Ragam Informasi Railing Tangga Kaca untuk Dipertimbangkan

Bagi kamu yang memiliki rumah bertingkat, ada sejumlah elemen yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah desain railing tangga untuk keamanan dan estetika. Pemilihan desain railing tangga akan mempengaruhi tampilan desain interior rumah bertingkat secara keseluruhan. Jika rumahmu bergaya modern, cobalah railing tangga kaca.

Akan tetapi, jangan buru-buru. Pasalnya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggunakan railing tangga kaca. Oleh karena itu, simak dulu serba-serbi railing tangga kaca dari Kania berikut ini!

Keunggulan railing tangga kaca

nakasiku.com

Railing tangga kaca memiliki tampilan mengkilap dan transparan sehingga memberikan kesan yang sangat modern. Inilah yang membuatnya cocok dihadirkan pada rumah bergaya modern. Railing tangga kaca juga cocok untuk rumah berukuran mungil karena kaca yang transparan dapat menciptakan kesan ruangan lebih lapang.

Kelemahan railing tangga kaca

cogandgallery.com

Di balik keunggulannya, railing tangga kaca juga memiliki kelemahan. Kelemahan yang paling menonjol adalah mudah pecah. Penyebabnya bisa dikarenakan pemasangan yang salah dan pemilihan jenis kaca yang kurang tepat. Hal ini cukup berbahaya apalagi untuk keluarga dengan anak-anak yang aktif bermain.

Kelemahan lainnya adalah permukaan kaca mudah tergores sehingga dapat merusak tampilan. Oleh karena itu, saat sedang memindahkan furnitur ke lantai atas atau bawah, kamu harus ekstra hati-hati agar permukaan kaca pada railing tangga minimalis tidak tergores.

Jenis kaca yang aman untuk railing tangga kaca

vizero.com

Apakah kamu mengurungkan niat untuk memasang railing tangga kaca setelah mengetahui kelemahannya? Sabar dulu karena semua kelemahan itu bisa diatasi jika kamu memilih jenis kaca yang tepat. Kaca tempered merupakan kaca terbaik yang cocok untuk railing tangga. Kaca ini mampu menahan beban, angin, dan tekanan lebih baik dibandingkan jenis kaca lainnya. Seandainya pecah pun, kaca tempered ini akan hancur dalam bentuk bulat atau tumpul.

Alternatif lainnya adalah kaca laminasi. Kaca ini dilaminasi menggunakan polivinil transparan sehingga kaca ini tidak akan mudah pecah meski terkena benturan keras. Kalau pun pecah, serpihan kaca akan tertahan pada bagian laminasi sehingga penghuni rumah akan terlindung dari kemungkinan luka dan lebih mudah untuk membersihkan pecahannya.

Sebisa mungkin, hindari penggunaan satu lembar kaca berukuran besar dan panjang untuk railing tangga kaca. Sebaliknya, gunakanlah beberapa lembar kaca yang dirangkai jadi satu. Tujuannya untuk mencegah kaca mudah pecah dan lebih kokoh berdiri tegak. Trik ini juga akan memudahkan kamu untuk pemasangan railing tangga yang memiliki banyak sudut. Satu hal yang kamu juga harus tahu, semakin tebal railing tangga kaca, maka semakin kecil kemungkinannya untuk mudah retak.

Railing tangga kaca tanpa bingkai

glassexperts.com

Railing tangga kaca juga bisa dibuat tanpa bingkai yang berarti tangga tidak memiliki pegangan. Tampilannya jadi lebih minimalis dan menciptakan gaya rumah futuristik. Apabila kamu tidak terbiasa menggunakan tangga tanpa pegangan, kamu bisa membuat pegangan pada bagian dinding. Desainlah seminimalis mungkin supaya tetap serasi dengan kesan yang dimiliki railing tangga kaca tanpa bingkai.

Railing tangga kaca dengan bingkai

localglassandscreen.com

Material kaca cocok dipadukan dengan material lain, seperti material stainless steel dan kayu. Kedua material ini biasanya dijadikan sebagai bingkai pada railing tangga kaca. Material stainless steel yang digunakan untuk bingkai railing tangga kaca akan menciptakan kesan yang modern dan dingin. Sedangkan, bingkai railing tangga kaca dengan material kayu akan menciptakan kesan yang lebih natural dan hangat.

Perawatan railing tangga kaca

actionglass.com.au

Merawat railing tangga kaca tergolong mudah seperti merawat jendela. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah cairan botol semprot, pembersih kaca, dan kain lap yang bertekstur lembut. Semprotkanlah cairan pembersih ke permukaan kaca, lalu lap sampai bersih dan mengkilap. Lakukan perawatan secara rutin, setidaknya seminggu sekali.

Material kaca tidak akan menyerap noda. Akan, tetapi jika ada noda harus segera dibersihkan untuk menghindari munculnya jamur dan kerak. Sisa cairan pembersih juga harus dikeringkan menyeluruh secara sempurna agar tidak meninggalkan bekas.

Menambah nilai estetika memang penting, tapi keamanan jauh lebih penting lagi. Silakan pertimbangkan segala kemungkinan sebelum menghadirkan railing tangga kaca di rumahmu.

Kamu sedang bingung mau mencari furnitur kekinian di mana? Dekoruma jawabannya! Dekoruma jual meja komputer, sofa, lemari pakaian, dan furnitur lainnya dengan beragam model serta ukuran. Selain furnitur, ada juga aneka jenis kasur dengan material terbaik dari merek-merek ternama, seperti kasur Comforta, Dunlopillo, dan King Koil. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!