk beraktivitas sehari-hari. Sebaiknya, pilih jenis perabotan yang ukurannya tidak terlalu tinggi karena bisa memberikan kesan sumpek pada ruangan dan memilih perabotan yang hemat tempat seperti meja lipat ataupun kursi lipat.

Tujuh tips di atas bisa kamu lakukan supaya pembuatan desain rumah mezzanine tetap cantik, fungsional dan serasi dengan gaya interior utama hunian. Jadi, apakah kamu tertarik membuat lantai rumah mezzanine?

Jangan lupa untuk melengkapi desain rumah mezzanine milikmu dengan furnitur serbaguna yang berkualitas. Kamu bisa menemukannya di toko furniture online Indonesia seperti Dekoruma. Dekoruma juga jual Ninebox, yaitu merek rak penyimpanan serbaguna yang sangat praktis dan hemat tempat.

Jika kamu tinggal di Jakarta dan sedang mencari jasa desain interior Jakarta untuk mewujudkan rumah mezzanine milikmu, Dekoruma juga bisa membantu, lho!

Tak ketinggalan, Dekoruma juga menyediakan aneka properti hunian dari berbagai daerah di Jabodetabek, tepatnya melalui Dekoruma Properti. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Bekasi, Jakarta Selatan, dan Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan rumah mezzanine impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!