Essential oil atau minyak esensial adalah ekstrak minyak beraroma wangi yang didapatkan dari hasil penyulingan kulit kayu, bunga, daun, akar, biji, batang, dan bagian tanaman lainnya. ia memiliki komponen yang benar-benar murni dari ekstrak tanaman, lain dari minyak pada umumnya yang mengandung lemak.

Mungkin buat sebagian besar dari kita, minyak esensial lebih dikenal sebagai minyak aromaterapi karena bau harumnya yang mampu memberikan efek psikologis ketika menghirup aromanya. Padahal, ia memiliki beragam manfaat kesehatan!

Biasanya, minyak esensial diteteskan ke diffuser. Dengan meneteskan di diffuser, minyak esensial juga mendukung fungsi diffuser sebagai agen pembantu kesehatan tubuh kita. Lebih dari sekadar pembantu relaksasi semata, simak ulasan Kania berikut agar kamu dapat menikmati manfaat menggunakan minyak esensial secara rutin.

1. Mengatasi stres dan kegelisahan

drwell.com

Kemampuan minyak esensial memang tidak bisa diragukan lagi, apalagi untuk memengaruhi psikologis seseorang. Salah satunya adalah untuk mengurangi stres dan gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Kamu bisa mencoba menggunakan minyak esensial dari bunga lavender atau peppermint yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan hormon kortisol atau hormon yang diproduksi lebih banyak saat sedang stres agar selalu stabil.

mypureearth.com

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan minyak esensial dari chamomile yang bisa membantu relaksasi tubuh. Manfaat minyak atsiri dari chamomile adalah juga untuk melepaskan pikiran dari stres yang tak berkesudahan.

Taruh minyak esensial di dalam ruangan yang paling sering kamu tempati seperti kamar tidur sambil melakukan relaksasi.

2. Membantu melancarkan pencernaan

haarzel.com

Minyak esensial juga memiliki kemampuan untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare, mual atau kram perut. Kamu bisa mengoleskan minyak peppermint di area perut. Senyawa peppermint bisa menenangkan otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas sakit perut.

3. Mengurangi gejala PMS (premenstrual syndrome)

uncategory.com

Sering kali ketika PMS datang, perut akan terasa kaku dan sakit, nyeri di sekujur tubuh hingga mood yang berubah-ubah. Minyak esensial lavender mampu meringankan gejala PMS yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cukup dengan mengoleskan minyak lavender ke perut kemudian pijat perlahan, gejala PMS akan terasa berkurang.

silhouettescafe.com

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menghirup minyak esensial lemon yang bisa membantu meningkatkan mood yang telah rusak karena PMS tadi.

4. Membantu mengatasi infeksi pada kulit

upnature.com

Jika kamu memiliki permasalahan pada kulit seperti iritasi kulit atau jerawat, kamu bisa menggunakan minyak esensial untuk mengatasi berbagai gangguan kulit tersebut. Gunakan minyak esensial tea tree yang bersifat antibakteri, antijamur dan antiseptik. Tea tree oil dikenal ampuh untuk mengatasi infeksi kulit, bahkan sangat populer sebagai salah satu bahan utama perawatan untuk wajah berjerawat.

5. Mengobati flu dan pilek

pinterest.com

Flu dan pilek bisa datang di mana saja dan kapan saja, terutama ketika musim pancaroba dan musim penghujan tiba. Jika musim flu tiba, kamu bisa menggunakan minyak esensial kayu putih (eukaliptus) secara rutin.

Kandungan esensial kayu putih yang berupa antibakteri yang bisa merilekskan otot-otot hidung. Campurkan beberapa tetes minyak esensial eukaliptus ke dalam air hangat agar bisa dijadikan aromaterapi.

6. Menekan nafsu makan

getnaturalessentialoils.com

Buat kamu yang sering kali tak kuasa menahan rasa lapar dengan nafsu makan yang tak terkendali, kamu juga bisa memanfaatkan minyak esensial dari grapefruit atau jeruk bali merah.

Menghirup parfum aromaterapi dari minyak esensial jeruk bali merah bisa menghambat lambung yang mengatur rasa lapar. Cocok buat kamu yang sedang diet atau ingin menurunkan berat badan karena kemampuannya dalam menekan nafsu makan.

stillpointaromatics.com

Rupanya, minyak esensial tidak hanya berfungsi sebagai aromaterapi saja, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan, bukan? Selain lilin aromaterapi, kamu juga bisa menyediakan minyak esensial di rumah agar bisa dipakai sewaktu-waktu. Ditambah, minyak esensial juga berguna sebagai cara mengusir tikus dari hunianmu, lho!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma jual meja TV, sofa, lemari pakaian, dan aneka furnitur lainnya, lho! Tersedia juga dari beragam merek. Dekoruma jual Livien, Heim Studio, Pro Design, dan Ninebox. Untuk model dan ukurannya pun sangat bervariasi.

Selain jual furnitur jadi, Dekoruma juga menyediakan jasa pembuatan lemari custom, lho! Dengan demikian, desainnya bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!