Opsi material untuk membangun hunian semakin beragam, seperti spandek, tanah liat, dan lainnya. Adapun satu material yang sangat disukai oleh masyarakat adalah seng galvalum karena terkenal dengan kekuatannya terhadap korosi dan karat.

Buat kamu yang tertarik menggunakan seng galvalum, Kania akan membahas serba-serbi terkait material ini sehingga pengaplikasiannya bisa dilakukan secara tepat. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak artikel di bawah ini!

Pengertian Seng Galvalum

Gambar: alliedhomeimprovements

Kerap disebut sebagai seng baja ringan, seng galvalum diproduksi menggunakan berbagai macam bahan seperti aluminium, silikon, zincalume dan zinc. Alhasil, seng galvalum memiliki bobot yang sangat ringan untuk memudahkan proses instalasi serta memiliki banyak kelebihan ketimbang jenis material lain karena dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Pengaplikasian Seng Galvalum

Gambar: Flickr

Seng galvalum digunakan pada berbagai elemen bangunan di luar ruangan karena dinilai lebih awet ketimbang kayu, di mana pelapukan lebih mudah terjadi. Pada umumnya, seng galvalum diaplikasikan sebagai material pelapis pada permukaan kubah masjid, struktur dinding, atap, pagar hingga rangka kanopi.

Seng Galvalum Awet dan Tahan Lama

Gambar: steel.com

Seperti disebutkan di atas, kandungan bahan pada seng galvalum membuat material ini tahan terhadap korosi dan karat. Tentu saja, hal ini membuatmu bisa melakukan penghematan karena penggunaan seng galvalum bisa tahan lama meskipun hunianmu berlokasi di daerah lembap atau daerah dengan curah hujan yang tinggi. Kamu pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli pembersih karat besi.

Selain itu, seng galvalum juga lebih tahan terhadap rayap dan perubahan cuaca. Dengan demikian, penggunannya untuk konstruksi bangunan tergolong awet.

Seng Galvalum Dapat Diwarnai Secara Mudah

Gambar: hrsroofing

Dari segi estetika, tampilan seng galvalum mungkin kurang menarik bagi sebagian orang. Namun, kamu tetap bisa memaksimalkan penampilan dari seng galvalum melalui proses pengecatan dengan warna yang kamu suka. Menariknya, seng galvalum memiliki daya rekat yang sangat kuat sehingga dapat dilapisi dengan berbagai jenis cat sehingga menghasilkan tampilan menarik. Bahkan, cat yang kamu aplikasikan pada seng galvalum juga tidak mudah terkelupas meskipun terekspos sinar matahari secara terus-menerus.

Seng Galvalum Tahan Terhadap Perubahan Suhu

Gambar: archipro

Kelebihan lain dari seng galvalum adalah daya tahan terhadap panas hingga 300 derajat celcius sehingga mampu meredam penyebaran api saat terjadi kebakaran. Bahkan, seng galvalum juga dapat bertahan pada suhu rendah sehingga membuat hunianmu bebas bocor saat diaplikasikan sebagai atap.

Seng Galvalum Berbobot Ringan

Gambar: allcovershome

Jika dibandingkan dengan kayu ataupun material besi lainnya, seng galvalum memiliki bobot yang jauh lebih ringan sehingga dapat mempercepat proses pemasangan serta meningkatkan keselamatan kerja saat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Bahkan, saat ini terdapat banyak pabrikan yang membuat aneka ukuran rangka ataupun atap sehingga dapat mempercepat proses instalasi.

Dibanderol Murah untuk Menghemat Pengeluaran

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh seng galvalum adalah harganya yang jauh lebih murah ketimbang material kayu, besi ataupun baja berat. Alhasil, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk pembangunan rumah dan mengalokasikan dana untuk keperluan lainnya.

Pasang Seng Galvalum Oleh Ahli Khusus

Gambar: architecturemedia

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, terdapat satu kekurangan dari seng galvalum yang harus kamu perhatikan. Mengingat karakter dari seng galvalum yang cenderung kaku dan tidak fleksibel, diperlukan ketelitian dalam pemasangan sehingga sebaiknya kamu melibatkan ahli khusus agar pemasangannya rapi dan presisi.

Melalui serba-serbi dari seng galvalum di atas, diharapkan kamu bisa memilih material terbaik yang akan digunakan dalam proses pembangunan rumah. Lantas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan seng galvalum?

Kamu sedang mencari dekorasi baru untuk rumahmu? Dekoruma jual hiasan dinding dan jam dinding unik dengan desain yang unik.

Selain dekorasi, ada juga aneka jenis kasur untuk kebutuhan tidurmu. Pilihan mereknya pun sangat beragam, Dekoruma jual kasur King Koil, kasur The Luxe, kasur Dunlopillo, dan kasur Serta. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!