Apakah kamu memiliki kebiasaan tertentu saat tidur, seperti tidak bisa tidur jika tidak menggunakan bantal guling? Tenang saja, tak bisa tidur tanpa bantal guling bukan suatu hal yang aneh, malah bantal guling ternyata mampu memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan ketika kamu tidur, lho! Tidur dengan menggunakan bantal guling dapat membuat tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas.

Wah, pasti penasaran kan bagaimana bantal guling bisa memberimu lebih dari sekedar kenyamanan saja dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Kali ini Kania akan mengulas enam manfaat tidur menggunakan bantal guling. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Bantal guling mampu mendukung tubuhmu dengan baik

huffpost

Bantal guling yang berbahan material tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk seperti bahan polyester fiber bisa membantu menopang dan mendukung tubuhmu secara sempurna saat tidur. Begitu juga jika kamu menaruh bantal guling tersebut di belakang tubuhmu mengikuti arah tulang belakang. Jika kamu rajin menggunakan bantal guling dengan cara tersebut, kamu bisa terhindarkan dari rasa sakit pada punggung ketika bangun tidur. Tidur menggunakan bantal guling dapat mencegah terjadinya cedera pada tulang akibat posisi tidur yang tidak nyaman.

2. Bantal guling menjadi media untuk melepas beban pikiran

healthmedic

Penelitian menunjukkan bahwa memeluk sesuatu dengan meringkuk bisa memberikan efek psikologis yang baik bagi tubuh dan pikiran. Secara tidak disadari, memeluk bantal guling saat tidur bisa membuat tubuh dan pikiranmu lebih rileks sehingga dapat membantu mengurangi stres dan melepaskan tekanan atau beban pikiran yang kamu dapatkan dari aktivitas sehari-hari.

3. Tidur memeluk bantal guling mampu memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik

orthopedic case

Selain menggunakan kasur yang tepat, menggunakan bantal guling juga membantu memperbaiki postur tubuh, lho. Saat tidur dengan memeluk bantal guling, tulang belakang akan melurus sehingga bisa membentuk postur tubuh menjadi lebih baik. Tulang punggung lama kelamaan akan lebih lurus dan kamu akan tampak lebih tegap.

4. Memeluk bantal guling bisa meredakan rasa tegang pada otot

sotskiy.am

Menggunakan bantal guling secara tidak langsung memberikan terapi peregangan otot saat kamu sedang beristirahat, terutama bagi kamu yang baru saja selesai beraktivitas seharian penuh. Untuk meredakan rasa tegang pada otot-ototmu secara maksimal, kamu bisa menggunakan body pillow, yaitu bantal guling berukuran panjang yang sekaligus menjadi bantal kepala. Bantal guling yang ditempatkan di bawah lehermu bisa membantu meringankan ketegangan pada otot leher. Bantal guling ini juga bisa bermanfaat untuk ibu hamil dengan mengurangi ketegangan otot di seluruh tubuh.

5. Memeluk bantal guling melancarkan sirkulasi darah

limeandlife.com

Memeluk bantal guling juga memiliki manfaat sebagai pelancar peredaran darah. Tanpa disadari saat kamu memeluk bantal guling, otomatis betis atau kakimu akan terangkat. Hal ini membuat aliran darah di betis dan kakimu mengalir dengan baik sampai ke jantung sehingga membuat sirkulasi darah di tubuhmu bisa mengalir dengan lancar dan baik.

6. Memeluk bantal guling mampu meningkatkan kualitas tidur

hubspot.net

Apakah kamu merasa kualitas tidurmu berkurang dan ingin memperbaiki kualitas tidur jadi lebih baik? Bantal guling bisa jadi solusinya. Ketika kamu tidur menggunakan bantal guling dengan posisi yang sesuai dengan postur tubuh, maka posisi ini akan membuat seluruh tubuhmu menjadi lebih santai dan rileks. Hal ini akan membuatmu tertidur pulas dan nyenyak sehingga tidurmu jadi lebih berkualitas.

Jadi, sudah tahu kan kalau bantal guling bukan hanya memberikan manfaat estetika bagi kamar tidurmu saja, tetapi juga manfaat kesehatan yang baik?

Kesulitan mencari perlengkapan kamar tidur yang berkualitas? Tenang, kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma. Dekoruma jual selimut, bantal, guling, bahkan lampu tidur juga tersedia dalam beragam model.

Tak hanya itu, aneka jenis furnitur untuk ruangan lain di rumahmu juga ada di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kursi anak, lemari dapur, meja makan, sofa, dan masih banyak lagi. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!