Inspirasi Desain Rumah Minimalis yang Bisa Dicontoh

Rumah minimalis sudah populer sejak tahun 1980. Ciri khasnya berupa penggunaan dak beton, bentuk yang kotak, dan tampilannya yang hampir polos atau bahkan tanpa ornamen sama sekali. Selang 40 tahun kemudian, gaya rumah minimalis masih saja diminati oleh masyarakat, bahkan semakin populer lantaran cocok dengan konsep rumah zaman sekarang yang mungil dan bertingkat.

Mungkin kamu mulai merasa bosan dengan model rumah minimalis yang terlihat itu-itu saja. Akan tetapi, model rumah minimalis tidak selamanya membosankan dan mainstream, kok. Misalnya saja enam contoh rumah minimalis pilihan Kania berikut ini yang tidak mustahil untuk dijadikan inspirasi dan ditiru. Yuk, intip selengkapnya di bawah ini agar kamu bisa mewujudkan rumah minimalis impianmu yang tidak membosankan.

Contoh rumah minimalis dengan jendela dan pintu kaca besar di dapur

pinterest.com

Contoh rumah minimalis berikut memiliki desain dapur yang didominasi oleh warna putih. Sekilas terlihat biasa saja dengan kitchen island persegi panjang dan kabinet dapur built-in. Namun, poin utama pada contoh rumah minimalis ini ada pada jendela dan pintu kaca besar yang terhubung langsung ke taman belakang. Desain dapur minimalis pada contoh rumah minimalis ini menjadikan dapur terasa lebih luas. Sinar matahari pun bebas menyinari ruangan dan kamu bisa menikmati pemandangan taman yang indah dari dalam dapur minimalis.

Contoh rumah minimalis dengan eksterior beton

baunetz.com

Jika kamu menginginkan eksterior keren tanpa ornamen, tiru saja contoh rumah minimalis satu ini. Dinding eksteriornya menggunakan beton yang diekspos. Artinya, dinding tidak dilapisi cat lagi. Penggunaan beton ekspos pada rumah seperti ini mampu menciptakan kesan yang dingin dan minimalis. Bila dipadukan dengan bentuk rumah yang kotak seperti ini, tampilan contoh rumah minimalis akan jadi semakin keren dan estetik.

Contoh rumah minimalis ala Jepang

ciptabaliarchitect.com

Bicara tentang rumah ala Jepang, pasti akan terbayang suasana yang tradisional. Gaya tersebut bisa dipadukan dengan gaya minimalis yang tidak mustahil untuk ditiru. Lihat saja contoh rumah minimalis ini, material yang mendominasinya adalah kayu, mulai dari lantai, pintu, jendela, hingga furnitur. Ruangan tampak lebih luas karena tidak menggunakan sekat. Suasananya pun terasa begitu hangat.

Jika kamu meniru contoh rumah minimalis ala Jepang ini, kamu bisa meminimalisir penggunaan lampu pada siang hari. Hal ini dikarenakan desain rumah bergaya jepang memiliki jendela rumah yang  berukuran besar dan jumlahnya yang banyak. Pagar pun dibuat dari susunan tiang kayu. Sinar matahari bisa masuk dari celah-celah pagar dan jendela kayu, tetapi pandangan orang asing ke dalam rumah sangat terbatas sehingga dapat menjaga privasimu.

Contoh rumah minimalis untuk penikmat gaya hidup minimalis

pinterest.com

Belakangan ini, gaya minimalis juga diterapkan ke dalam gaya hidup. Bagi kamu penikmat gaya hidup minimalis, inilah salah satu contoh rumah minimalis yang bisa ditiru. Contoh rumah minimalis ini mengaplikasikan warna putih pada hunian. Sofa minimalis berbentuk huruf L mengikuti sudut ruangan dengan garis yang tegas. Lantai kayunya dilapisi dengan karpet polos yang serasi supaya kaki terasa lebih nyaman.

Sumber pencahayaan disembunyikan di balik dinding, baik itu dari atas atau dari bawah. Trik ini menjadikan rumah terlihat semakin minimalis, rapi, dan tidak monoton. Dekorasi yang digunakan hanya berupa sehelai tanaman hijau, meja kopi bermotif marmer, dan lukisan abstrak atau montase berukuran besar.

Contoh rumah minimalis dengan eksterior kayu

trendhunterstatic.com

Contoh rumah minimalis ini didominasi oleh material kayu untuk bagian eksteriornya. Alih-alih terlihat tradisional, tampilannya malah terlihat minimalis dan kukuh. Kuncinya ada pada pemilihan warna kayu abu-abu dengan tambahan garis-garis coklat tua. Bentuk rumahnya juga terlihat sangat unik dengan atap segitiganya dan bagian teras yang tidak menonjol keluar bangunan. Contoh rumah minimalis yang satu ini dibuat dengan pintu kaca berukuran besar dan satu tipe jendela minimalis di lantai atas.

Contoh rumah minimalis dengan kamar tidur bernuansa coklat

marieclaire.com.au

Kamar tidur minimalis bernuansa coklat pada contoh rumah minimalis ini memiliki desain yang sangat rapi. Lemari dibuat built-in yang menyatu dengan permukaan dinding. Hampir tidak ada benda lain di lantai kamar, kecuali dekorasi pot tanaman dan kursi santai kayu. Uniknya lagi, ranjang dibuat seolah melayang, sedangkan headboard didesain senada dengan ranjang dan menyentuh langit-langit. Contoh rumah minimalis pada bagian kamar ini cocok untuk diaplikasikan oleh siapa saja.

Demikianlah enam contoh rumah minimalis yang tidak mustahil untuk ditiru. Kamu juga bisa memodifikasi beberapa bagian pada rumahmu agar cocok dan sesuai dengan selera masing-masing. Dari semua inspirasi di atas, mana yang paling kamu suka?

Apapun contoh rumah minimalis yang kamu pilih, pastikan untuk melengkapinya dengan berbagai furnitur berkualitas, ya! Kamu bisa menemukannya di Dekoruma yang jual rak TV, sofa, meja, tempat tidur, dan aneka furnitur lainnya.

Jika kamu memiliki sang buah hati, Dekoruma juga jual kursi anak dan meja belajar untuk melengkapi kebutuhannya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma sekarang juga!