Selain keindahan pintu rumah minimalis yang harus diperhatikan, proteksi pintu harus diutamakan untuk mencegah orang lain agar tidak dapat mengakses hunian kamu. Cara termudah, kamu bisa menggunakan kunci pintu sebagai perlindungan utama agar hunian hanya dapat diakses oleh pemiliknya saja.

Buat kamu yang bingung, Kania akan mengulas berbagai jenis kunci pintu yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan keamanan rumah sehingga membuatmu bisa tenang tanpa harus takut kebobolan maling. Lantas, apa saja sih jenis kunci pintu yang bisa kamu gunakan?

Kunci Pintu Handleset

Gambar: fsbna

Memiliki desain menarik sehingga cocok digunakan untuk menunjang tampilan eksterior rumah, kunci pintu yang satu ini dilengkapi pegangan pada sisi eksternal dan salah satu kenop putar pada sisi internal untuk menguncinya. Kunci pintu rumah yang satu ini biasanya turut dilengkapi fitur deadbolt sebagai keamanan ekstra.

Kunci Pintu Deadbolt

Gambar: odditymall

Berperan sebagai tambahan keamanan, kunci pintu rumah deadbolt ditempatkan secara terpisah dari gagang pintu dan biasanya diaplikasikan pada pintu utama rumah untuk mencegah maling atau orang-orang yang tidak berhak mengakses rumahmu. Kunci pintu deadbolt terdiri dari desain silinder tunggal dan ganda yang pemilihannya bisa disesuaikan menurut kebutuhan kamu.

Kunci Pintu Mortise

Gambar: doorhardwarecenter

Sementara itu, kunci pintu rumah Mortise hadir dengan tampilan menarik karena pelat bagian luar dan dalam pintu memiliki desain yang berbeda. Pada bagian luarnya, kunci pintu ini dilengkapi dengan anak kunci yang digunakan dengan cara menekan tuas yang berada di bagian atas gagang pintu, sedangkan bagian dalamnya tidak dilengkapi lubang kunci dan kamu cukup memutar kenop untuk mengunci pintu secara otomatis. Kunci pintu rumah mortise termasuk salah satu yang paling aman karena tidak bisa diakses dari luar sehingga ideal digunakan pada pintu utama hunian.

Kunci Pintu Knob

Gambar: Pinterest

Kunci pintu model kenop merupakan salah satu yang paling populer digunakan di Indonesia. Memiliki tampilan yang sederhana, kunci pintu rumah kenop memiliki cara kerja penguncian pada bagian dalam gagang pintu dengan kenop silinder atau tunggal yang bisa kamu pilih menurut kebutuhan ataupun menurut teknik penguncian yang kamu inginkan.

Kunci Pintu Hand Lever

Gambar: scrippsnetworks

Sama seperti kunci pintu model kenop, varian yang satu ini juga memiliki tampilan yang sederhana dengan tuas pegangan pada satu sisi dan tombol twist di sisi lainnya. Model kunci pintu rumah hand lever sangat cocok digunakan oleh kamu yang memerlukan keamanan ekstra namun dapat diakses secara praktis menggunakan satu tangan saja.

Kunci Pintu Gembok Cakram

Gambar: locksafeguard

Bagi kamu yang ingin memberikan tambahan proteksi pada pintu gudang atau ruang penyimpanan, kamu bisa memasang gembok cakram yang memiliki kinerja lebih tangguh dan sulit didobrak ketimbang jenis gembok lainnya. Kunci pintu berupa gembok cakram ini bisa kamu pasang pada bagian atas atau bagian bawah tuas pintu sebagai tambahan keamanan.

Kunci Pintu Elektronik

Gambar: pcmag

Untuk kamu yang menyukai kepraktisan namun ingin menciptakan hunian aman, kunci pintu elektronik sangat pas untuk digunakan. Kunci pintu elektronik dapat bekerja tanpa memerlukan anak kunci karena memanfaatkan sistem keypad ataupun kartu dengan metode penguncian otomatis. Jika kamu sering lupa, kamu bisa memilih kunci pintu kombinasi yang menggabungkan metode kunci biasa dan metode kartu, atau memilih kunci pintu elektronik dengan fitur yang lebih komplit seperti akses sidik jari, pemindai handphone ataupun kemampuan akses jarak jauh.

Tujuh jenis kunci di atas menawarkan tingkat keamanan yang berbeda namun dapat melindungi hunianmu agar tak bisa diakses oleh sembarang orang. Yuk, tingkatkan keamanan rumah dengan memilih kunci pintu yang tepat!

Temukan aneka furnitur dan dekorasi kekinian hanya di Dekoruma! Dekoruma jual jam dinding unik, karpet, sofa, meja makan, bahkan kursi teras pun ada. Modelnya sangat beragam dan harganya ramah di kantong.

Untuk kasur, Dekoruma jual kasur Dunlopillo, King Koil, dan Comforta, tiga merek kasur ternama di Indonesia yang punya kualitas material terbaik. Yuk, langsung cari dan temukan semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!