Loteng rumah umumnya identik dengan kesan yang kotor dan usang. Ada pemilik rumah yang menjadikan loteng sebagai gudang, ada juga yang membiarkannya begitu saja hingga menjadi sarang hama rumah tangga.

Bukankah lebih baik kalau loteng rumah tersebut didesain ulang? Bisa dijadikan kamar tidur, ruang kerja, bahkan ruang keluarga. Penghuni rumah mendapatkan ruang tambahan dan loteng bebas dari tikus. Kalau kamu masih ragu, coba cek tujuh loteng rumah minimalis sederhana ini!

Model loteng rumah untuk kamar tidur si kembar

houselogic.com

Kamar tidur anak di lantai dasar bisa jadi terlalu sempit untuk si kembar yang sudah tumbuh remaja. Manfaatkan saja loteng rumah untuk kamar tidur tambahan dengan nuansa monokrom pink.

Model loteng rumah ini memiliki partisi antar ranjang. Di bawah ranjang juga ada laci built-in. Lapisi lantai dengan karpet untuk suasana yang lebih nyaman. Jangan lupa tambahkan meja belajar dan ottoman.

Loteng rumah minimalis sederhana serba putih

adorable-home.com

Loteng rumah yang berukuran besar dan memiliki langit-langit tinggi ini cocok dijadikan ruang keluarga. Untuk menyingkirkan kesan yang kotor, gunakan warna putih sebagai warna ruangan yang mendominasi.

Di satu sudut, ada set meja dan sofa dengan nuansa cokelat. Sedangkan di sudut lainnya, ada area bermain anak. Loteng rumah minimalis sederhana ini tidak perlu diberikan banyak dekorasi. Pot tanaman hijau, bingkai foto, dan lampu gantung saja sudah cukup.

Jendela besar untuk pencahayaan alami di kamar tidur

home-designing.com

Bangun tidur di atas kasur lantai, lalu disambut pemandangan alam bukan lagi mimpi berkat model loteng rumah seperti ini. Pada bagian dindingnya, desain jendela berukuran besar agar pencahayaan alami masuk secara optimal.

Interior ruangan mengusung tema rustic dengan dinding yang dilapisi papan kayu dan lampu gantung unik dari ranting pohon. Sinar matahari yang masuk akan membuat interior loteng rumah ini terlihat dramatis dan terbuka.

Ruang belajar di loteng rumah minimalis sederhana

bobvila.com

Kegiatan belajar di dalam kamar tidur seringkali berakhir menjadi tidur malam hingga pagi. Supaya belajarnya lebih fokus, sebaiknya sediakan ruang belajar khusus di loteng rumah minimalis sederhana.

Sediakan beberapa meja komputer di sudut ruangan. Lalu di bagian tengah, letakkan meja untuk menikmati camilan dan minum. Tambahkan karpet, kipas angin, dan kursi malas untuk suasana yang lebih nyaman. Kalau mau dijadikan ruang kerja juga bisa!

Sulap loteng rumah menjadi perpustakaan pribadi

theglobeandmail.com

Para pecinta buku yang kehabisan tempat untuk menyimpan koleksinya, coba sulap loteng rumah menjadi perpustakaan mini pribadi! Supaya pemanfaatan ruang menjadi lebih efisien, buatlah rak buku khusus yang bentuknya mengikuti atap.

Maksimalkan pencahayaan alami dari sinar matahari dengan membuat jendela besar di dua sisi. Tidak boleh dilupakan, letakkan sofa bed empuk supaya waktu membaca jadi lebih nyaman.

Fungsikan sebagai kamar tidur tamu

xingsuo.me

Jika kamu sering kedatangan tamu yang menginap, sebaiknya buatkan mereka kamar khusus. Loteng rumah minimalis sederhana bisa jadi lokasi yang pas.

Desainnya dibuat minimalis dengan dominasi material kayu. Furnitur yang wajib adalah spring bed, lampu, meja, dan kursi. Gunakan tirai untuk menjaga privasi sekaligus menciptakan suasana yang hangat. Meski berada di loteng rumah, tamu pun akan beristirahat dengan nyaman.

Kamar tidur mungil yang nyaman

housebeautiful.com

Loteng rumah berukuran mungil pun bisa diubah menjadi kamar tidur yang nyaman. Triknya menggunakan cat dinding dan pelapis lantai warna putih. Lalu sesuaikan ukuran furnitur dengan luas ruangan.

Bila memungkinkan, gunakan furniture multifungsi. Terakhir, buatlah jendela berukuran sedang supaya kamar terang dan terlihat lapang.

Setelah melihat ketujuh model loteng rumah, tak ada salahnya mencoba membersihkan loteng, melakukan cara mengusir tikus agar tikus tidak kembali lagi, dan merenovasinya agar dapat menjadi ruangan yang berfungsi bagi penghuninya. Pastikan bahwa loteng rumah juga selalu dirawat dan dijaga kebersihannya agar debu tidak menumpuk dan menjadi sarang kuman dan hama.

Jangan lupa lengkapi juga loteng rumah minimalis sederhana milikmu dengan aneka perabotan dari Dekoruma, ya! Tersedia meja rias minimalis, rak dinding, kursi sofa, hingga kasur berkualitas dari beragam merek ternama. Dekoruma jual kasur The Luxe, King Koil, dan Lady Americana.

Kamu sedang mencari rak penyimpanan, meja, atau kursi yang terbuat dari plastik, tapi berkualitas? Dekoruma jual Olymplast, yaitu merek furnitur plastik ternama dengan desain kekinian yang nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Langsung saja kepoin laman Dekoruma, yuk!