Sudah pernah dengar tumbuhan akar wangi? Dari namanya yang menimbulkan kesan positif saja kalian bisa menebak kalau tanaman ini pasti bukan tanaman sembarangan. Apa itu akar wangi? Mengapa budidaya tanaman ini kian berkembang? Dan apa pula manfaat yang bisa kalian dapatkan dari tumbuhan hijau ini? Yuk, simak langsung fakta seputar akar wangi yang wajib kalian ketahui!

Apa itu akar wangi?

Tanaman akar wangi punya beberapa nama julukan lain yang mungkin lebih akrab di telinga kalian, di antaranya adalah narwastu, serai atau sereh wangi, dan vetiver. Nama ilmiah akar wangi adalah Chrysopogon zizanioides dari famili Poacease yang masih satu rumpun dengan serai atau padi.

123rf.com

Asal akar wangi adalah dari negara India, namun tumbuhan ini juga banyak dibudidayakan di negara tropis termasuk Indonesia. Tanaman rerumputan ini bisa tumbuh subur di iklim panas, mencapai 1 sampai 3 meter tingginya. Karakteristik fisiknya sering ditandai dengan bentuk batang yang panjang dan daun tipis panjang yang kaku dan keras. Akar wangi juga bisa berbunga coklat keunguan dengan akar yang kokoh.

heritageoils.com.au

Nah, dari segi aroma, akar wangi adalah juaranya. Tanaman dengan banyak manfaat ini punya aroma semerbak yang hampir sama dengan serai dan citrus. Dengan nuansa alami a la tropis, tak heran jika akar wangi sering dijadikan bahan parfum, pengharum ruangan atau pewangi benda, dan juga skincare. 

6 manfaat mengejutkan minyak akar wangi

vaya.in

Akar wangi paling sering diolah menjadi bentuk minyak esensial untuk berbagai manfaat kesehatan. Berkat kandungan anti-radang, antiseptik, sedatif, tonik dan masih banyak lagi, intip dulu 6 manfaatnya berikut:

Mengatasi radang

Minyak akar wangi punya efek menenangkan yang ampuh untuk meredakan segala jenis radang. Terutama untuk keluhan di sirkulasi darah dan sistem saraf, sedikit minyak akar wangi bisa membuat tubuh terasa lebih nyaman. Jika ada masalah bengkak akibat kepanasan atau dehidrasi, cobain deh minyak akar wangi.

Menyamarkan luka

adulthoodrewired.com

Kandungan cicatrizant dalam akar wangi dipercaya bisa mempercepat hilangnya bekas luka ataupun noda lain di kulit. Akar wangi juga bisa mendorong produksi jaringan baru pada daerah yang terinfeksi, sehingga sel kulit mati cepat pulih dan tampil merata. Buat ibu hamil dengan masalah stretchmarks, coba gunakan minyak akar wangi sebagai solusinya.

Mencegah infeksi bakterial

Di negara asalnya India, akar wangi sering dijadikan obat favorit untuk mengatasi pertumbuhan bakteri akibat suhu panas. Masalah luka dan resiko sepsis bisa ditangani dengan menggunakan minyak akar wangi untuk mencegah berkembang biaknya bakteri Staphylococcus aereus. Jangan takut, minyak akar wangi aman kok untuk pemakaian eksternal pada luka.

Mencegah kerusakan syaraf

blog.drseeds.com

Kandungan tonic nervine pada minyak akar wangi mampu memelihara kesehatan syaraf, sekaligus menyembuhkan keluhan syaraf akibat shock, depresi atau stress. Ini artinya, minyak akar wangi punya khasiat untuk menyembuhkan trauma psikologis seperti kecemasan, epilepsi, histeria dan juga masalah syaraf seperti Parkinson atau tremor.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Minyak akar wangi sarat dengan antioksidan yang baik untuk memicu imunitas tubuh. Cara kerjanya adalah dengan mengenyahkan racun di dalam tubuh sembari memerangi zat radikal bebas. Cukup sedikit aromaterapi dengan minyak akar wangi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengatasi insomnia

yogabasics.com

Minyak akar wangi punya fungsi sedatif alias melumpuhkan kesadaran diri, namun tidak berbahaya. Gunakan minyak akar wangi untuk mengatasi iritasi kecemasan atau gangguan emosional lainnya yang menggangu kualitas tidur alias insomnia.

Luar biasa banget manfaat akar wangi, ya! Ingat, kamu hanya boleh menggunakan akar wangi sesuai dosis yang disarankan. Jika tidak yakin, coba konsultasi dulu dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum penggunaan. Selamat mencoba!

Sedang mencari furnitur untuk melengkapi hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma secara online! Dekoruma jual rak display, sofa, lemari pakaian, dan furnitur lainnya.

Tak hanya jual furnitur saja, Dekoruma juga menyediakan jasa desain rumah untukmu, lho! Dijamin desainnya efisien, space-saving, dan pastinya sesuai keinginan kamu. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!