Kesehatan adalah harta paling berharga, setuju kan? Dalam menjaga kesehatan, banyak cara yang bisa dilakukan tetapi yang terpenting adalah soal pencegahan. Sebelum jatuh sakit, ada baiknya kita tetap menjaga kondisi kesehatan dan menjalani hidup yang berkualitas.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi tanaman obat tradisional. Apa saja tanaman obat tradisional yang bisa ditanam dan digunakan untuk menjaga kesehatan? Yuk intip enam tanaman obat tradisional pilihan Kania berikut ini!

6 Tanaman Obat Tradisional untuk Perbaiki Kualitas Hidup

1. Jahe

thejakartapost.com

Dikenal sebagai tumbuhan yang ampuh untuk menghangatkan dan membuang angin dalam tubuh, tanaman obat tradisional ini juga dikenal seluruh dunia sebagai salah satu ramuan terbaik untuk kesehatan. Selain sering digunakan sebagai bumbu masakan, ada banyak manfaat jahe untuk kesehatan manusia.

Jahe adalah salah satu jenis tanaman obat tradisional yang bersifat diaphoretic, artinya bisa memicu keluarnya keringat dan proses detoksifikasi. Kandungan gingerol juga dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar dan pembentukan tumor. Mengkonsumsi jahe panas juga bisa membuat rasa kenyang, sehingga berat badan bisa terjaga dan dapat meningkatkan kualitas hidup jadi semakin baik.

2. Temulawak

honestdocs.id

Tanaman obat tradisional temulawak identik dengan warna kuning muda yang khas. Senyawa kimia dalam temulawak diantaranya adalah kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral. Dari segi manfaat kesehatan, temulawak sudah terbukti secara ilmiah dapat melindungi pencernaan dan menjadi salah satu obat kanker yang mujarab.

Terlebih lagi, tanaman obat tradisional ini juga bisa melindungi hati dari hepatotoksin, yaitu bahan kimia yang menyebabkan efek buruk pada hati. Temulawak memiliki khasiat baik sebagai obat anti radang, anti bakteri, anti jamur, obat jerawat, hingga obat diuretik yang dapat mencegah penyakit pada hati, jantung, dan ginjal. Tanaman obat tradisional temulawak juga bisa kamu tanam sendiri di teras rumah.

3. Kumis Kucing

colourbox.com

Untuk keluhan asam urat, saluran kemih, hingga batuk, coba dulu tanaman obat tradisional dari tumbuhan kumis kucing. Banyak yang sering merebus daun Kumis Kucing dan diminum secara rutin untuk meredakan rasa sakit infeksi saluran kemih, mengobati gangguan ginjal, rematik, batuk, hingga gusi bengkak. Pasalnya, tanaman obat tradisional ini mengandung kadar kalium, glikosida dan orthosiponon yang cukup tinggi. Alhasil, khasiatnya juga akan sangat terasa jika diminum secara rutin.

4. Daun Sirih

sipendik.com

Tanaman obat tradisional ini paling identik dengan masalah kewanitaan karena memang mengandung bahan antiseptik alami di dalamnya. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan agar menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan daerah kewanitaan.

Namun, ternyata tanaman obat tradisional ini juga punya segudang manfaat lain, lho! Diantaranya adalah membantu menurunkan gula darah, tekanan darah, dan kolesterol karena daun sirih ini mengandung zat antioksidan di dalamnya. Daun sirih juga bisa mencegah gigi berlubang dengan kandungan air yang tinggi sehingga dapat memicu produksi air liur dan melawan asam.

5. Mengkudu

ulyadays.com

Punya tanaman obat tradisional mengkudu di pekarangan rumah? Kamu bisa langsung mengolah mengkudu untuk dikonsumsi sebagai obat radang tenggorokan, radang kulit, obat luka bakar, hingga mengobati sakit pada gigi. Tanaman obat tradisional hijau kecil ini mengandung zat iridoid, bioaktif, asam, serat, hingga nutrisi lain yang menjadikannya bahan favorit untuk obat- obatan herbal. Dengan mengkonsumsi olahan tanaman obat tradisional ini secara rutin, niscaya kesehatan dan kualitas hidup akan meningkat.

6. Daun Katuk

msn.com

Bukan cuma untuk memperlancar ASI, tanaman obat tradisional ini juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan vitalitas seseorang. Kandungan kalsium pada daun katuk juga baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang sehingga masalah osteoporosis juga bisa dihindarkan. Ditambah lagi daun katuk mengandung zat antioksidan dan anti inflamasi yang tinggi sehingga bisa kamu gunakan setiap hari dengan berbagai cara untuk manfaat kesehatan yang tak terhingga.

7. Daun Jarak

wiktionary.org

Daun jarak pagar dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit yang paling umum dirasakan manusia. Beberapa di antaranya adalah mengatasi sariawan, kesulitan buang air besar, menghilangkan kurap, hingga mengobati rematik. Dengan mengonsumsi daun jarak secara rutin, manfaat daun jarak akan terasa.

Keenam tanaman obat tradisional pada pembahasan di atas sangat disarankan bagi kamu yang ingin meningkatkan kesehatan jadi lebih baik. Pastikan kamu selalu mencegah penyakit dengan rutin mengkonsumsi tanaman obat tradisional, ya!

Temukan beragam dekorasi dan furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual tirai, lampu hias, sofa, meja makan, bahkan rak sepatu pun ada. Modelnya sangat bervariasi dan harganya ramah di kantong.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual spring bed The Luxe, King Koil, dan Lady Americana. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!