Tips dan Trik Membina Rumah Tangga agar Tetap Akur

Membina rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Orang bilang, pertengkaran kecil adalah bumbu penyedap rumah tangga. Namun, tanpa komitmen yang baik, pertengkaran kecil bisa menyebabkan kandasnya rumah tangga harmonis.

Nah, supaya rumah tangga kamu tetap harmonis dan bahagia, berikut ini Kania punya delapan rahasia dalam membina rumah tangga yang baik untukmu. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Menjaga Komunikasi yang Baik

shutterstock.com

Komunikasi yang buruk merupakan awal dari segala perkara dalam rumah tangga. Oleh karena itu, kamu harus bisa menjaga komunikasi yang baik setiap saat, baik itu dengan pasangan, anak, ataupun orang tua. Hal ini akan mencegah terjadinya salah paham dan cekcok dalam kehidupan rumah tangga.

Untuk lebih meminimalisir pertengkaran rumah tangga, cobalah lebih terbuka dan membicarakan isi hati. Katakan apa yang kamu suka dan tidak suka. Jangan hanya diam jika tidak setuju dengan pendapat orang lain, tapi komunikasikan pendapatmu secara baik-baik dan cari solusinya.

Selain itu, dalam membina rumah tangga harmonis, komunikasi yang selama ini dianggap sepele juga sangat berarti, misalnya pamit atau izin kepada pasangan dan orang tua saat hendak pergi ke luar rumah. Meskipun hal itu hanya untuk pergi ke kantor atau sekolah yang sudah menjadi rutinitas.

Jaga Kepercayaan di Dalam Rumah Tangga

pixabay.com

Selain menjaga komunikasi dalam rumah tangga, kepercayaan yang telah diberikan oleh masing-masing anggota keluarga juga harus selalu dijaga. Saat kamu diberi kepercayaan untuk menikmati me-time, gunakanlah waktu itu dengan baik, bukannya untuk mencari kesenangan bersama orang lain karena merasa bosan dengan pasangan atau keluarga. Begitu pula saat pasangan sedang tidak bersama denganmu, sebaiknya jangan berprasangka buruk tanpa ada bukti nyata.

Rumah Tangga Harmonis Tanpa Kata-kata Menyinggung

pixabay.com

Meski sudah bertahun-tahun dalam membina rumah tangga, ada waktu di mana kita mungkin kesulitan memahami perasaan dan mood keluarga. Perkataan yang menurutmu biasa saja, bisa jadi sangat menyinggung perasaan pasangan, orang tua, atau anak yang sedang kelelahan sepulang beraktivitas.

Oleh karena itu, agar rumah tangga tetap harmonis, biasakan diri untuk mengucapkan kata-kata yang lembut dan sopan setiap saat, tak terkecuali saat kamu sedang dalam keadaan marah. Berusahalah untuk tetap tenang dan tidak mengucapkan kata-kata yang menyakiti perasaan anggota keluarga. Ingat, kata-kata yang kamu keluarkan tidak bisa ditarik kembali dan akan membekas di ingatan keluarga.

Menyelesaikan Masalah dengan Kepala Dingin

readersdigest.ca

Beda pendapat sangat mungkin terjadi di dalam kehidupan rumah tangga. Nah, supaya perbedaan pendapat tidak berlarut dan menimbulkan keributan, segera selesaikanlah dengan kepala dingin. Bila emosi sudah melewati batas, pergilah sejenak ke tempat sepi untuk menenangkan diri sambil memikirkan solusi terbaik.

Pada beberapa kasus, mengalah sangat diperlukan agar rumah tangga harmonis kembali. Tidak ada gunanya bersikap egois. Apabila keluargamu sudah mengalah, jangan merasa berkuasa di dalam rumah tangga, tapi hargailah sikap tulus mereka.

Saling Menguatkan Satu Sama Lain

pixabay.com

Saat mengucapkan janji pernikahan, bukankah kamu sudah siap untuk menjalani suka dan duka bersama dalam menjalani rumah tangga? Oleh karena itu, saat ada masalah yang melanda rumah tangga, tugasmu sebagai pasangan adalah saling menguatkan dan mencari jalan keluar terbaik. Hindari sikap saling menyalahkan satu sama lain atau bahkan meninggalkannya.

Selalu Luangkan Waktu untuk Keluarga

pixabay.com

Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, kamu memang harus bekerja keras. Namun, jangan nomor duakan waktu bersama keluarga, ya! Setidaknya, usahakanlah untuk selalu menikmati sarapan pagi atau makan malam bersama di rumah bersama keluarga. Pada akhir pekan, lakukanlah aneka kegiatan seru untuk meningkatkan quality time. Kamu bisa mengajak keluarga pergi ke pusat perbelanjaan, jalan santai, atau gotong royong membersihkan rumah.

Berhenti Saling Membandingkan

womenlot.ru

Tidak ada yang suka dibandingkan dengan orang lain. Oleh karena itu, dalam membina rumah tangga berhentilah membandingkan anggota keluargamu dengan yang lain dalam hal apa pun, baik itu gaji, penampilan, prestasi, dan sebagainya.

Hal ini karena sikap membanding-bandingkan hanya akan memicu keributan dan iri hati yang berlebihan. Bagaimanapun keadaan keluargamu, kamu harus terus mendukungnya dengan cinta kasih, bukan menjatuhkannya. Dengan demikian, hubungan rumah tangga pun akan jadi lebih baik dan harmonis.

Beberapa Kejutan di Dalam Rumah Tangga Harmonis

energyforlife.us

Memberi kejutan untuk keluarga dalam rumah tangga bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya membelikan peralatan masak terbaru untuk istri, koleksi benda antik untuk suami, mengajak anak ke taman bermain, memberikan bunga kepada orang tua, dan sebagainya. Cara ini akan membuat masing-masing anggota keluarga merasa dihargai dan dicintai tanpa perlu menunggu momen spesial dalam rumah tangga.

Semoga delapan rahasia dari Kania di atas bisa membantumu dalam membina rumah tangga agar tetap harmonis. Jangan lupa share juga artikel ini ke anggota keluargamu, ya agar mereka juga bisa mengikuti cara membina rumah tangga yang baik!

Selain informasi di atas, cek juga artikel dengan inspirasi dan informasi menarik lainnya di Dekoruma! Tidak hanya artikel saja, Dekoruma juga menyediakan furnitur, aneka perabotan, dan dekorasi untuk melengkapi kebutuhan rumah tanggamu. Mulai dari jual sofa, meja makan, kasur, karpet, taplak meja, hingga jual kotak makanan & toples. Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!