Trik Ampuh Mengusir Tikus Curut di Rumah

Selain menjijikan, tikus curut yang masuk ke lingkungan rumah berpotensi membuat penghuni mudah terserang penyakit karena kotoran hasil buang air tikus yang menempel di furniture atau virus-virus berbahaya yang menempel pada rambutnya. Oleh karena itu, diperlukan cara mengusir tikus curut yang tepat agar rumahmu terbebas dari penyebaran virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti leptospirosis, pes, atau penyakit HPS.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir dan bingung karena Kania akan memberikan tips dan cara mengusir tikus curut yang efektif agar rumah tetap bersih dan sehat. Yuk, langsung intip cara mengusir tikus curut di bawah ini!

Memanfaatkan Minyak Esensial

installitdirect

Cara mengusir tikus curut yang pertama adalah dengan memanfaatkan minyak esensial. Kamu bisa memilih minyak beraroma cengkeh atau peppermint yang tidak disukai oleh tikus. Sebarkan aroma tersebut menggunakan alat diffuser atau dengan cara mencelupkan kapas pada minyak esensial untuk dioles pada beberapa area yang sering dilalui tikus. Tak hanya efektif mengusir tikus, penggunaan minyak esensial siap membuat ruangan menjadi segar dan wangi.

Menggunakan Alat Perangkap Tikus

Pinterest

Menggunakan alat perangkap sebagai cara mengusir tikus curut adalah hal yang paling umum dan mudah dilakukan. Kamu hanya perlu meletakkan alat perangkap di sejumlah area rumah dengan menambahkan umpan berupa makanan lezat untuk menggoda tikus agar terperangkap. Jika tikus sudah berhasil terperangkap, pastikan kamu mengenakan masker dan sarung tangan saat membuang tikus agar tidak terserang penyakit.

Pakai Racun Tikus

verywellhealth

Cara mengusir tikus curut selanjutnya adalah dengan menggunakan racun tikus yang disebarkan pada beberapa titik di lingkungan rumah. Meskipun cara mengusir tikus curut ini sangat efektif, tapi sayangnya tikus curut tidak bisa mati secara langsung dan memerlukan waktu beberapa hari sehingga bisa saja tikus mati di tempat yang tidak terlihat dan sulit untuk dijangkau. Jika terdapat anak kecil dan hewan peliharaan di rumah, pertimbangkan kembali cara mengusir tikus curut dengan racun ini, ya!

Gunakan Lem Tikus

Amazon

Tips lainnya, kamu bisa menggunakan lem tikus yang banyak tersedia di pasaran. Cara mengusir tikus curut ini bisa dilakukan dengan mengoleskan lem pada triplek atau karton bekas yang tebal, lalu letakkan makanan pada bagian tengahnya untuk menjebak tikus.

Cara mengusir tikus curut dengan menggunakan lem ini dinilai aman karena biasanya tidak mengandung racun atau zat berbahaya bagi manusia dan tidak menimbulkan bau sehingga aman diletakkan di area dapur. Supaya lebih efektif, pastikan kamu memilih lem tikus dengan daya rekat paling kuat, ya!

Gunakan Bahan Alami

Pinterest

Jika beberapa cara mengusir tikus curut di atas dirasa kurang aman, kamu bisa memanfaaatkan bahan alami yang sangat mudah didapatkan. Sebarkan bumbu dapur yang tidak disukai tikus, seperti irisan bawang merah, sobekan daun mint, cengkeh, atau lada bubuk. Beberapa bahan alami tersebut juga bisa dijadikan sebagai cara mengusir tokek di rumah, lho!

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan baking soda dengan makanan yang disukai tikus, menempatkan kulit durian pada area yang sering dilalui tikus, menyemprotkan cairan dari buah mengkudu yang sudah ditumbuk dan dilarutkan, serta menyebarkan sobekan daun sirsak di area rumah yang sering dilalui tikus. Bahan-bahan alami tersebut tidak disukai oleh tikus, sehingga sangat ampuh dijadikan cara mengusir tikus curut.

Gunakan Jasa Pest Control

Shoopestcontrol

Jika populasi tikus di hunianmu sudah terlalu banyak dan sulit dibasmi, kamu bisa menggunakan jasa pest control atau pengendali hama yang memang memiliki metode tersendiri dalam melakukan cara mengusir tikus curut. Pastikan kamu menggunakan jasa pest control yang profesional, memiliki kredibilitas baik, dan didukung ahli bersertifikat, ya!

Keenam cara mengusir tikus curut di atas bisa kamu lakukan agar hunianmu selalu bersih dan sehat. Namun, selalu pastikan bahwa penggunaan alat, lem, dan racun tikus tidak membahayakan kesehatan keluarga atau hewan peliharaanmu, ya!

Kamu sedang mencari furnitur untuk melengkapi rumahmu? Dekoruma jual kursi bar, sofa, lemari pakaian, kursi teras, meja makan, dan furnitur lainnya dengan model serta ukuran yang beragam.

Tak hanya jual furnitur saja, Dekoruma juga menyediakan aneka properti untuk tempat tinggal pribadi atau sebagai sarana berinvestasi, lho! Kamu bisa menemukan hunian dijual dari berbagai daerah, seperti rumah dijual di Bekasi, Jakarta, Depok, Tangerang, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!