Pasti sangat membosankan ketika kamu melihat ruangan di dalam rumahmu yang tidak memiliki pajangan atau ornamen-ornamen seperti hiasan. Hal ini akan membuatmu ingin menambahkan beberapa ornamen pada rumahmu agar tidak terkesan monoton. Beragam jenis ornamen rumah pun banyak beredar di pasaran untuk memperindah rumahmu.

Tak terkecuali bagi keluarga Islami. Kamu juga bisa menghadirkan nuansa yang religius dan khusyuk dengan menambahkan beberapa ornamen Islami di hunianmu. Banyak sekali macam dan bentuknya mulai dari seni kaligrafi hingga hiasan kayu berupa tulisan motivasi Islami.

pinterest.com

Sebelum membahas tentang ornamen Islami apa saja yang perlu kamu tambahkan di hunianmu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih dan menata ornamen Islami di rumah. Hal yang pertama, carilah ide terlebih dahulu agar nantinya bisa memudahkanmu dalam membuat konsep ornamen Islami di rumah. Setelah itu coba cari space atau ruang yang pas untuk menambahkan ornamen islami di dalam rumahmu, seperti pada dinding kosong. Setelah itu, pasang ornamen Islami dengan mengatur tata letak yang tepat agar lebih enak dipandang.

Nah, sekarang tak usah beralama-lama lagi. Kania sudah menyiapkan inspirasi lima ornamen Islami yang akan membuat rumahmu jadi semakin khusyuk. Yuk, intip ornamen Islami di bawah ini!

1. Ornamen Islami kaligrafi

pinterest.com

Ornamen Islami yang satu ini merupakan ornamen yang paling umum digunakan. Biasanya berupa seni menulis indah atau kaligrafi yang memiliki nilai estetika tersendiri, dalam hal ini adalah ornamen Islami berupa seni menulis huruf Arab.

Untuk ornamen Islami kaligrafi, kamu bisa menyesuaikannya dengan keinginanmu dan juga tema rumahmu. Misalnya, jika rumahmu adalah rumah minimalis, kamu bisa memilih ornamen Islami kaligrafi bergaya sederhana minimalis dengan warna-warna monokrom. Pada umumnya, ornamen Islami kaligrafi ini berupa lafaz Allah, nama Nabi Muhammad, hingga Asmaul Husna.

2. Ornamen Islami bertuliskan ayat Alquran atau doa Islami

shopify

Ornamen Islami yang satu ini juga banyak dipilih oleh keluarga Islam. Selain bisa menjadi hiasan di rumah, ornamen Islami ini juga dipercaya menjadi hiasan jiwa yang mengandung doa keselamatan bagi penghuni rumah sehingga suasana rumahmu menjadi semakin khusyuk. Sama halnya dengan memilih kaligrafi asma Allah, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan konsep rumah.

3. Ornamen Islami berupa tulisan penyemangat ibadah

pinterest.com

Ide ornamen Islami berupa tulisan penyemangat ibadah yang satu ini juga bisa kamu pasang di rumah. Tulisannya tidak harus berupa tulisan Arab, bisa juga dengan ornamen tulisan latin, seperti ornamen Islami bertuliskan pengingat salat, ornamen tentang ajakan membaca zikir, hingga ornamen Islami tentang selalu bersyukur yang akan memberikan semangat tersendiri bagi yang membacanya. Suasana rumahmu dijamin pasti jadi lebih khusyuk dan damai, deh!

4. Ornamen Islami geometris ala Timur Tengah

ytimage

Tak harus selalu berupa tulisan Islami, kamu juga bisa memasang ornamen Islami geometris ala Timur Tengah. Biasanya ornamen seperti ini memiliki motif yang khas seperti motif-motif geometris. Kamu juga bisa menambahkan ornamen Islami bermotif geomteris pada benda lain seperti pada vas bunga, set cangkir dan teko, hingga piring hiasan dinding. Ornamen Islami yang satu ini bisa kamu tempatkan di ruang tamu sehingga akan menambah estetika rumahmu.

5. Ornamen Islami tempat religius seperti Ka’bah

shopify

Ornamen Islami ini juga bisa menjadi pilihan tersendiri untuk rumahmu. Biasanya, ornamen Islami ini menggambarkan tempat religius terkenal bagi umat Muslim seperti Ka’bah atau Masjidil Haram. Bentuk dan jenis ornamen Islami ini pun beragam mulai dari lukisan, folded picture, karpet permadani, hingga hiasan dinding berbentuk Ka’bah. Ornamen Islami bergambar tempat-tempat religius sangat cocok untuk hiasan rumahmu. Selain estetik, rumahmu juga akan jadi semakin khusyuk.

Bagaimana? Sudah ada gambaran ornamen Islami apa yang akan kamu pasang di rumah? Selamat mendesain rumahmu dengan ornamen Islami!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk rumahmu? Daripada pergi ke toko fisik, kamu bisa membelinya secara online lewat Dekoruma, lho! Ada beragam furnitur dan dekorasi yang bisa kamu dapatkan, seperti lukisan, rak dinding, kursi lesehan, dan karpet.

Selain furnitur, ada juga aneka peralatan dapur untuk kamu yang suka memasak. Dekoruma jual KitchenAid, merek alat makan dan masak dengan kualitas top. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!