Manfaat Bunga Geranium untuk Kehidupan Sehari-hari

Bunga geranium memiliki bentuk yang amat cantik dengan ciri khas kelopak yang saling bertumpuk. Biasanya bunga geranium hadir dalam beragam warna, seperti putih, merah muda, dan ungu. Daunnya pun sangat unik dengan bentuk bulat yang hampir menyerupai bunganya. Tanaman geranium ini bisa tumbuh sekitar 20 cm hingga 40 cm jika ditanam di dalam pot tanaman. Sedangkan, yang tumbuh liar bisa mencapai ketinggian hingga empat meter.

Bunga geranium tidak hanya dimanfaatkan untuk mempercantik taman rumah, tapi juga bermanfaat untuk kebutuhan manusia sehari-hari, seperti mengusir nyamuk, bahkan juga untuk kesehatan dan kecantikan. Seperti apa pengaplikasiannya? Yuk, simak pembahasan dari Kania berikut ini!

Bunga geranium untuk mengusir nyamuk

pixabay.com

Beberapa jenis geranium memiliki aroma yang mirip dengan jeruk dan mawar. Sebagian lagi memiliki aroma yang kurang sedap. Akan tetapi, hampir semua aroma bunga ini tidak disukai oleh nyamuk. Cara kerja bunga geranium dalam mengusir nyamuk sama seperti tanaman pengusir nyamuk lainnya, yaitu dengan mengeluarkan aroma menyengat bagi nyamuk. Kamu hanya perlu meletakkan pot geranium di sudut ruangan, dekat jendela, atau dekat pintu masuk. Dengan demikian, nyamuk enggan memasuki rumahmu.

Geranium untuk mengatasi stress

pixabay.com

Minyak atau lilin aromaterapi sering digunakan untuk menciptakan suasana tenang yang bisa merelaksasi tubuh dan pikiran. Kamu bisa menuangkan minyaknya pada tungku aromaterapi atau menyalakan lilin aromaterapi. Biarkan aromanya menyebar ke seluruh ruang kamar tidurmu. Jika ingin lebih merasakan aromanya, coba oleskan di bagian belakang telingamu. Aroma geranium ini sangat baik untuk menenangkan pikiran sehingga stress dan depresi jadi berkurang. Pikiran yang rileks akan membuatmu tidur lebih pulas.

Geranium dalam bentuk teh juga ampuh mengurangi stress. Bagian yang digunakan untuk membuat teh adalah daunnya. Teh daun geranium terbukti mampu menyeimbangkan hormon yang memicu stress dan gelisah. Saat ini sudah banyak penjual teh daun geranium dalam keadaan kering. Kapan pun kamu membutuhkannya, tinggal seduh dengan air panas dan nikmati khasiatnya.

Teh daun geranium untuk mengobati penyakit

theessentialherbal.com

Tidak hanya stress, teh yang terbuat dari daun geranium juga terbukti ampuh untuk mengobati sejumlah penyakit. Di antaranya adalah sebagai obat anti radang, obat nyeri sendi dan otot, obat sakit kepala, serta menyembuhkan sakit akibat luka. Hal ini dikarenakan daun geranium mengandung analgesik. Menurut sebuah penelitian, khasiatnya akan bisa dirasakan tidak lama setelah meminumnya.

Selain itu, teh daun geranium juga baik untuk kesehatan ginjal. Kandungannya ampuh menstimulasi sistem urin, mengurangi kadar garam dan juga lemak. Pencernaan pun akan terjaga karena adanya kandungan antibakterial di dalam teh daun geranium yang mampu mengurangi jumlah bakteri jahat di dalam usus.

Menjaga kecantikan kulit wajah

holisticvanity.ca

Geranium mengandung zat astringent yang berfungsi untuk menginduksi produksi kolagen. Untuk mempermudah pengaplikasian pada bagian kulit wajah, geranium ini diolah menjadi minyak. Penggunaan minyak geranium secara rutin pada wajah mampu mengurangi keriput pada wajah dan kulit wajah menjadi lebih kencang. Minyak geranium juga berkhasiat untuk otot kulit, terutama pada bagian perut.

Selain itu, minyak ini juga ampuh untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Dengan begitu, kulit akan tampil lebih cantik dan mulus. Bila kamu memiliki bekas luka pada kulit, cara ini patut untuk dicoba. Begitu juga bagi kamu yang punya masalah dengan jerawat. Pasalnya, geranium memiliki sifat anti fungal sehingga jerawat akan lekas mereda.

Satu hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan minyak geranium, sebaiknya kamu mencobanya dengan takaran sedikit terlebih dahulu pada area kecil kulit, seperti tangan atau leher. Pasalnya beberapa orang justru mengalami alergi saat menggunakannya.

Mempercepat pembekuan darah

healthline.com

Saat kulitmu ada yang terluka dan mengeluarkan darah, oleskan saja minyak geranium. Geranium ini sifatnya hemostatik yang mampu mempercepat pembekuan darah sehingga dapat menghentikan atau memperlambat aliran darah yang keluar akibat luka. Sifat anti bakterialnya juga mampu mencegah infeksi pada area kulit yang terluka.

Secara umum, memanfaatkan geranium tidaklah sulit. Untuk mengusir nyamuk, cukup merawat tanaman bunga geranium dengan rutin menyiramnya. Teh daun geranium pun bisa kamu buat sendiri atau beli di pasaran. Begitu juga dengan minyak geranium yang dapat kamu temukan di pasaran. Selamat menikmati manfaat bunga geranium!

Kamu sedang mencari perabotan baru untuk hunianmu? Dekoruma jawabannya. Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka furnitur sesuai kebutuhan ruangan. Misalnya, untuk kamar tidur, Dekoruma jual kasur Airland, Guhdo, dan King Koil dengan harga yang kompetitif serta kualitas terbaik.

Nah, untuk kebutuhan makan dan minum kamu, Dekoruma jual cangkir, piring, sendok, garpu, dan gelas. Tunggu apa lagi? Yuk, segera temukan produk rumah tangga yang kamu cari di Dekoruma!