Pagar diperlukan untuk meningkatkan keamanan sebuah rumah, baik itu harta atau pun penghuninya. Oleh karena itu, pagar harus dibuat menggunakan material yang berkualitas. Material yang paling umum digunakan adalah besi dan kayu. Namun, bagaimana dengan pagar stainless?

Pagar stainless mungkin masih asing di telingamu. Pasalnya material stainless lebih umum untuk peralatan dan perabot rumah tangga. Lalu, apakah pagar stainless tergolong berkualitas dan cocok untuk rumah? Baca pembahasan dari Kania di bawah ini, yuk!

Pagar stainless tidak berubah bentuk

doorbydesign.com

Pagar dari kayu bisa mengalami perubahan bentuk tergantung pada suhu udara di sekitarnya. Saat menyusut atau memuai, seringkali pagar yang terbuat dari kayu menjadi susah dibuka-tutup. Sedangkan pagar stainless tidak akan berubah bentuk. Pada cuaca panas atau dingin, hingga dalam hitungan tahun, bentuk aslinya akan tetap terjaga. Pagar stainless pun jadi lebih mudah untuk dibuka-tutup. Selain itu, detail desainnya pun tetap menawan.

Pagar stainless tidak mudah berkarat

everlast.com.sg

Posisi pagar yang berada di luar rumah jelas terkena sinar matahari, hujan, serta polusi udara. Hal tersebut membuat pagar yang terbuat dari logam mudah berkarat. Berbeda dengan besi yang harus diberi cairan penghilang karat, pagar stainless ini tidak memerlukannya. Kekuatannya terhadap karat jauh lebih tinggi dibandingkan besi. Dilihat dari perawatannya, kamu bisa berhemat. Tidak perlu membeli anti karat dan mengganti pagar dalam waktu dekat.

Tampilan pagar stainless tergolong mewah

amcsteel.com.my

Permukaan pagar stainless memiliki kilau yang khas dan warna bagai perak. Pagar stainless sudah bagus tanpa perlu dilapisi cat lagi. Material stainless juga mudah dibentuk menjadi beragam desain . Mau didesain dengan garis horizontal atau pun pola oval, semuanya bisa disesuaikan dengan selera kamu. Kamu juga bisa mengubah material stainless ini menjadi pagar minimalis, lho!

Keunggulan material stainless ini menjadikannya terlihat mewah. Bagi pemilik hunian yang bergaya mewah, cocok banget nih untuk menggunakan pagar bermaterial stainless. Rumah bergaya minimalis dan modern juga bisa menggunakannya. Sesuaikan saja desainnya! Kalau mau tampil unik, padukan saja material stainless dengan kayu.

Harga pagar stainless mahal, tapi tidak boros

archiexpo.com

Harga pagar stainless memang tergolong agak mahal dibandingkan material pagar lainnya. Tapi kalau dihitung-hitung, kamu tidak boros, lho! Kok bisa? Pasalnya harga mahal pagar stainless steel sebanding dengan kualitasnya. Dalam jangka panjang, kamu tidak perlu mengganti pagar stainless, karena bahan dasarnya yang tergolong awet.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan material pagar lain yang harganya lebih murah, tapi dalam waktu singkat harus mengganti pagar tersebut karena rusak, kamu malah jadi lebih boros. Tidak hanya biaya saja yang harus dikeluarkan untuk mengganti pagar baru atau mengupahi tenaga kerja untuk menggantinya, tapi kamu juga menguras waktu dan energi untuk memilih pagar baru.

Perawatan pagar stainless tergolong mudah

pipewrenchplumbing.com

Pagar stainless memang anti karat dan tahan terhadap cuaca apa pun, tapi bukan berarti pagar stainless tidak membutuhkan perawatan. Kamu tak perlu khawatir karena caranya sangat mudah.

Rajinlah membersihkan noda yang menempel pada permukaannya sebelum berubah menjadi kerak. Noda tersebut umumnya berupa debu, minyak, atau kotoran burung. Kamu cukup menggunakan kain lap dan air sabun saja. Setelah menyekanya, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap. Pastikan untuk mengeringkannya dengan sempurna supaya tidak ada tanda bekas air. Untuk noda membandel, gunakan pasta gigi dan sikat menggunakan spons.

Apabila pagar stainless mulai terlihat kusam, kembalikan kilaunya dengan campuran air dan cuka putih.  Pada dasarnya, cuka putih juga dipercaya menjadi penghilang karat alami sehingga cuka akan bekerja maksimal untuk mencerahkan pagar kembali. Cukup digosokkan saja ke seluruh permukaan stainless. Terakhir, jauhkan tanaman dari pagar stainless, karena sisa-sisa tanah dan getah dari tanaman bisa memperpendek usia pemakaian stainless.

Nah, kesimpulannya pagar stainless ini cocok untuk mengamankan rumah. Baik dari sisi estetika yang mampu membuat tampilan rumah lebih mewah, hingga perawatannya yang mudah, bahkan untuk orang yang sibuk. Jika kamu masih ragu menggunakan pagar stainless, silahkan pertimbangkan kembali pembahasan di atas.

Jangan lupa perhatikan juga bagian interior rumahmu, ya! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan berbagai produk furnitur untuk melengkapi dan menghidupkan suasana rumah impianmu. Dekoruma jual meja tv, sofa, lemari, kursi malas, dan meja makan. Buat kamu yang baru saja memiliki sang buah hati, Dekoruma jual tempat tidur bayi dan lemari anak untuk kebutuhannya.

Selain furnitur, ada juga aneka peralatan memasak yang super lengkap. Mulai dari panci, wajan, spatula, pressure cooker, talenan, cetakan kue, hingga centong, semuanya ada. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!