Tampil keren dengan sepasang sepatu andalan pasti bisa kamu jadi makin pede. Tapi jika kamu punya masalah bau kaki, tentu urusan tampil gaya menjadi batal seketika. Berbagai cara menghilangkan bau sepatu tidak akan berguna jika sepatu tidak diperiksa secara rutin.

Pasalnya, penyebab utama kaki dan sepatu berbau tidak sedap biasanya karena bakteri bercampur keringat. Selain memakai kaos kaki agar menyerap keringat ketika memakai sepatu, Kania juga mempunyai tips-tips praktis berupa berbagai cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam!

Cuci Kering Sepatumu

nike.com

Hal yang paling sering orang lakukan ketika ditanya mengenai cara menghilangkan bau sepatu adalah dengan mencuci sepatu tersebut. Namun, bagi kamu yang membutuhkan cara menghilangkan bau sepatu dalam sekejap, coba cuci kering alias dry cleaning sendiri.

Sebenarnya cara menghilangkan bau sepatu mudah dalam proses dry cleaning. Mulai dengan membersihkan bagian depan sepatu dengan menggunakan sikat khusus sepatu atau sikat gigi bekas. Campur sedikit air hangat dengan sabun detergen beraroma favoritmu, lalu gunakan sikat yang sama dan gosoklah ke seluruh permukaan sepatu, termasuk bagian dalam yang bermasalah bau.

apartmenttherapy.com

Setelah itu, ambil kain lap dan rendam dengan air bersih. Peras kering dan mulailah membersihkan sisa-sisa busa atau detergen, lanjutkan dengan kain lap kering yang baru dan jemur di bawah sinar matahari. Cara menghilangkan bau sepatu ala dry cleaning ini tidak akan mengambil waktu lebih dari 15 menit!

Manfaatkan Perlengkapan Rumah Tangga yang Tersedia

Tak disangka, berbagai benda sehari-hari ternyata bisa dijadikan obat ampuh untuk menghilangkan bau sepatu dalam semalam. Pastikan kamu mencatat dan menyiapkan salah satu perlengkapan di bawah ini agar kamu tidak perlu bingung mencari cara menghilangkan bau sepatu lagi.
  • Bubuk soda kue atau bedak bayi

usatoday.com

Umumnya digunakan sebagai bumbu dapur, soda kue ternyata bisa menjadi cara menghilangkan bau sepatu yang ampuh. Soda kue dapat menjadi deodoran yang berfungsi dengan baik jika ditaburkan pada sepatu. Lakukan setiap saat sebelum memakai sepatu dan ulangi lagi jika bau belum berangsur hilang hingga beberapa hari ke depannya.

Bukan hanya dengan soda kue saja, cara menghilangkan bau sepatu dengan bedak bayi juga tidak kalah ampuhnya! Baunya pun menjadi lebih wangi seperti kelembutan buah hati tercinta.

  • Cairan alkohol

shutterstock.com

Alkohol pembasuh luka bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu dalam bentuk semprotan yang bisa kamu buat secara DIY. Campur alkohol dengan air dan masukkan ke dalam botol semprotan untuk membunuh bakteri seketika sehingga bau pun akan hilang.

Cara menghilangkan bau sepatu ini perlu dilakukan secara hati-hati. Pastikan kamu tidak menyemprot hingga terlalu basah karena kondisi yang lembap malah akan mengundang bau tak sedap lagi pada sepatu.

  • Bubuk kopi

homequicks.com

Cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi hampir sama dengan soda kue, yaitu sebagai penghilang bau sekaligus memberikan aroma yang segar untuk sepatu bermasalah. Jika kamu tidak ingin menaburkan bubuk kopi, letakkan saja sepatu bersamaan dengan kantong berisi bubuk kopi dalam kotak penyimpanan berukuran sedang atau kantong plastik kedap udara.

  • Kulit jeruk nipis atau lemon

healthline.com

Cara menghilangkan bau sepatu dengan jeruk nipis dan lemon tergolong ampuh karena mengandung minyak esensial atau essential oil pada setiap bagian kulitnya. Tinggalkan beberapa kulit jeruk nipis atau lemon semalaman pada sepatu yang akan dipakai keesokan harinya supaya bau sepatu bukan saja hilang, tetapi juga beraroma segar sepanjang hari. Sementara kulitnya dipakai untuk menghilangkan bau sepatu, kamu bisa memanfaatkan perasan air lemonnya sebagai cara mengusir kecoa di rumah.

Dinginkan di Freezer

pinterest.com

Cara menghilangkan bau sepatu ini praktis banget. Bungkus saja sepatu dalam kantong plastik kedap udara atau resealable bag dengan rapi dan masukkan ke dalam freezer di kulkas rumah. Suhu yang dingin juga merupakan cara menghilangkan bau sepatu dan sekaligus membasmi bakteri pembuat bau secara total.

Isi dengan Koran Bekas

pinterest.com

Menyumpalkan koran bekas pada masing-masing sepatu adalah ide yang bagus untuk menyerap bau serta lembap. Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam ini hanya membutuhkan koran bekas dan lokasi yang kering untuk penyerapan bau tak sedap secara sempurna.

Gunakan Produk Khusus

womensrunning.com

Cara menghilangkan bau sepatu yang satu ini adalah dengan membeli produk penghilang bau pada sepatu. Biasanya kalian bisa mendapati produk demikian di toko-toko atau pasar swalayan pada umumnya. Saran Kania, pilih yang berbahan kandungan arang sebagai alternatif aman untuk cara menghilangkan bau sepatu secara instan.

Ucapkan selamat tinggal pada masalah bau tak sedap pada kaki dan sepatu berkat tips-tips di atas! Selain mencoba berbagai cara menghilangkan bau sepatu di atas, pastikan kamu juga membersihkan kaki dengan teratur dan menjaga kebersihan rak sepatu. Temukan juga beragam tips dan trik di Dekoruma, seperti cara megusir kutu beras, mengusir kecoa hingga tikus. Selamat mencoba!

Kamu sedang mencari jasa desain rumah? Dekoruma bisa jadi pilihan, lho! Selain menyediakan furnitur dan dekorasi kekinian, Dekoruma juga bisa membantumu dalalm merealisasikan desain interior impian. Yuk, wujudkan desain interior impianmu bersama Dekoruma!