Bantal tidur yang kita gunakan sehari-hari memiliki fungsi untuk membuat tidur lebih nyenyak dan menunjang kepala. Namun sayangnya kebanyakan orang sering mengabaikan kebersihan bantal dan memilih untuk rutin mengganti sprei dan mengganti sarung bantal guling saja.

Coba perhatikan, berapa lama sekali kamu mencuci bantal ranjang atau sofa? Padahal seperti makanan atau alat makeup, bantal juga memiliki masa kadaluwarsa. Tapi sayangnya, masih banyak yang lalai akan hal ini.

Padahal, bantal kotor yang kamu gunakan sehari-hari juga merupakan sarang bagi bakteri, hingga hewan kecil lainnya, seperti kutu rambut. Jadi, meski sarung bantalnya sering diganti, pastikan kebersihan bagian dalam bantal juga harus diperhatikan untuk menghindari kutu rambut, ya!

Oleh karena itu, Kania kali ini akan mengulas tentang bahaya bantal kotor sebagai tempat berkembang biaknya kutu rambut dan telurnya, serta bagaimana merawat bantal tidur. Yuk, simak di bawah ini!

Bahaya kutu rambut pada bantal kotor

the spruce

Mungkin kutu rambut terlihat kecil dan tidak berbahaya, namun hewan parasit yang satu ini mampu mengisap darah dari kulit kepala dan bersarang di kepalamu. Tiap betina bahkan bisa melahirkan 100 telur.

Bila dibiarkan, bahaya kutu rambut tak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar. Air liur yang dikeluarkan kutu rambut saat menggigit kulit kepala bisa memunculkan iritasi dan rasa gatal teramat pada rambut. Air liur kutu rambut ini juga bisa membuat kita menggaruk kulit kepala yang pada akhirnya membuat kepala menjadi iritasi dan infeksi.

Kutu rambut menyebabkan kualitas tidur berkurang

magneto-media

Bantal kotor juga bisa menjadi sarang dan tempat tumbuhnya kutu rambut apalagi di malam hari. Kutu rambut dikenal sebagai hewan yang aktif bergerak di suasana yang gelap atau pada malam hari, sehingga saat penderita tidur dan mematikan lampu, kutu rambut akan beraktivitas dan bergerak di kepala penderita. Ini akan membuat penderita terus-terusan menggaruk kepala karena kutu rambut sehingga membuat kualitas tidurnya berkurang pula.

Kutu rambut menjadi penyebab berkurangnya rasa percaya diri

bad hair day-movie

Jika kamu malas mengganti atau mencuci bantal kotor, kutu rambut bisa makin bertumbuh subur dan hinggap di kepalamu setiap kamu tidur. Jika kutu rambut sudah tumbuh dan bertambah banyak, penderita kutu rambut juga akan mengalami pengurangan rasa percaya diri. Kepercayaan diri orang yang terkena kutu rambut sangat mungkin bisa menurun karena menderita kondisi tersebut. Ditambah lagi jika mendapat ejekan dari teman-temannya atau minder karena dianggap kurang telaten menjaga kebersihan diri. Pasti rasanya seperti mimpi buruk, ya?

Kutu rambut mudah menular pada orang lain lewat bantal kotor

westinstore

Kutu rambut bisa menyebar dari orang satu ke orang lainnya. Parasit ini bisa menyebar melalui benda yang biasa digunakan bersama, salah satunya adalah bantal tidur. Oleh karena itu, periksa dahulu bantal sebelum tidur ada kutu rambut atau tidak, apalagi jika kamu berada tempat orang lain atau di hotel misalnya.

Cara alami menghilangkan kutu rambut dengan minyak esensial

pinterest

Kamu bisa mengggunakan minyak esensial untuk mengusir dan membunuh kutu rambut di kulit kepala karena bantal kotor. Adapun jenis minyak esensial yang dapat kamu gunakan seperti minyak lavender, minyak eucalyptus, minyak kenanga, atau minyak cengkeh yang juga sering dimanfaatkan sebagai cara alami mengusir lalat.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak esensial pun tidak susah. Pertama-tama, kamu perlu keramas menggunakan shampoo terlebih dahulu. Kemudian, oleskan minyak esensial pada sisir dan ratakan pada rambut.

Kapan waktu mengganti bantal tidur untuk menghindari kutu rambut

pinterest

Idealnya, sama halnya dengan sprei atau sarung bantal, bantal juga harus rutin diganti atau dicuci agar terhindar dari tumbuhnya bakteri dan juga kutu rambut, terutama di iklim tropis seperti Indonesia.

tomorrowsleeep

Bantal yang terbuat dari bahan sintetis dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Jangan lupa pastikan jika bantal tidur dibilas sampai bersih agar tidak ada detergen yang tersisa. Namun, untuk bantal yang terbuat dari bulu, kamu bisa mencucinya di laundry dan minta di-dry clean. Untuk penderita kutu rambut atau yang pernah mengalami, sebaiknya lebih sering mencuci bantal setidaknya setahun tiga kali.

Nah, setelah membaca ulasan Kania di atas, makin bikin kita rajin-rajin bersihin bantal, kan? Yuk, mulai waspada terhadap kutu rambut dari sekarang!

Temukan beragam dekorasi dan furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual kursi kantor, meja makan, lampu dinding, lukisan, dan masih banyak lagi. Selain modelnya sangat beragam, harganya pun ramah di kantong.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual King Koil, Lady Americana, dan The Luxe. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!