Indonesia adalah negeri yang kaya akan kekayaan alam dan budaya. Tak hanya rumah adat dan bahasa daerah yang beragam, salah satu warisan kekayaan budaya yang juga terkenal adalah batik. Keberagaman motif batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia pada tahun 2009 dan sudah terkenal di berbagai belahan dunia.

Sejak saat itu batik tidak hanya dijadikan sebagai bahan pakaian, motif batik yang indah dan unik pun kini sudah mulai diaplikasikan pada berbagai dekorasi rumah, seperti pada furnitur kayu, sofa, karpet, dan lain sebagainya.

sigithermawan.esy.es

Nah bicara tentang batik, kamu juga penasaran dengan ragam motif batik yang ada di berbagai daerah di Indonesia, bukan? Nah daripada penasaran, ayo simak ulasan Kania di bawah ini tentang motif batik di Indonesia!

1. Motif batik Solo

akamaized.net

Batik Solo adalah salah satu ikon batik di Indonesia yang karismanya sudah terbukti memukau dunia. Salah satu motif dari Solo yang paling terkenal adalah batik parang yang merupakan motif batik tertua di nusantara.

Kata Parang sendiri berasal dari ‘pereng’ yaitu lereng. Perengan digambarkan sebuah garis menurun dari yang tertinggi kepada yang terendah dengan diagonal. Motif ini menggambarkan bagaimana manusia selalu memperjuangkan kesejahteraan dalam hidup.

grahabatik,com

Selain itu, salah satu motif batik Solo yang populer adalah motif sogan yang memiliki warna merah kecoklatan. Dengan bentuk yang bergelombang-gelombang seperti sungai Bengawan Solo, motif ini diharapkan bisa membawa ketenangan.

2. Motif batik kawung

marinaelphick.com

Salah satu motif batik tertua di nusantara adalah motif kawung. Motif ini memiliki pola bulat-bulat yang menyerupai buah kawung atau buah kolang-kaling yang tertata rapi secara geometris. Motif kawung juga merepresentasikan empat kelopak bunga teratai yang merekah dan dimaknai sebagai umur panjang dan kesucian.

google.com

Meski dulu motif batik kawung eksklusif hanya digunakan oleh orang-orang dari kerajaan sebagai sarung raja dan permaisuri, saat ini batik motif kawung sudah digunakan bahkan hingga ke mancanegara.

3. Motif batik Bali

google.com

Motif batik Bali sangat khas dengan kearifan lokal yang ada di Pulau Dewata. Seperti bagaimana para pengrajin batik Bali memasukkan unsur Singa Barong dan juga penari Bali ke dalam pola kain, atau motif Ulamsari Mas yang menggambarkan kekayaan alam yang ada di Bali. Melalui batik inilah para pengrajin batik di Bali bisa menyampaikan kepada semua orang bahwa Bali adalah pulau yang kaya.

4. Motif batik megamendung

grahabatik.com

Motif batik yang satu ini adalah salah satu motif yang cukup populer. Motif megamendung dipercaya berasal dari campuran antara kebudayaan Tiongkok dengan Jawa Barat.

Batik khas daerah Cirebon ini memiliki motif khas dengan bentuk awan besar yang cerah dan mencolok. Warna-warna yang digunakan untuk motif megamendung biasanya adalah warna jingga, merah, biru, hijau tua, dan ungu. Motif megamendung sendiri merupakan lambang masyarakat Cirebon yang lugas dan terbuka.

5. Motif batik Pekalongan

pinterest.com

Jika berbicara soal batik, tentunya motif batik dari Pekalongan tak boleh ketinggalan. Batik Pekalongan biasanya didominasi dengan motif-motif tumbuhan dan juga fauna. Motif Pekalongan sendiri dipengaruhi oleh kebudayaan-kebudayaan dari luar Pekalongan yang datang karena perdagangan.

6. Motif batik Lasem

pinterest.com

Motif yang satu ini berasal dari daerah yang berada di antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Motif batik Lasem sangat kental dipengaruhi oleh budaya Cina. Ciri khas dari motif ini adalah warna cerah yang digunakan seperti warna merah menyala dan juga corak-corak khas Cina seperti adanya hewan naga.

Nah setelah mengetahui beberapa jenis motif batik nusantara yang paling mendunia, apakah kamu tertarik menghadirkannya sebagai bagian dari desain interior hunian?

Kamu sedang bingung mencari furnitur kekinian di mana? Dekoruma jawabannya! Dekoruma jual rak sepatu, sofa, lemari, meja belajar, dan furnitur lain dengan ukuran dan model yang beragam. Dekorasi pun tersedia dengan ragam variasi. Selain furnitur dan dekorasi, Dekoruma juga jual toples untuk menyimpan aneka camilan atau bumbu dapur.

Kalau kamu justru sedang mencari rumah dijual di Depok, Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho! Ada berbagai pilihan rumah dijual dengan harga terbaik untukmu. Tak hanya di daerah Depok saja, tapi juga ada di berbagai kawasan berkembang lainnya, seperti di Jakarta Selatan, Tangerang, dan Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!