Semua orang menginginkan suasana kamar tidur yang rapi. Dengan begitu, tidur pun menjadi nyaman dan berkualitas. Masalahnya, menata kamar tidur, termasuk menjaga kerapian kamar, sangatlah sulit apalagi di tengah kesibukan sehari-hariz.

Semakin hari, barang semakin bertambah. Waktu untuk berbenah pun semakin sedikit karena seharian beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, kamu harus memikirkan cara menata kamar agar terlihat indah dan rapi.

Siapkan aneka penyimpanan dan luangkan waktu agar kamu dapat menerapkan keenam tips ampuh menata kamar tidur sederhana berikut!

Tentukan furnitur yang diperlukan

housebeautiful.com

Biasakan dirimu untuk hidup minimalis saat menata kamar. Minimalis yang dimaksud lebih mengarah kepada gaya hidup minimalis yang tercermin pada pemilihan furnitur yang sesuai keperluan saja. Setidaknya, kamar tidur perlu memiliki tempat tidur serta kasur, lemari, dan meja serta kursi.

Salah satu cara menata kamar tidur agar terlihat indah ialah menyingkirkan furnitur tambahan seperti TV, kursi pijat, dan ottoman yang tak diperlukan karena hanya akan membuat kamar penuh. Akan lebih baik kalau furnitur tersebut ditempatkan pada ruang keluarga. Hitung-hitung supaya lebih seru saat berkumpul bersama.

Manfaatkan ruang di bawah tempat tidur

loaf.com

Untuk menata kamar tidur berukuran mungil, jangan lewatkan ruang pada kolong tempat tidur. Alih-alih menjajarkan furnitur, lebih baik ‘menumpuknya’ saja. Pilihlah tempat tidur yang didesain khusus dengan laci di bagian bawah atau mempunyai cukup ruang untuk ditaruh kotak penyimpanan.

Jika budget terbatas untuk membeli tempat tidur baru, gunakan kotak penyimpanan mungil yang mudah dipindahkan agar lebih mudah menata kamar. Ruang kosong ini paling pas untuk menyimpan buku, album, dan juga sepatu.

Manfaatkan dinding bagian atas

amazon.com

Dinding bagian atas jarang dijangkau tangan, tapi selalu dijangkau mata. Tips ini merupakan salah satu cara menata kamar agar terlihat indah. Pastinya kamu memiliki koleksi yang sayang jika diletakkan di dalam kotak penyimpanan.

Gunakan rak dinding untuk meletakkan aneka koleksi dan pajangan. Bagian bawahnya bisa dimanfaatkan sebagai gantungan aksesoris atau bahkan baju. Trik menata kamar ini terbukti ampuh bagi kamu yang sering meninggalkan baju berserakan di kamar tidur.

amazon.com

Selain rak dinding, menata kamar juga bisa menggunakan mesh board atau grid wall. Papan pajangan yang dibuat dari tiang-tiang besi ini cocok untuk menggantungkan aksesori, koleksi kartu pos, kipas, gantungan kunci, dan lainnya.

Bahkan mesh board saat ini bisa dilengkapi dengan keranjang gantung untuk koleksi alat tulis dan boneka. Cara menata kamar agar terlihat indah ini tengah populer di kalangan anak muda.

Pisahkan barang yang jarang dipakai

tasteofhome.com

Coba kamu ingat-ingat, apakah ada barang yang jarang dipakai? Kalau iya, mulailah menata kamar dengan memisahkannya. Simpanlah barang tersebut dalam kabinet khusus ataupun laci penyimpanan lainnya dalam ruangan.

Bila perlu, pisahkan sesuai kebutuhan. Misalnya barang-barang untuk liburan dan baju pesta. Tips menata kamar ini membuat ruangan lebih rapi dan barang mudah dicari.

Pilih warna yang tepat saat menata kamar tidur sederhana

timeincuk.net

Beberapa orang memilih untuk menyingkirkan dekorasi supaya kamar terlihat lebih lapang dan rapi. Cara menata kamar agar terlihat indah tanpa dekorasi adalah memilih warna yang tepat. Memadukan dua warna lembut yang kontras seperti pastel merah muda dan abu-abu juga merupakan salah satu tips menata kamar agar tidak terlihat berantakan walaupun sebenarnya penuh dengan barang.

 Singkirkan barang yang sudah tidak terpakai

greatcanadianvanlines.com

Menata kamar menjadi rapi tidaklah sulit. Asalkan kamu mau merelakan sebagian barang yang dimiliki. Perubahan tren dan kebutuhan terkadang memaksamu membeli banyak barang baru. Barang lama pun teronggok di sudut kamar. Daripada memenuhi ruang dan menjadikannya berantakan, singkirkan saja. Atau jika memang ada barang yang masih bisa digunakan, kamu bisa menatanya dengan rapi di dalam lemari plastik.

Alternatif lainnya, untuk pakaian dan aksesori layak pakai bisa didonasikan. Ingin dijual kembali juga boleh. Penghasilan dari menjual baju bekas bisa ditabung atau dibelanjakan untuk membeli pakaian baru. Lakukan tips menata kamar ini secara rutin, setidaknya 6 bulan sekali.

Menata kamar bukannya dilakukan sekali saja di awal, tapi harus berkelanjutan. Ubahlah kebiasaanmu saat mengembalikan barang. Segera letakkan barang ke tempatnya semula setelah digunakan. Dengan rajin menata kamar, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal kepada interior kamar ala kapal pecah!

Jika kamu sedang mencari kasur baru untuk menemani kamu tidur, kamu bisa menemukannya di toko

furniture online,
Dekoruma! Mulai dari kasur spring bed dan latex bisa kamu miliki. Ditambah, Dekoruma juga menyediakan kasur dari beragam merek, seperti spring bed King Koil, Florence, dan Lady Americana.

Tak hanya kasur, jika kamu baru saja memiliki sang buah hati, Dekoruma juga menyediakan tempat tidur bayi yang nyaman, lho! Pastinya dengan kualitas terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung kunjungi laman Dekoruma sekarang juga!