Untuk kamu yang tinggal di lingkungan perkotaan, kawasan urban atau bahkan yang pinggiran kota sekalipun, memiliki rumah pribadi merupakan suatu kemewahan tersendiri, atau bahkan sangat susah untuk diwujudkan. Bukan hanya harga yang melambung, adanya rumah yang sudah jadi di kawasan kota bisa dibilang minim.

Oleh karena itu para pengusaha real estate berlomba-lomba membangun apartemen untuk mengatasi hal tersebut. Dengan adanya perkembangan dalam dunia hunian tersebut, membeli dan memiliki apartemen bisa menjadi pilihan dan pertimbangan.

Apartemen sendiri memiliki banyak pilihan, mulai dari yang tipe apartemen yang biasa-biasa saja atau yang standar, hingga tipe apartemen eksklusif yang mewah. Oleh karena itu, dalam membeli apartemen kamu perlu pertimbangan yang matang dan juga perlu memahami tipe dari apartemen. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasan Kania di bawah ini!

1. Tipe apartemen studio

Sumber: izbushkinet.ru

Tipe apartemen yang satu ini biasa memiliki luas tak lebih dari 20 hingga 30 meter persegi. Jenis tipe apartemen yang satu ini bisa dibilang merupakan tipe apartemen yang paling banyak dijual di pasaran.

Sumber: Pinterest

Ruangan dalam apartemen studio biasanya mengusung konsep satu ruang, yang merangkap kamar tidur, ruang makan, sekaligus ruang tamu. Fasilitas dapur di tipe apartemen ini biasanya hanya disekat dengan menggunakan lemari plastik ataupun meja bar pada dapur. Kisaran harga dari tipe apartemen ini biasanya berkisar antara Rp 100 juta hingga Rp 600 juta di kawasan Jabodetabek.

2. Apartemen Alcove studio

Sumber: Pinterest

Tipe apartemen ini memang hampir mirip dengan tipe apartemen studio di atas. Perbedaannya terletak pada bentuk tipe apartemen Alcove studio yang berbentuk huruf L. Ruangan terkecil pada tipe apartemen ini biasanya dijadikan tempat tidur. Selain itu, tipe Alcove studio memiliki dua pembatas ruangan, berbeda dengan tipe apartemen studio biasa.

Sumber: corcoran.com

Kisaran harga yang dipatok untuk apartemen ini sangat bervariasi sesuai dengan desain ruang dan juga kawasan apartemen tersebut, yaitu berkisar antara 300 juta hingga 800 juta rupiah. Jika kamu sudah memiliki apartemen model seperti ini, lengkapi dengan furnitur yang sesuai. Saat sedang berada di toko yang jual tempat tidur, sofa, dan furnitur lainnya, pastikan ukurannya sesuai dengan luas ruang dan bahannya kokoh.

3. Apartemen loft

Sumber: home-designing.com

Tipe apartemen ini memiliki konsep yang unik. Sebenarnya tipe apartemen ini hampir sama dengan tipe apartemen studio, yaitu memiliki satu ruangan saja. Namun tipe loft ini cenderung memiliki langit-langit yang tinggi yang bisa dimanfaatkan sebagai loft atau loteng tambahan ruangan. Loft ini biasanya bisa digunakan sebagai tempat tidur, tempat penyimpanan barang, atau lemari.
Sumber: Pinterest

Hunian ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki hunian dengan langit-langit tinggi dan terbuka luas. Tipe apartemen loft biasa berkisar antara  400 juta hingga 1 miliar rupiah.

4. Tipe convertible studio

Sumber: 1000southmichigan

Tipe apartemen ini bisa masuk ke dalam kategori apartemen studio plus. Memang tidak jauh beda dengan tipe studio atau Alcove, namun tipe studio ini memiliki ukuran yang lebih luas. Hal ini memungkinkan adanya ruangan yang berdinding sebagai pembatas untuk kamar tidur. Harganya pun lebih mahal dibandingkan tipe studio biasa dan Alcove studio.

5. Apartemen 1, 2, 3 kamar

Sumber: allhomes

Nah, kalau tipe apartemen ini sangat cocok buat kamu yang sudah berkeluarga ataupun ingin tinggal bersama dengan saudara atau teman. Tipe apartemen ini sudah mirip dengan rumah pada umumnya, dan memiliki sekat yang memisahkan setiap ruangan di dalam.

Sumber: youstylish.com

Tipe apartemen ini menyediakan ruang tamu, memiliki banyak area penyimpanan, kamar yang bisa digunakan sebagai ruang kerja dan lain-lain. Untuk kisaran harga sendiri, biasanya akan disesuaikan dengan luas apartemen dan juga jumlah ruangan.

6. Apartemen classic six

Sumber: cloudinary.com

Tipe apartemen ini terdiri dari 3 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 dapur, 2 hingga 3 dapur sehingga dinamakan sebagai tipe apartemen classic six. Biasanya apartemen ini dibangun dari gedung-gedung yang sudah berusia tua namun direnovasi kemudian disulap menjadi apartemen jenis ini.

7. Apartemen penthouse

Sumber: Penthouse

Tipe apartemen yang satu ini sebenarnya lebih populer di luar negeri. Merupakan hunian yang biasanya dibangun di lantai paling tinggi dari sebuah bangunan. Penthouse biasanya memiliki luas bangunan yang berbeda dari luas bangunan apartemen lainnya yang berada di bawah penthouse.

Kisaran harga biasa mencapai lebih dari 1 miliar rupiah tergantung dari kawasan, desain bangunan serta fasilitas yang disediakan. Salah satu fasilitas pemilik penthouse adalah disediakannya berbagai fasilitas canggih termasuk lift pribadi.

Nah, dari berbagai tipe apartemen di atas, mana nih yang jadi apartemen idaman kamu? Pastikan kamu memilih yang sesuai kebutuhan, ya!

Kamu sedang mencari jasa desain interior untuk rumah ataupun apartemen? Dekoruma bisa jadi pilihan, apalagi untuk kamu yang berdomisili di Jakarta. Dekoruma menyediakan jasa desain interior Jakarta dengan hasil yang kekinian dan membuat hunianmu jadi nyaman banget.

Selain jasa desain rumah dan apartemen, ada juga aneka dekorasi untuk menghiasi hunianmu. Dekoruma jual jam dinding, lukisan, karpet, lampu hias, dan masih banyak lagi. Yuk, wujudkan hunian idamanmu bersama Dekoruma!