Masak sendiri di rumah tergolong lebih murah dan higenis. Masalahnya, tidak semua orang pandai membumbui masakan. Ditambah lagi dengan persiapan masak yang membutuhkan banyak waktu. Buat kamu para pemula atau yang tidak bisa memasak, jangan putus asa dulu, ya! Pasalnya ada banyak menu makan siang sederhana yang sehat dan dijamin rasanya sangat nikmat.

Cara membuatnya pun sangat praktis. Di bawah ini, Kania sudah menyiapkan daftar menu makan siang sederhana yang sehat dan praktis yang bisa kamu coba masak sendiri. Yuk, lihat daftar menunya di bawah ini!

Ayam teriyaki dengan sayur rebus

delish.com

Menu makan siang ayam teriyaki dengan sayur rebus ini adalah masakan khas Jepang. Cara membuatnya pun sangat mudah sebab saus teriyaki sudah banyak dijual di pasaran. Pertama-tama, kamu hanya perlu menyiapkan daging ayam. Kemudian, tumis daging ayam tersebut bersama saus teriyaki hingga matang. Supaya menjadi menu makan siang sehat, sajikan dengan aneka sayuran rebus, seperti wortel, brokoli, sawi putih, dan jagung muda.

Tahu dan tempe goreng dengan sambal terasi

travelingyuk.com

Tahu dan tempe adalah bahan makanan yang paling mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang murah. Namun, meskipun kedua bahan makanan ini tergolong murah, bukan berarti tidak memiliki kandungan yang baik. Tahu dan tempe mengandung protein dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Cara paling sederhana dan praktis dalam menyajikan tahu dan tempe sebagai menu makan siang sederhana yang sehat adalah dengan menggorengnya. Sebelum digoreng, potong tahu menjadi beberapa potongan kecil dan iris tempe menjadi lebih tipis. Kemudian rendam di dalam air garam atau bumbu penyedap rasa selama 20 menit. Setelah itu, goreng hingga kering. Sajikan dengan nasi hangat dan sambal terasi agar lebih nikmat. Jangan lupa juga sediakan timun segar untuk lalapannya, ya!

Ikan tim yang gurih dan menyehatkan

carolinescooking.com

Tidak baik kalau kamu menyantap daging dan gorengan terus menerus karena kolesterol bisa meningkat dan memancing aneka penyakit. Sesekali cobalah menyantap ikan untuk menu makan siang. Daripada menggorengnya, buat saja ikan tim sebagai menu makan siang sehat. Ikan yang paling cocok untuk menu makan siang ini adalah ikan kakap.

Lumuri ikan kakap yang sudah dibersihkan dengan kecap asin, minyak wijen, garam, lada, irisan daun bawang dan jahe. Letakkan di dalam kukusan dan masak selama 20 menit. Sambil menunggu ikan tim matang, kamu juga bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Tumis buncis wortel, warnanya menggugah selera

resepdanmasakan.com

Tumis buncis dan wortel sangat praktis untuk dibuat sebagai menu makan siang. Kedua sayuran ini selalu tersedia di pasar tradisional, bahkan tukang sayur yang berjualan di keliling komplek rumah. Cara membuat menu makan siang sehat ini juga sangat mudah.

Untuk menyiapkan buncis, buang bagian ujung buncis, lalu iris dengan halus. Sedangkan untuk wortel, kupas dan serut bagian kulit wortel dengan alat pengupas. Kemudian, iris wortel dengan bentuk memanjang. Gunakanlah pisau atau alat pemotong untuk mengirisnya. Buncis dan wortel biasanya ditumis dengan bawang putih dan cabai. Kamu juga bisa menambahkan telur dan udang ke dalamnya. Perpaduan warna hijau dan oranye yang menarik membuat siapa pun yang melihatnya ingin langsung menyantap menu makan siang sehat ini.

Udang goreng tepung untuk menu makan siang praktis

thespruceeats.com

Ingin menikmati makan siang yang gurih dan praktis? Coba deh buat udang goreng tepung untuk menu makan siang kamu dan keluarga. Bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana, yaitu hanya udang segar dan tepung goreng instan. Selain rasanya gurih, teksturnya pun renyah. Menu makan siang udang goreng tepung ini akan semakin nikmat dengan tambahan mayones atau saus sambal.

Tumis kangkung yang menyehatkan

topkoky.com

Tahukah kamu apa saja manfaat kangkung bagi kesehatan? Kangkung bisa menurunkan kolestrol, mengatasi anemia, serta mencegah diabetes. Untuk membuat menu makan siang sehat yang sederhana dan praktis, tumislah kangkung menggunakan minyak zaitun, bawang putih, dan saus tiram. Aroma dan rasanya yang nikmat akan membuat kamu memakannya dengan lahap. Jangan lupa untuk menyantapnya dengan nasi hangat, ya!

Nah, dari daftar menu makan siang di atas, mana yang akan kamu coba masak duluan, nih? Supaya lebih praktis lagi, jangan lupa gunakan alat masak yang praktis, ya!

Sedang mencari furnitur dengan model kekinian untuk ruang makanmu? Dekoruma solusinya! Dekoruma jual kursi makan, meja makan, dan kursi bar dengan aneka model dan ukuran. Selain menjual furnitur, Dekoruma juga menyediakan jasa pembuatan kitchen set untuk dapurmu, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!