Konsumsi obat-obatan modern tergolong lebih ampuh dan praktis. Namun, konsumsi dalam jangka panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Nah, kamu bisa dibilang beruntung tinggal di Indonesia, pasalnya di tanah air ini ada banyak jenis tanaman obat yang terkenal ampuh sejak dulu.

Tanaman obat mudah ditemukan di sekitar lingkungan. Konsumsi jangka panjang pun tidak akan menimbulkan efek samping. Jadi, tidak ada salahnya kan kalau kita kembali mengandalkan sejumlah jenis tanaman obat.

Mau tahu jenis tanaman obat yang paling bermanfaat meredakan sakit? Simak daftarnya, yuk!

6 Jenis Tanaman Obat Paling Manjur Redakan Sakit:

1. Jahe yang disukai banyak orang

pixabay.com

Jahe adalah jenis tanaman obat yang disukai banyak orang karena rasanya nikmat dan menghangatkan. Jenis tanaman obat ini memiliki rasa yang pedas dan hangat. Jahe paling bermanfaat untuk meredakan masuk angin dan perut kembung. Hangatnya jahe juga ampuh untuk melegakan tenggorokan orang batuk.

Cara memanfaatkan jahe sebagai obat sangat mudah. Cukup direbus dengan air dan tambahkan gula. Selain dijadikan obat, jahe juga dapat diolah menjadi bumbu masak dan aneka hidangan.

2. Kumis kucing si jenis tanaman obat yang tumbuh liar

doktersehat.com

Menemukan jenis tanaman obat ini sangat mudah. Pasalnya, bentuk tanaman ini mirip dengan kumis kucing sungguhan. Jenis tanaman obat ini terkenal bermanfaat redakan sakit kencing batu, ginjal, dan asam urat.

Kandungan yang ada di dalamnya adalah garam kalium, flavonoid, orthosiphon, dan rosmarinic acid. Dengan minum air rebusan kumis kucing secara rutin, racun dalam tubuh akan dikeluarkan lewat air seni.

3. Daun sirsak yang tengah populer

wolipop.com

Pada zaman dulu, daun sirsak dikenal ampuh untuk mengatasi asam urat. Namun belakangan ini, daun sirsak tengah populer sebagai obat kanker. Menurut penelitian, jenis tanaman obat ini mengandung annocatalin, asam linoleat, vitamin A, vitamin C, dan acetogenin.

Cara mengolahnya adalah dengan memilih daun sirsak yang sudah tua, kemudian potong-potong dan rebus. Setelah itu, rutinlah meminum air rebusan tersebut. Jenis tanaman obat ini bisa ditanam di halaman rumah. Kamu pun lebih mudah mendapatkannya. Ketika berbuah, bisa dinikmati juga buahnya.

4. Lidah buaya yang kaya manfaat

pixabay.com

Jenis tanaman obat lidah buaya sudah terkenal di kalangan wanita. Tanaman ini terkenal ampuh untuk menyejukkan kulit yang terbakar dan mengurangi noda bekas luka. Lidah buaya juga sering dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut.

Untuk urusan penyakit dalam, jenis tanaman obat ini bermanfaat mengatasi panas dalam, batuk, menurunkan kadar gula, meningkatkan imun, antiinflamasi, dan antibakteri. Bagian tanaman yang dimanfaatkan adalah dagingnya. Kamu bisa merebusnya hingga kenyal, kemudian memakannya.

5. Daun cincau ternyata banyak manfaatnya

khasiat.co.id

Hidangan cincau yang biasa disajikan dengan gula dan es bukanlah hal yang asing di Indonesia. Banyak orang menikmatinya di saat cuaca begitu panas. Tapi apakah kamu tahu kalau daun cincau tersebut memiliki banyak manfaat?

Daun dari jenis tanaman obat ini mengandung magnesium, kalsium, dan fosfor. Penyakit yang bisa diredakannya adalah asam lambung, diabetes mellitus, hipertensi, tumor, diare, tipes, dan keracunan seafood. Konsumsi secara rutin bisa mencegah tulang terserang osteoporosis.

6. Kunyit, jenis tanaman obat merangkap bumbu dapur

pixabay.com

Kunyit adalah salah satu jenis tanaman obat sekaligus bumbu dapur untuk makanan populer seperti nasi kuning dan gulai kepala ikan. Kunyit sebagai jenis tanaman obat terkenal bermanfaat untuk meredakan penyakit lambung, nyeri haid, dan asam urat. Untuk merasakan manfaatnya, kamu perlu mengupas kunyit kemudian menghaluskannya. Campurkan dengan air, lalu peras. Air kunyit bisa dinikmati dengan tambahan asam, gula, dan jahe.

7. Daun Jarak

google.com

Daun jarak terkenal akan khasiatnya yang beragam untuk kesehatan, mulai dari melancarkan buang air besar hingga menurunkan demam pada si kecil. Untuk digunakan sebagai obat, biasanya daun jarak direbus dulu. Lalu, airnya digunakan sebagai obat, baik diminum atau sebagai obat luar saja.

Apakah kamu pernah menjajal salah satu jenis tanaman obat dan merasakan manfaatnya? Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuanmu, ya!

Temukan aneka furnitur multifungsi di Dekoruma! Dekoruma jual kabinet, meja belajar, sofa, dan kursi makan dengan aneka model. Selain itu, tersedia juga aneka peralatan makan dan masak. Dekoruma jual gelas, piring, panci, dan peralatan lain. Yuk, langsung kunjungi Dekoruma untuk cari barang kebutuhanmu!