Suhu udara saat ini memang tidak menentu. Bahkan suhu udara di sejumlah daerah cenderung meningkat sehingga menyebabkan panas yang begitu menyengat.

Adapun, terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi suhu udara mengalami peningkatan, salah satunya adalah fenomena kulminasi di mana matahari berada tepat di atas wilayah Indonesia.

Untuk membuat suhu udara di lingkungan rumah tetap optimal, kamu bisa melakukan sejumlah tips yang akan Kania bagikan berikut ini. Mau tahu apa saja? Simak artikel ini selengkapnya, ya!

Manfaatkan Tirai Sebagai Penutup Jendela

freshome.com

Sebanyak 30 persen suhu udara panas didistribusikan melalui jendela. Agar suhu udara di dalam rumah tetap optimal, jangan biarkan jendela rumah terbuka secara bebas. Hal ini jugalah yang biasanya menjadi penyebab AC tidak dingin.

Manfaatkan tirai atau gorden sebagai penutup jendela sehingga suhu udara panas bisa dipantulkan kembali ke luar. Jangan lupa, gunakan tirai berwarna putih agar suhu ruangan tidak bertambah panas.

Ciptakan Ventilasi Silang

edition.cnn.com

Melengkapi hunian dengan beberapa titik keluar masuk udara dapat mengatasi suhu udara panas di dalam ruangan. Maka, tak ada salahnya untuk menciptakan ventilasi silang di dalam hunianmu seperti memasang pintu berhadapan dengan jendela dinding yang berlawanan arah.

Saat pagi hari atau sebelum matahari menyoroti rumahmu, silakan buka semua pintu dan jendela rumah beberapa saat dan batasi akses pintu dan jendela saat menjelang siang hari agar suhu udara tetap optimal.

Buka Pintu di Dalam Rumah

miamidoorsandclosets.com

Pintu ruangan yang tertutup cenderung membuat suhu udara bertambah panas karena terjebak di dalam rumah. Untuk mengatasi hal ini, buka semua pintu yang menghadap ke dalam rumah, misalnya pintu kamar tidur ataupun pintu kamar mandi supaya hawa dan suhu udara di dalam ruangan terus bergerak dan membuat suasana di dalam rumah tetap sejuk.

Cat Atap dengan Warna Putih

reservalo.pe

Berdasarkan studi, warna putih terbukti memantulkan cahaya sehingga bermanfaat untuk mencegah suhu udara di sekitarnya naik. Tak ada salahnya untuk mempertimbangkan pengaplikasian warna putih pada atap rumahmu.

Sebisa mungkin, hindari aplikasi warna gelap pada eksterior bangunan dan pilih skema ruangan dengan warna cerah untuk menjaga suhu udara agar tetap optimal.

Manfaatkan Tanaman

hearstapps.com

Kehadiran tanaman di lingkungan rumah secara efektif membantu mengurangi suhu udara panas karena dapat melepaskan oksigen melalui proses respirasi. Bahkan, penggunaan tanah sebagai media tanam pun dapat menyerap panas yang dihasilkan dari sinar matahari.

Maka, tak ada salahnya untuk menempatkan sejumlah pot berisi tanaman di lingkungan rumah, misalnya di depan jendela, di area teras atau di balkon rumahmu. Jika area hunianmu terbatas, kamu juga bisa menciptakan taman vertikal di salah satu dinding rumah untuk menambah kesejukan dan menjaga suhu udara.

Kelola Penggunaan Alat Elektronik

electronichouse.com

Untuk menstabilkan suhu udara di dalam rumah, sebaiknya kamu lebih bijak dalam menggunakan peralatan elektronik. Mulai saat ini, saatnya mengganti lampu konvensional dengan lampu LED karena dapat meminimalisir panas. Jangan lupa, mematikan juga peralatan elektronik yang sudah tidak kamu pakai karena dapat memproduksi panas.

Pasang Kanopi di Bagian Depan Rumah

pinterest.com

Pemasangan kanopi di area depan rumah juga secara efektif dapat meminimalisir cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Selain dapat menghalau suhu udara panas, pemasangan kanopi juga dapat melindungi kendaraan ataupun furnitur outdoor dari kerusakan akibat paparan langsung sinar matahari sekaligus menyempurnakan tampilan eksterior rumah agar tampil menawan.

Tujuh cara di atas bisa kamu lakukan untuk menjaga suhu udara supaya tetap sejuk dan membuatmu merasa nyaman saat berada di dalam rumah. Yuk, coba tips dan trik dari Kania di atas!

Selain menjaga suhu udara di rumah, pastikan juga rumahmu dilengkapi dengan ragam furnitur berkualitas dari Dekoruma, ya! Dekoruma menyediakan lemari pakaian, tempat tidur, sofa, hingga rak sepatu dengan aneka model dan ukuran.

Tak hanya itu saja, jika di rumahmu terdapat ruang kerja pribadi, Dekoruma juga jual meja kantor dan kursi kerja yang ergonomis. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!