Gaya hidup modern, hingga saat ini memang masih menjadi topik yang kontroversial. Beberapa orang ingin mengubah gaya hidup mereka mengikuti zaman menjadi lebih modern. Namun di sisi lain, masih ada yang ingin hidup secara tradisional dengan beragam rutinitas yang sudah dilakukan turun-temurun layaknya ritual.

fearbird.com

Pengertian gaya hidup modern sendiri bisa diartikan sebagai sebuah fenomena perubahan sosial yang digambarkan memiliki mobilitas yang tinggi, sikap percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi, serta keterbukaan menerima kemajuan di bidang apa pun.

Menurut Soerjono Soekanto, Lektor Kepala Sosiologi dan Hukum Adat di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, gaya hidup modern diartikan sebagai sebuah perubahan secara sosial yang sebelumnya telah tersusun dan terencana sebelumnya. Sedangkan menurut Wilbert E. Moore, proses modernisasi diartikan sebagai transformasi total koeksistensi tradisional atau pramodern dalam hal teknologi dan organisasi sosial terhadap pola ekonomi dan politik yang menjadi ciri negara-negara barat yang stabil.

Adanya perubahan gaya hidup ini tanpa kamu sadari bisa memiliki pengaruh yang penting bagi jiwa manusia. Ada beberapa contoh gaya hidup modern yang saat ini sudah sangat familiar dengan kehidupan sehari-hari kita, apalagi buat kamu yang tinggal di kota-kota besar.

Gaya hidup modern merupakan gaya hidup sehat

shutterstock.com

Meski menerapkan gaya hidup modern, bukan berarti kamu hidup seenaknya tanpa mengatur pola makan atau kondisi kesehatan tubuh. Dan hal ini disadari betul oleh penganut gaya hidup modern. Apalagi dengan adanya selebriti atau pelaku gaya hidup sehat di media sosial, membuat masyarakat modern saat ini terinspirasi.

Ruang-ruang pelatihan seperti pusat kebugaran dan yoga mulai ramai didatangi, berbagai macam pola makan sehat juga mulai muncul. Tentunya gaya hidup modern bukan hanya soal penampilan luar, tapi bagaimana cara seseorang meneguhkan jiwa untuk tetap menjalani pola hidup sehat.

Gaya hidup modern dengan hidup yang serba minimalis

pinterest.com

Gaya hidup yang serba minimalis juga menjadi salah satu contoh gaya hidup modern yang diterapkan pada interior rumah. Perkembangan zaman dan teknologi memengaruhi perubahan cara hidup masyarakat sekarang ini. Salah satunya tercermin pada inspirasi rumah atau hunian dengan konsep modern.

Tak hanya penataan ruangan yang terkesan simpel, pemilihan furniture berdesain ramping dan dekorasi yang minimal menjadi ciri khas tempat tinggal seseorang yang mengadopsi gaya hidup modern. Konsep ruang terbuka pada hunian minimalis juga terinspirasi dari pengertian gaya hidup modern yang bertumpu pada modernisasi dan perubahan yang dinamis.

Keliling dunia menjadi tujuan utama masyarakat modern

shutterstock.com

Mobilitas yang tinggi menjadi salah satu ciri dari gaya hidup modern. Apalagi dengan adanya teknologi yang canggih, tersedianya alat transportasi dan layanan transportasi yang bermacam-macam membuat masyarakat modern saat ini seakan dimanja.

Liburan atau bepergian pun kian dikategorikan sebagai tren hiburan, terutama bagi kaum muda yang menerapkan gaya hidup modern. Lepas dari realita kehidupan saat itu, mereka bisa refreshing dengan berkunjung ke berbagai tempat atau negara.

Mudahnya mencari informasi melalui internet

shutterstock.com

Gaya hidup modern menuntut kita untuk selalu terhubung dengan lingkungan sekitar, terutama melalui internet. Wajar bila perangkat elektronik seperti laptop dan telepon genggam pribadi dengan fitur yang canggih menjadi kebutuhan pada masa kini bagi mereka yang mengadopsi gaya hidup modern.

Melalui internet, mereka yang mengadopsi gaya hidup modern dapat dengan leluasa mencari sekaligus mendapatkan informasi mengenai peristiwa penting yang terjadi di dunia ataupun topik perbincangan terkini yang perlu diketahui.

Menjadikan status sosial sebagai sesuatu yang penting

shutterstock.com

Di kota-kota besar, gaya hidup modern berarti menganggap status sosial sebagai sesuatu yang penting dan biasanya ditandai dengan penampilan ataupun merek segala jenis barang yang dimiliki dan digunakan, properti tempat tinggal, dan lain sebagainya. Mereka yang menganut gaya hidup modern juga dianggap memiliki orientasi diri yang cenderung menonjolkan kepentingan diri sendiri. Biasanya mereka tidak akan segan untuk menentang apa yang dirasa melanggar atau tidak sesuai dengan kepentingannya.

Adanya gaya hidup modern memang tidak terbantahkan dan nyata di depan mata kita. Tinggal dari diri sendiri saja, apakah bisa mengambil sisi positif dari gaya hidup modern, atau malah terlena dan tenggelam pada sisi negatif gaya hidup ini. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu!

Kamu sedang mencari jasa desain rumah? Dekoruma bisa jadi pilihan, lho! Selain menyediakan furnitur dan dekorasi kekinian, Dekoruma juga bisa membantu dalam merealisasikan desain interior impianmu! Dengan bantuan tim interior Dekoruma, kamu bisa menggunakan jasa Dekoruma dari berbagai daerah. Mulai dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, hingga desain interior Malang.

Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan rumah dijual atau rumah baru yang siap huni. Bahkan, kalau kamu mau menjual rumahmu, bisa juga melalui Dekoruma. Yuk, wujudkan rumah impian bersama Dekoruma!