Dalam dunia desain interior dan eksterior hunian saat ini, batu alam menjadi salah satu pilihan istimewa untuk mendesain sebuah rumah, apalagi pada desain interior modern. Mulai dari dinding, lantai, hingga ornamen pilar rumah. Warna dan jenisnya pun sangat beragam. Batu alam jadi semakin banyak digunakan karena batu alam memiliki kesan yang cantik dan mewah. Selain itu, finishing hunian dengan batu alam bisa meningkatkan nilai jual rumah, lho!

Nah, karena batu alam sendiri memiliki bermacam-macam jenis, bentuk, dan warna, tidak ada salahnya kalau kamu juga memahami jenis-jenis batu alam agar kamu nggak salah pilih saat mengaplikasinnya untuk desain rumahmu. Yuk, simak ulasan dari Kania di bawah ini!

1. Batu alam putih berkesan clean and clear, cocok untuk rumah minimalis

pinterest

Jenis batu alam putih adalah batu alam yang terbentuk karena adanya proses pengendapan butiran-butiran pasir, oleh karena itu batu ini disebut juga batuan sandstone, seperti halnya batu palimanan, batu cupang merah, batu putih cacing, dan batu palem. Batu alam ini juga berasal dari Kecamatan Palimanan, kabupaten Cirebon.

pinterest

Batu alam putih ini juga bisa dibelah menjadi lempengan tipis sehingga lebih mudah ditempelkan sebagai pelapis dinding. Biasanya batu alam jenis ini sangat cocok digunakan sebagai elemen dekoratif, seperti sebagai batu alam dinding maupun lantai rumah. Elemen dekoratif keramik batu alam yang memiliki sedikit efek tiga dimensi dapat menonjolkan karakter warna dan tekstur batu alam itu sendiri.

2. Batu alam hitam yang berkesan tegas dan elegan untuk eksterior maupun interior ruangan

ozamcentrum

Warna hitam saat ini menjadi warna favorit untuk desain rumah, apalagi bagi orang-orang yang menyukai sifat tegas, kuat, berani, tapi elegan dan mewah. Warna hitam juga cocok dipadukan dengan warna apapun melalui furniture minimalis sehingga pilihan batu alam warna hitam ini sangat layak dipertimbangkan untuk desain interior maupun eksterior rumahmu. Dengan menggunakan batu alam berwarna hitam, rumah akan terkesan lebih elegan.

pinterest

Batu alam hitam sangat cocok untuk tiang rumah ataupun lantai, sifatnya yang keras dan tahan goresan juga cocok digunakan untuk dinding bangunan. Bentuknya yang unik juga sering digunakan sebagai konstruksi bangunan dan ornamen bangunan.

Buat kamu yang ingin menggunakan batu alam hitam, perlu kamu ketahui bahwa selain karena warnanya, batu alam hitam juga sangat unggul dari segi kekuatan harga. Batu alam hitam dapat membuat harga jual rumah menjadi lebih mahal, tentunya hal ini sama saja dengan inventasi pribadi.

3. Batu alam marmer yang memiliki tekstur unik

greenandmustaard

Jenis batu alam yang satu ini pasti tidak asing kan buat kamu? Batu alam marmer ini memiliki berbagai gabungan pola warna dan corak sehingga sangat cocok digunakan sebagai dinding atau elemen interior di dalam ruangan. Kesan mewah pada tekstur dan pola batu alam marmer membuat batu alam ini menjadi pilihan banyak orang, apalagi dengan pola warna yang beraneka ragam, cocok sebagai penutup finishing pada lantai ataupun dinding.

pinterest

Batu alam marmer memiliki karakter dingin dan bisa mendinginkan ruangan secara alami meski di suhu panas sekalipun. Namun, perlu diperhatikan bahwa batu alam marmer memiliki sifat yang sensitif terhadap perubahan cuaca. Oleh karena itu, hindari penggunaan batu alam marmer untuk bagian rumah yang sering terkena hujan dan teriknya matahari, ya!

4. Batu alam granit untuk menampilkan kesan fresh dan natural

hicksvillecq.com

Batu alam granit merupakan salah satu batu alam yang cukup populer di kalangan masyarakat karena memiliki karakter yang kuat dan tahan terhadap cuaca. Warna batu alam granit ini juga memiliki kesan yang segar dan alami sehingga sangat cocok digunakan sebagai pelapis dinding atau wall veneer, lantai, dan dinding kamar mandi. Ketahanan batu alam granit terhadap suhu yang tinggi membuat batu alam ini juga sering digunakan sebagai permukaan di dapur.

5. Batu alam andesit yang unik dengan motif berbeda-beda

ytimage

Batu alam andesit ini sangat cocok digunakan jika kamu menginginkan hunian dengan gaya atau konsep minimalis. Kamu bisa mengaplikasikan batu alam andesit untuk hunianmu, baik eksterior maupun interior, seperti pada dinding luar rumah, pagar rumah, atau dinding interior rumahmu.

pinterest

Batu alam andesit juga tahan lama karena strukturnya yang keras dibandingkan batu alam yang lain. Selain itu, batu alam andesit memiliki motif yang unik dan indah karena bentuk teksturnya terlihat seperti tekstur kayu. Keunikan inilah yang membuat harga batu alam andesit juga menjadi relatif mahal.

Nah, sekarang sudah tahu kan jenis-jenis batu alam yang cocok untuk diaplikasikan pada rumah? Dari kelima batu alam di atas, mana nih yang mantap jadi pilihanmu? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Kamu sedang kesulitan mencari furnitur untuk hunianmu? Dekoruma menyediakan banyak furnitur dan perabotan untuk semua ruangan di rumah. Misalnya, untuk kamar tidur si kecil, Dekoruma jual tempat tidur bayi, tempat tidur tingkat, lemari anak, hingga meja belajar.

Sementara untuk ruang dapur, Dekoruma jual peralatan memasak, meja makan, kursi makan, dan lemari dapur. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!