Tampilan furnitur atau material kayu yang estetik pastinya tak luput dari gejala penuaan, entah warnanya mulai pudar atau cat mulai mengelupas. Ada berbagai cara untuk menghilangkan lapisan cat dan vernis kayu agar siap dicat ulang atau sekadar ingin menonjolkan keindahan alami kayu, salah satunya dengan memanfaatkan paint remover.

Paint remover memang cara termudah untuk menghapus lapisan cat dari permukaan kayu. Namun, jangan asal menggunakan paint remover karena ada banyak hal yang harus kamu ketahui sehingga penggunaannya tepat dan maksimal.

Tentang Paint Remover

homedepot.com

Paint remover terdiri dari berbagai jenis, namun yang paling praktis dan populer berupa larutan yang terdiri dari berbagai kandungan aktif untuk menghilangkan berbagai macam jenis cat kayu, termasuk politur, vernis, ducco, hingga melamin.

Berkat larutan ini, kamu bisa membersihkan cat pada kayu secara praktis, efisien dan tidak merusak permukaan kayu. Adapun, ketersediaan larutan paint remover sangatlah beragam di mana kamu bisa memilih berdasarkan merek dan harga jual yang ditawarkan.

Persiapan Pengelupasan Cat Pada Kayu

cleanipedia.com

Sebelum melakukan cara aplikasi paint remover yang berupa larutan, terdapat sejumlah perkakas yang perlu kamu persiapkan, diantaranya adalah kuas cat, wadah berbahan logam, sarung tangan, pisau dempul, dan spons. Bahan kimia yang terkandung dalam paint remover dapat menyebabkan alergi sehingga wajib hukumnya untuk melapisi setiap permukaan kulit sebelum menggunakannya.

Cara Menggunakan Paint Remover

shutterstock.com

Untuk mempraktikannya, pastikan sudah memakai sarung tangan. Setelah itu, tuang cairan paint remover ke dalam wadah atau kotak penyimpanan berbahan logam dan aduk rata menggunakan kuas cat. Kemudian, lanjutkan dengan mengoleskannya pada lapisan cat kayu memakai kuas hingga merata.

Setelah pengolesan paint remover, tunggu 10 menit hingga cairan mulai menggelembung. Kupas lapisan cat menggunakan menggunakan pisau dempul atau semprot dengan air bertekanan tinggi.

shutterstock.com

Jika lapisan cat sudah mulai mengelupas, hilangkan residu dengan menggosok permukaan kayu menggunakan spons. Jika lapisan cat masih belum lenyap, kamu bisa mengulangi cara menggunakan paint remover di atas sekali lagi.

Panduan Penyimpanan Paint Remover

renovatorsparadise.com.au

Saat membuka kemasan larutan paint remover, pastikan kamu berhati-hati dan melakukannya secara perlahan agar tidak terkena mata. Jika terlanjur, kamu harus segera mencucinya menggunakan Boric Acid Water 3%. Selain itu, pastikan pula untuk menutup kaleng kemasan setelah tidak digunakan dan bersihkan sisa larutan menggunakan air bersih.

Jauhkan paint remover dari jangkauan anak-anak dan simpan dalam wadah tertutup di tempat sejuk, kering, serta memiliki ventilasi yang baik untuk menghindari hawa yang dikeluarkan oleh gas methylene chloride. Jauhkan dari paparan sinar matahari atau panas yang berlebihan, serta hindari penyimpanan yang berdekatan dengan bahan plastik karena bisa melarutkannya.

Cara Alternatif: Gunakan Heat Gun

diydoctor.org.uk

Selain menggunakan larutan paint remover, kamu bisa memanfaatkan heat gun untuk menghilangkan lapisan cat pada kayu. Pastikan telah mengenakan sarung tangan, masker dan kacamata pelindung terlebih dulu supaya aman.

Gerakkan heat gun di atas permukaan cat, namun pastikan untuk menjaga suhu heat gun agar tidak terlalu panas dan tidak menyebabkan retak ataupun gosong pada kayu. Jika cat pada lapisan kayu sudah mulai menggelembung, kikis dengan pisau dempul layaknya setelah aplikasi paint remover.

architecturaldigest.com

Setelah menjalani cara menggunakan paint remover di atas, saatnya kamu mengecat ulang ataupun melapisi kayu dengan vernis sehingga tampilan berbagai jenis kayu di rumah kembali indah. Selamat mencoba!

Temukan ragam furnitur dengan model kekinian hanya di Dekoruma! Dekoruma jual rak gantung, sofa minimalis, meja makan, kursi teras, dan sofa bed. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong. Dekoruma juga jual Comforta dan Sleep Care, merek kasur ternama dengan kualitas terbaik. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan temukan furnitur impianmu!