Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat tanaman di pekarangan hunian dapat tumbuh secara cantik. Salah satunya adalah memanfaatkan pupuk yang dipercaya dapat memberikan nutrisi pada tanah dan membuat tanaman dapat tumbuh dengan sehat.

Buat kamu yang punya hobi baru merawat tanaman, Kania akan membahas serba-serbi dan fungsi pupuk bagi tanaman sehingga kamu bisa memanfaatkannya secara optimal. Yuk, ketahui detailnya di bawah ini!

Pengertian Pupuk

allergicpagan.com

Pupuk merupakan sebuah bahan yang terdiri dari satu atau lebih unsur hara untuk menutrisi tanaman sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Terbuat dari berbagai macam bahan utama, kamu bisa menggunakan jenis pupuk yang alami seperti fosfat alam, pupuk kandang, pupuk hijau, ataupun kompos, serta yang terbuat dari bahan kimia seperti NPK, ZA, dan urea.

Tersedia dalam bentuk padat dan cair, pemberian pupuk bisa kamu lakukan dalam berbagai metode, seperti mencampurkannya pada media tanam seperti tanah dan daun atau diinjeksi secara langsung ke batang tanaman.

Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

allbiothailand.com

Apa pun jenis pupuk yang kamu gunakan, setiap jenisnya dapat mengoptimalkan proses pertumbuhan tanaman di kebun atau pekarangan kamu. Di sini, pupuk berperan untuk memberikan nutrisi pada tanah yang digunakan sebagai media tanam. Dengan begitu, tanaman dapat tumbuh subur dalam waktu yang relatif singkat.

Meningkatkan dan Mempercepat Hasil Produksi Tanaman

britannica.com

Aktivitas pengolahan tanah yang dilakukan secara terus-menerus juga dapat menyebabkan tanah akan kehilangan unsur hara. Oleh sebab itu, pemberian pupuk pada tanah dapat meningkatkan kadar hara dan membuat tumbuhan pada media tanam tersebut dapat kembali tumbuh secara subur.

Bagi kamu yang hobi berkebun atau ingin mempercepat dan meningkatkan hasil produksi tanaman seperti sayuran ataupun buah, maka kamu wajib menggunakan pupuk.

Menyingkirkan Hama Tanaman

homesteadandchill.com

Selain meningkatkan unsur hara pada tanah dan membuat tanaman dapat tumbuh secara subur dalam waktu yang relatif cepat, penggunaan pupuk pun sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan pada tanaman.

Jika pupuk digunakan dalam takaran yang sesuai, tanaman yang kamu rawat akan lebih tahan terhadap serangan hama tanaman yang dapat menyebabkan tanaman menjadi rusak seperti layu atau kering. Selain itu, kamu yang merawat tanaman buah dan sayuran, kamu pun bisa mengonsumsinya secara aman karena hasil tanaman dalam kondisi sehat dan segar.

Memanipulasi Area Tanah di Sekitar Tanaman

currypubliclibrary.org

Penggunaan pupuk kompos atau pupuk kandang juga secara efektif dapat memanipulasi area di sekitar tanaman yang sedang kamu rawat. Alhasil, tanaman yang kamu rawat akan berkembang secara maksimal dan tentu saja hal ini sangatlah menguntungkan jika kamu membudidayakan tanaman tertentu karena akan mendapatkan hasil yang optimal.

Merangsang Pertumbuhan Akar, Daun dan Batang

sharycherry.com

Salah satu teknik yang dilakukan untuk memperbanyak jumlah tanaman adalah mengaplikasikan metode setek. Untuk memaksimalkan teknik setek yang kamu lakukan, penggunaan pupuk yang tepat dapat memengaruhi proses rangsangan pertumbuhan akar, batang dan daun sehingga tanaman akan tumbuh secara rimbun.

Supaya proses penanaman tumbuhan dapat berjalan secara optimal, tentu saja kamu harus memilih pupuk dengan kualitas terbaik dengan varian yang dapat disesuaikan menurut jenis tanah dan jenis tanaman yang sedang kamu rawat. Melalui artikel ini, diharapkan kamu bisa memaksimalkan penggunaan pupuk sehingga tanaman akan tumbuh secara optimal untuk menciptakan kesan asri di hunian.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu?  Dekoruma jual furnitur dengan model dan ukuran yang beragam, lho! Mulai dari sofa, lemari pakaian, meja makan, dan kasur. Untuk kasur, Dekoruma jual Serta, Sleep Care, dan King Koil. Ukurannya beragam, harganya bersaing!

Selain furnitur, Dekoruma juga jual rumah siap huni untuk dijadikan tempat tinggal pribadi atau sebagai sarana berinvestasi, lho! Melalui Dekoruma Properti, kamu bisa menemukan rumah dijual atau rumah baru dari berbagai daerah, seperti rumah dijual di Jakarta Barat dan Bekasi, serta rumah baru di Jakarta Selatan dan Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!