Material untuk konstruksi terdiri dari berbagai jenis. Salah satu yang populer digunakan adalah baja, di mana material ini terkenal dengan kekokohannya sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan konstruksi termasuk pembangunan rumah.

Sayangnya, banyak yang mengira bahwa baja sama seperti besi. Padahal, kedua material tersebut memiliki sejumlah perbedaan sehingga mempengaruhi daya tahan dan cara pemakaiannya. Nah, sebelum kamu menggunakannya, yuk ketahui dulu serba-serbi baja di bawah ini!

Pengertian Baja

reliance-foundry

Baja diproduksi melalui perpaduan sejumlah material seperti besi, karbon, kromium, nikel, silikon, sulfur, mangan, alumunium, nitrogen, dan oksigen. Memiliki kekuatan tarik yang tinggi serta biaya pembuatan yang tergolong rendah, material baja ini menjadi favorit banyak orang untuk keperluan pembangunan rumah seperti konstruksi, pagar, hingga kanopi dengan baja ringan.

Jika besi terdiri dari unsur tunggal, adanya berbagai kombinasi bahan pada baja menjadikan material ini lebih kukuh. Terlebih lagi, baja diproduksi dengan campuran karbon dengan kandungan kurang dari 2,1% sehingga cocok difungsikan untuk berbagai keperluan.

Perbedaan Besi dan Baja

sciencing.com

Seperti yang disebutkan di atas, baja terdiri dari berbagai macam bahan utama sedangkan besi merupakan material murni tanpa campuran bahan lainnya. Hal tersebut membuat besi dan baja memiliki karakteristik yang berbeda. Besi lebih mudah berkarat sehingga kerap membutuhkan pembersih karat besi, sedangkan baja memiliki sifat anti karat dan tahan terhadap udara lembap. Meskipun demikian, besi memiliki tingkat elastisitas yang lebih tinggi daripada baja yang cenderung kaku.

Berkat adanya kandungan karbon pada baja, material ini pun memiliki tingkat kekerasan dan daya tarik yang lebih baik. Namun, yang paling mencolok ialah baja memiliki kekuatan 1000 kali lebih baik jika dibandingkan dengan besi murni, serta memiliki daya redam yang jauh lebih kecil sehingga penggunannya sangatlah luas.

Sifat Baja

sanghvioverseas

Baja memiliki sifat yang berbeda-beda tergantung dari hasil produksinya. Namun, secara umum material baja memiliki ketahanan yang prima terhadap karat, memiliki sifat magnet yang kuat, koefisien muai yang tergolong rendah, tahan terhadap beban atau tekanan, dan juga tahan terhadap asam. Selain itu, baja juga mempunyai tampilan yang mengkilap serta memiliki karakter kuat, keras, dan awet sehingga sering digunakan sebagai bahan pembuatan perkakas.

Jenis-Jenis Baja

sanghvioverseas

Di pasaran, terdapat berbagai jenis baja yang bisa disesuaikan menurut kebutuhan konstruksi baja. Namun, secara umum baja dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni:

  • Baja karbon (carbon steel) yang terdiri lagi dari tiga macam baja, yaitu baja karbon rendah dengan sifat yang mudah ditempa, baja karbon menengah yang cenderung lebih kaku, serta baja karbon tinggi dengan karakter yang sangat kaku dan sulit untuk dibengkokkan ataupun dipotong.
  • Baja paduan (alloy steel) yang diproduksi dari berbagai macam bahan untuk meningkatkan kekerasan, kekuatan tarik, menambah sifat mekanik pada temperatur rendah, serta meningkatkan ketahanan terhadap oksidasi dan reduksi. Baja paduan juga diklasifikasikan lagi menjadi tiga jenis, yakni baja paduan rendah dengan elemen paduan kurang dari 2,5%, baja paduan menengah dengan elemen paduan 2,5% hingga 10%, dan baja paduan tinggi dengan elemen paduan lebih dari 10%.

Penggunaan Baja

railway-technology

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki baja, material ini sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan konstruksi bangunan hingga peralatan dapur. Misalnya, untuk pembuatan atap dan pagar rumah, pembuatan jembatan, rel kereta api, pembuatan menara, sebagai material untuk memproduksi mesin, mobil, kapal dan pesawat terbang,  material untuk memproduksi perkakas dan alat otomotif, hingga peralatan untuk memasak.

Nah, dari penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu lebih dalam mengenai baja, kan? Melalui penjelasan tersebut, diharapkan kamu dapat membedakan besi dan baja sehingga bisa memilih material yang paling pas untuk digunakan. Jangan lupa simak informasi menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Temukan juga berbagai macam furnitur dan dekorasi untuk hunianmu di Dekoruma! Kalau kamu sedang mencari kasur, Dekoruma menyediakan aneka jenis kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari kasur The Luxe, Comforta, Guhdo, dan King Koil tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan.

Tak ketinggalan, Dekoruma juga menyediakan aneka properti hunian melalui Dekoruma Properti, lho. Kamu bisa menemukan rumah dijual dan rumah baru dari berbagai daerah di Jabodetabek, seperti di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, BSD, dan Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!