Memahami Daur Hidup Nyamuk di Dalam Rumahmu

Memasuki musim hujan, kamu perlu meningkatkan kewaspadaan di lingkungan rumah. Genangan air di depan rumah yang tercipta sehabis hujan merupakan tempat strategis bagi nyamuk untuk berkembang biak. Keberadaan nyamuk sangat mengganggu karena dapat membuat tubuh gatal-gatal dan merah sehingga membuatmu jadi tidak nyaman. Lebih parah lagi kalau ada nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah atau DBD.

Untuk membuat rumah terhindar dan bersih dari nyamuk, kamu perlu membasmi dari tahap hidup nyamuk yang paling awal. Oleh karena itu, kamu harus memahami terlebih dahulu daur hidup nyamuk sebelum membasminya. Yuk, ketahui daur hidup nyamuk di bawah ini!

1. Telur

azureedge.com

Daur hidup nyamuk pada tahap pertama dimulai dari telur yang dikeluarkan oleh nyamuk betina. Nyamuk betina hanya kawin satu kali dalam masa hidupnya. Telur yang dihasilkan oleh perkawinan antara nyamuk betina dan jantan akan mereka masukkan ke dalam air. Tanpa air, telur nyamuk jadi rusak dan tidak akan menetas.

Pada tahap pertama daur hidup nyamuk ini, satu ekor nyamuk betina dapat mengeluarkan 300 telur sekaligus. Telur nyamuk tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menetas, hanya memerlukan satu atau dua hari saja. Ukuran telur nyamuk kurang dari satu milimeter sehingga tidak mudah terlihat atau terdeteksi oleh manusia.

2. Jentik Nyamuk

youtube.com

Pada tahap kedua dalam daur hidup nyamuk, setelah nyamuk betina mengeluarkan ratusan telur, menetaslah telur-telur tersebut menjadi jentik nyamuk di dalam air. Jentik nyamuk ini menyerupai benang hitam dengan ukuran yang sangat kecil. Umur jentik nyamuk sebelum mereka beranjak ke tahap daur hidup nyamuk selanjutnya hanya sekitar 8 hingga 10 hari. Mereka hidup di dalam air dan berenang ke sana ke mari.

Makanan utama jentik nyamuk adalah organisme air atau bahkan sesama jentik nyamuk. Sedangkan alat pernafasan jentik nyamuk ada pada bagian ekornya.

3. Pupa

petehillmansnaturephotography.com

Masih hidup di dalam air, jentik nyamuk akan berubah jadi pupa di tahap ketiga daur hidup nyamuk. Pupa atau kepompong ini hanya berumur satu hingga dua hari saja. Mereka bernafas menggunakan tanduk thorakis.

Ketika sayap mulai terbentuk, pupa nyamuk akan keluar dari air. Dalam waktu singkat, mereka bisa menguasai keahlian untuk terbang. Pada tahap daur hidup nyamuk ini, jenis kelamin sudah dapat diketahui.

4. Nyamuk Dewasa

pixabay.com

Pada tahap daur hidup nyamuk yang terakhir, nyamuk dewasa mulai berkembang biak. Usia reproduksi nyamuk sangat cepat, hanya sekitar satu hingga dua hari saja. Tidak heran kalau populasi nyamuk sangat banyak dan sulit dikendalikan karena semuanya berlangsung dalam hitungan hari saja.

Sebagai informasi tambahan, nyamuk betina bisa bertahan hidup sekitar 42 hingga 56 hari. Sedangkan nyamuk jantan hanya bertahan hidup selama 10 hari saja. Makanan utama nyamuk jantan adalah nektar bunga. Sedangkan darah makhluk hidup hanya dibutuhkan oleh nyamuk betina, dengan tujuan untuk melengkapi asupan protein telur nyamuk.

Nah, setelah kamu mengetahui daur hidup nyamuk di atas, sekarang kamu juga harus tahu cara mencegah nyamuk berkembang biak di rumahmu. Yuk, intip cara-caranya berikut ini!

Singkirkan genangan air

roofingjba.com

Semua tahap daur hidup nyamuk membutuhkan air. Dengan demikian, cara termudah untuk mencegah kehadiran nyamuk adalah dengan menyingkirkan genangan air yang ada di rumhamu. Bahkan, ini juga bisa menjadi salah satu cara membasmi rayap, lho!

Kamu bisa memulainya dengan membersihkan pipa pembuangan air secara rutin, tidak meletakkan botol bekas di halaman atau teras rumah karena bisa menampung air hujan, dan tutuplah wadah penampungan air dengan rapat. Selain itu, kuraslah bak mandi secara rutin agar nyamuk tidak mudah berkembang biak.

Menggunakan pembasmi jentik nyamuk

cloudinary.com

Seperti penjelasan yang ada di atas, sangat sulit untuk mendeteksi keberadaan telur nyamuk. Biasanya kita menyadari keberadaan mereka pada tahap daur hidup nyamuk kedua yang berupa jentik. Solusi terbaik untuk membersihkan rumah dari jentik nyamuk adalah dengan menggunakan pembasmi jentik nyamuk.

Pembasmi jentik nyamuk pada umumnya berbentuk bubuk yang mengandung bahan kimia. Pembasmi jentik nyamuk inilah yang paling pas untuk membasmi jentik nyamuk di bak kamar mandi dan wadah penampungan air. Namun, pembasmi jentik nyamuk ini tidak disarankan untuk membersihkan jentik nyamuk di wadah air minum karena bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Menggunakan Obat Nyamuk dan Tanaman Pengusir Nyamuk

pixabay.com

Apabila rumah kedatangan nyamuk dewasa, tidak perlu panik. Kamu bisa menggunakan obat semprot nyamuk untuk membunuhnya. Alternatif lainnya, kamu juga bisa menggunakan tanaman pengusir nyamuk, seperti bunga lavender, catnip, lemon wangi, serai, dan geranium.

Selain mencegah nyamuk berkembang biak di rumah, kamu juga harus tahu cara mengusir nyamuk yang tepat untuk berjaga-jaga jika ada nyamuk dewasa yang masuk ke rumahmu. Yuk, putuskan daur hidup nyamuk supaya rumah senantiasa bersih dan sehat!

Sedang mencari kasur baru? Dekoruma menyediakan ragam jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama, lho! Dekoruma jual King Koil, Comforta, The Luxe, dan Guhdo. Selain kasur, Dekoruma juga jual rak gantung, sofa, tempat tidur, lemari, rak tv, meja makan, dan aneka furnitur lainnya untuk mengisi hunianmu. Tunggu apa lagi? Langsung saja cari semua keperluan rumahmu di Dekoruma!

Nah, kalau kamu saat ini hendak membeli rumah baru, kamu bisa mengunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak hunian dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih. Tersedia juga hunian yang berada di dalam perumahan dengan lokasi strategis, seperti perumahan baru di Depok, Jakarta Barat, dan Tangerang. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma dan ciptakanlah momen indah di rumah baru kamu!