Ragam Keunggulan Atap Onduline

Menjadi elemen penting pada sebuah rumah, atap tak sekadar berfungsi untuk melindungi bangunan dari panas dan hujan, tapi juga mendukung keseluruhan desain eksterior yang ingin ditonjolkan. Oleh karena itu, memilih jenis atap perlu dilakukan dengan cermat.

Dari sekian banyak jenis atap yang ada, seperti atap alderon dan spandek, atap onduline merupakan salah satu yang sedang populer karena memiliki banyak sekali kelebihan. Oleh karena itu, Kania akan mengulas serba-serbi dari atap onduline selengkapnya yang bisa kamu lihat pada artikel di bawah ini. Simak sampai habis, ya!

Material Utama Atap Onduline

Onduline

Atap onduline diproduksi menggunakan bahan utama berupa serat selulosa yang diperoleh dari berbagai sumber seperti kertas daur ulang dan kayu pulp. Selain itu, terdapat pula material lain seperti resin, mineral aditif, dan aspal sehingga menjadikan atap onduline memiliki ketahanan yang prima.

Atap Onduline Sangat Awet dan Tahan Lama

Onduline

Adanya material serat selulosa pada atap onduline menjadikannya lebih awet dan tahan lama sebab bahan tersebut juga digunakan pada beton dan semen. Jika dipasang dengan benar, atap onduline memiliki ketahanan terhadap air sehingga dapat terbebas dari kerusakan seperti korosi.

Keawetan atap onduline ini dibuktikan oleh pemakaian selama 50 tahun di negara-negara Eropa dan tahan digunakan sekitar 30 tahun di perumahan yang berada di negara tropis, bahkan pada lingkungan bersuhu tinggi mencapai 70° C.

Atap Onduline Berbobot Super Ringan

Onduline

Dijual dalam bentuk lembaran, atap onduline memiliki bobot yang sangat ringan yakni sekitar tiga kilogram per meter persegi. Dengan demikian, atap onduline sangat fleksibel untuk dipasang pada berbagai jenis rangka termasuk kayu ataupun material baja ringan. Meskipun bobotnya ringan, atap onduline dapat menahan beban mencapai 960 kilogram per meter persegi. Akan tetapi, proses pemasangan atap ondluline harus dilakukan oleh ahlinya agar tidak rentan terjadi kerusakan.

Atap Onduline Anti Bising

Onduline

Jika dibandingkan dengan atap berbahan logam, atap onduline dapat menyerap air dengan baik sehingga meminimalisir suara bising yang ditimbulkan oleh hujan. Jika aktivitasmu tak ingin terganggu oleh suara ribut dari air hujan, maka atap onduline sangat pas digunakan sehingga kamu bisa melakukan kegiatan dengan tenang.

Atap Onduline Ramah Lingkungan

onduline

Sebagai generasi muda, tentu saja kamu harus lebih peduli dengan lingkungan agar selalu sehat dan terbebas dari pencemaran. Untungnya, setiap material yang digunakan saat memproduksi atap onduline sangat aman terhadap lingkungan, yang mana hal ini jauh berbeda ketimbang atap asbes yang sangat membahayakan.

Atap Onduline Anti Bocor

onduline

Selain tidak mengeluarkan suara bising, atap onduline juga tahan terhadap kebocoran sehingga atap rumah tidak mudah rembes dan sangat aman digunakan di kawasan perumahan dengan curah hujan tinggi. Meskipun terjadi angin badai saat hujan, atap ini pun dapat bertahan dari kerusakan fisik.

Pemasangan Mudah Atap Onduline

onduline

Dengan bobotnya yang sangat ringan, pemasangan atap onduline bisa dilakukan secara cepat dan praktis. Bahkan, pengerjaannya hanya memerlukan peralatan sederhana seperti sekrup untuk baja ringan dan paku untuk dipasang pada rangka kayu. Namun, saat memasang atap onduline, perhatikan kemiringan atap dan ikuti panduan pemasangan pabrik agar pemakaiannya lebih awet.

Penggunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan pada atap onduline membuatmu bisa ikut serta menjaga lingkungan dan terhindar dari racun yang membahayakan bagi kesehatan. Jika kamu tertarik menggunakan atap onduline, kamu dapat menemukannya di pasaran karena saat ini ketersediaannya sudah sangat banyak dijual di pasaran dalam bentuk lembaran. Atap onduline juga tersedia dalam berbagai warna agar dapat disesuaikan dengan konsep bangunan rumahmu.

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan furnitur berkualitas untuk hunianmu. Ada banyak jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, Dekoruma jual tempat tidur

single,
rak tv, lemari pakaian, kursi kantor, sofa, hingga rak sepatu dengan beragam model dan ukuran.

Kalau kamu sedang mencari kasur baru, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dari merek-merek ternama yang pastinya siap menemani tidur nyenyakmu. Beberapa di antaranya adalah kasur King Koil, Serta, dan The Luxe. Semuanya tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!