Kamu tentunya ingin hunian yang nyaman dan asri yang dipenuhi dengan beragam tanaman yang bisa kamu nikmati pemandangannya setiap hari. Kamu bisa memulainya dengan menciptakan taman rumah yang terdiri dari tanaman-tanaman hias seperti bunga, buah-buahan, tanaman daun atau bahkan tanaman hias batang.

Dengan banyaknya pilihan tanaman hias batang, mungkin kamu masih bingung untuk memilih mana yang tepat untuk rumahmu. Kali ini Kania bakal memberikan rekomendasi jenis tanaman hias batang yang bisa dan layak untuk kamu pilih sebagai tanaman hias untuk taman di rumahmu. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

1. Kaktus untuk hiasan taman yang manis

thespruce.com

Tanaman hias batang yang identik dengan tanaman gurun ini adalah jenis tanaman hias yang sering ditaruh di pekarangan rumah agar rumah terlihat lebih indah. Pada umumnya, kaktus berukuran kecil atau mini dan ditaruh di dalam pot.

Tanaman kaktus ini sanggup hidup di tanah yang kering atau di lingkungan yang panas dan memiliki sedikit air. Dengan bentuknya yang beragam, kaktus layak menjadi pilihan untuk tanaman hias batang di rumah.

2. Bambu kuning yang cantik sebagai hiasan taman yang menyejukkan

bambooplantshq.com

Tanaman bambu kuning masuk ke dalam kategori tanaman hias batang keras karena tekstur dari batang bambu sendiri. Sebagai tanaman hias batang, bambu kuning biasanya sudah dimodifikasi hingga berukuran ramping dan mini sehingga tumbuhnya pun tidak besar.

Tanaman hias batang yang satu ini bisa digunakan untuk menghiasi interior maupun eksterior rumah. Kamu bisa meletakkan tanaman hias batang di taman rumahmu agar bisa terkena cahaya matahari langsung, atau sebagai tanaman partisi dan background rumah dengan cara ditanam secara berkelompok.

3. Palem merah dengan batang berwarna merah yang unik

yearofcleanwater.org

Tanaman hias batang yang satu ini sedang tren dan populer digunakan sebagai penghias halaman rumah. Batang palem yang berwarna merah mempunyai keunikan tersendiri. Cara tumbuh dari tanaman hias ini adalah dengan bergerombol, dan itulah yang membuat tanaman ini unik.

Selain untuk taman rumah di luar ruangan, sebenarnya tanaman hias batang palem bambu ini juga bagus untuk keperluan indoor. Karena tanaman ini memiliki kelebihan yaitu mampu menjernihkan udara yang tidak sehat di dalam suatu ruangan.

4. Bambu air atau tanaman paku yang membuat betah memandangnya

pinterest.com

Tanaman hias batang yang satu ini merupakan satu keluarga dengan tumbuhan paku, bukan keluarga tanaman bambu. Ukuran bambu air ini kecil dan mampu tumbuh setinggi 3 meter. Habitat asli dari tanaman hias batang ini adalah tempat-tempat yang basah agar bisa tumbuh dengan subur.

Tanaman hias batang bambu air ini sangat diminati oleh banyak orang karena merupakan jenis tanaman hijau yang sangat cantik. Apalagi jika dijadikan tanaman hias indoor, orang-orang pun betah memandangnya.

5. Tumbuhan kamboja dengan bunga warna-warni yang indah

shutterstock.com

Kamu pasti agak terheran ketika mendengar bahwa kamboja adalah tanaman hias batang. Dikenal karena bentuk dan warna batangnya yang unik, kamboja bisa dibentuk sebagai bonsai atau tumbuhan mini.

Namun, keunikan yang terletak pada batangnya membuat kamboja menjadi salah satu tanaman hias batang yang juga patut untuk dipilih sebagai tanaman hias indoor ataupun outdoor. Apalagi dengan bunganya yang berwarna-warni, tentu memancarkan keindahannya tersendiri.

Setelah mengetahui kelima jenis tanaman hias batang di atas, tentu kamu sudah mempunyai bayangan ‘kan, mana yang sekiranya cocok untuk menghiasi taman rumah?  Namun, taman rumah yang sudah ditanami tanaman hias batang tidak akan lengkap tanpa kehadiran furnitur untuk bersantai. Oleh karena itu, tambahkanlah meja dan kursi teras pada taman rumah supaya kamu bisa memandangi keindahan tanaman hias batang lebih lama dengan nyaman.