Sebagai bahan bangunan, pipa tembaga dimanfaatkan dalam berbagai hal. Dibandingkan jenis pipa bangunan lainnya, jenis pipa ini memiliki banyak sekali kelebihan dengan ketersediaan berbagai macam ketebalan tabung untuk disesuaikan menurut kebutuhan kamu.

Namun, jangan sampai salah dalam memakai pipa tembaga. Sebelum kamu mengaplikasikannya di rumah, simak dulu serba-serbi dan fungsi pipa tembaga berikut.

Pengertian Tembaga

engineeringdiscoveries.com

Tembaga merupakan salah satu material logam yang memiliki karakter elastis dan mudah ditempa sehingga dapat dibentuk menjadi berbagai model, baik itu pipa, kawat ataupun lembaran. Tidak hanya itu, tembaga pun terkenal sebagai bahan yang tahan terhadap korosi karena unsur di dalamnya tidak reaktif sehingga ideal untuk difungsikan untuk memenuhi berbagai keperluan rumah dan bangunan.

Fungsi Pipa Tembaga

theplumberscoach.com

Untuk bahan bangunan, pipa tembaga tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari pipa tembaga spiral, batangan panjang, gulungan hingga kaku. Dengan ketebalan yang sangat variatif untuk disesuaikan menurut kebutuhan, jenis pipa ini biasa difungsikan sebagai media penyaluran air pada instalasi kulkas, AC, saluran air dingin dan air panas, gas, udara, hingga oksigen.

Kelebihan Pipa Tembaga

copperfitting.com

Pipa tembaga kerap dimanfaatkan dalam proyek instalasi air sebab ia bersifat tahan bocor sehingga dapat mengalirkan air dalam volume besar. Selain itu, karakter pipa air dari tembaga yang fleksibel membuat material ini dapat ditekuk sehingga meminimalisir penggunaan pengencang dan konektor serta menghemat pengeluaran biaya instalasi.

Memiliki sifat antipanas dan api, pipa tembaga juga tak dapat melepaskan asap dan gas beracun jika terjadi kebakaran. Bahkan, jenis pipa ini juga menjamin kebersihan air yang dialirkannya karena memiliki sifat antikarat dan antibakteri, termasuk memiliki kemampuan untuk membersihkan kandungan timbal saat proses produksi. Untuk pipa tembaga kulkas, bakteri pun akan sulit untuk tumbuh sehingga tidak memberikan dampak negatif pada kesehatan.

shutterstock.com

Dengan jaminan durabilitas yang sangat prima, pipa tembaga tahan terhadap tekanan dan getaran. Bahkan, ia juga memiliki umur panjang yang bahkan bisa digunakan hingga lebih dari 50 tahun.

Selain itu, pipa tembaga juga tahan terhadap paparan sinar UV sehingga dapat diaplikasikan di luar ruangan, mudah diperbaiki jika mengalami kerusakan, serta termasuk salah satu material ramah lingkungan karena dapat didaur ulang.

Jenis Pipa Tembaga

metalanddust.co.uk

Pipa tembaga terbagi dalam berbagai jenis yang disesuikan menurut bahan utama produksi dan karakternya. Adapun, jenis yang bisa kamu temukan di pasaran antara lain:

  • Crane copper yang diproduksi dengan bahan utama berkualitas, biasanya dipakai oleh sektor konstruksi, industri dan rumah tangga untuk menunjang proses instalasi saluran air, limbah cair dan gas.
  • Denji copper yang biasanya dipakai untuk instalasi sistem pendingin dan pemanas.
  • Kembla copper yang memiliki bentuk spiral dan melingkar serta difungsikan sebagai pipa tembaga kulkas atau AC.

Untuk penggunaan pipa tembaga AC, kamu bisa menyesuaikannya menurut jenis AC yang digunakan. Untuk AC split, idealnya kamu memakai pipa AC soft karena sangat mudah untuk ditekuk. Sementara itu, penggunaan AC di lingkungan pabrik, properti apartemen, hotel ataupun bangunan tinggi bisa memakai jenis pipa yang rigid karena tidak mudah penyok.

Kekurangan Pipa Tembaga

sharkbite.com

Meskipun punya sederet kelebihan, namun pipa tembaga dijual dengan banderol yang sedikit lebih mahal ketimbang jenis pipa lainnya. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis pipa ini, pikirkan akumulasi biaya instalasi secara menyeluruh agar tidak melebihi anggaran pembangunan rumah ataupun renovasi.

Melalui ulasan Kania di atas, diharapkan kamu bisa menggunakan pipa tembaga sesuai fungsinya. Jangan lupa, pilih juga model pipa tembaga sesuai dengan kebutuhan instalasi yang akan kamu lakukan di rumah, ya!

Temukan ragam furnitur dengan desain yang efisien hanya di Dekoruma! Dekoruma jual kursi kantor, sofa minimalis, meja makan, kursi teras, hingga lemari dapur. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan temukan furnitur impianmu!