Selain menjadi salah satu syarat rumah sehat, hunian yang dilengkapi dengan aneka tanaman dapat memberikan kesan sejuk. Karenanya, peran sebuah tanaman sangatlah penting, terutama ketika mempertimbangkan cara membuat taman kecil di depan rumah.

Meskipun luas lahanmu terbatas, namun kamu bisa menerapkan berbagai cara membuat taman kecil di depan rumah untuk menciptakan hunian yang sehat dan menyejukkan. Berikut Kania akan bagikan berbagai cara membuat taman kecil di depan rumah yang mudah dan sederhana agar bisa kamu coba secepatnya!

Pilih Desain Taman Sesuai Fungsi dan Keinginanmu

diys.com

Memulai rangkaian cara membuat taman kecil di depan rumah, rencanakan dan pilih desain taman yang kamu inginkan. Adapun, cara membuat taman kecil di depan rumah ini bisa kamu sesuaikan menurut fungsi taman yang akan dibangun, apakah untuk kebun sayur, bunga atau taman dengan tanaman mini untuk bumbu dapur.

Selain itu, sesuaikan pula dengan ukuran lahan di halaman rumah yang idealnya terpisah dengan jalur akses penghuni rumah untuk meminimalisir kerusakan atau buat jalur khusus untuk pijakan kaki agar cara membuat taman kecil di depan rumah ini bisa lebih optimal diterapkan.

Pilih Lokasi Terbaik untuk Pembuatan Taman

accoya.com

Penentuan titik lokasi di halaman rumah dapat menentukan kesuksesan kamu dalam menerapkan cara merawat tanaman. Sebab, hampir semua jenis tanaman memerlukan ekspos langsung dari sinar matahari agar tumbuh secara maksimal.

Maka dari itu, cara membuat taman kecil di depan rumah ini bisa kamu lakukan dengan memilih titik lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Jika tidak ada titik ideal untuk difungsikan sebagai taman, kamu bisa memilih area tertentu yang terkena sengatan matahari dan berdekatan dengan sumber air. Ketika menerapkan cara membuat taman kecil di depan rumah, pastikan juga bahwa area tersebut bisa diakses secara mudah untuk efisiensi perawatan taman.

Persiapan Lahan untuk Taman

countryandtownhouse.co.uk

Cara membuat taman kecil di depan rumah selanjutnya memasuki proses persiapan lahan yang akan kamu gunakan untuk menanam tumbuhan. Dalam melakukan cara membuat taman kecil di depan rumah ini, kamu bisa membersihkan area yang akan dipakai untuk taman dari tumbuhan ilalang atau sampah, lalu melembutkan tanah menggunakan bantuan sekop kecil.

Maksimalkan Kualitas Tanah

gardencollage.com

Tak semua tanah dapat bekerja maksimal untuk dipakai menanam. Dalam cara membuat taman kecil di depan rumah ini, kamu bisa menambah nutrisi atau unsur hara pada tanah dengan memanfaatkan pupuk organik berupa sisa buah dan daun yang membusuk atau kotoran hewan.

Pada proses cara membuat taman kecil di depan rumah ini, pastikan pemberian pupuk dilakukan secara merata dan lakukan pencangkulan tanah agar air dan oksigen dapat terserap dengan mudah oleh akar tanaman.

Pilih Tanaman untuk Tamanmu

idealhome.co.uk

Jika tanah di halamanmu sudah siap, maka saatnya kita memasuki cara membuat taman kecil di depan rumah dengan memilih jenis tanaman yang akan kamu rawat. Pada proses ini, kamu dapat memilih tanaman yang cocok dengan iklim dan kondisi cuaca di lingkungan serta sesuaikan ukuran dan dimensi tanaman dengan luas taman depan rumah. Beberapa tanaman yang sudah jadi langganan ditaruh di taman kecil rumah adalah sri rejeki, bunga kertas, dan bunga sepatu.

Perlu diketahui, beberapa bibit bisa langsung kamu tanam ke dalam tanah, namun ada pula bibit yang hanya dapat ditumbuhkan secara terpisah seperti menggunakan pot. Maka dari itu, pastikan kamu mempelajari karakter dari tanaman yang akan kamu rawat agar cara membuat taman kecil di depan rumah ini bisa dilakukan secara optimal.

Rawat Tanaman Secara Rutin

bigblogofgardening.com

Tentu saja, cara membuat taman kecil di depan rumah ini tak berhenti sampai penanaman bibit saja. Setelah itu, kamu pun harus konsisten dalam melakukan perawatan seperti menyiram tanaman, membersihkan tanaman dari hama ataupun semak serta menggunakan pupuk sesuai takaran.

Melalui cara membuat taman kecil di depan rumah di atas, kamu pun bisa menyulap area depan rumah yang luasnya terbatas menjadi sebuah taman cantik yang dapat memberikan kesan asri dan sejuk. Temukan aneka tips bertanam di Dekoruma, seperti cara merawat tanaman keladi, tanaman dalam ruangan, dan lainnya. Yuk, coba cara membuat taman kecil di depan rumah ini sekarang juga!

Kamu sedang mencari aneka hiasan untuk rumahmu? Dekoruma jual hiasan mulai dari lukisan dinding hingga makrame lucu. Tersedia juga aneka furnitur multifungsi dan space-saving. Dekoruma jual sofa minimalis, tempat tidur, dan lemari pakaian dengan model yang beragam. Wujudkan rumah impian bersama Dekoruma!