Mengenal Kawat Nyamuk sebelum Memasangnya

Selain bikin kulitmu gatal-gatal, gigitan nyamuk juga dapat menyebabkan penyakit serius seperti demam berdarah atau DBD. Oleh karena itu. diperlukan berbagai pencegahan agar rumah terbebas dari populasi nyamuk.

Salah satu cara pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang kawat nyamuk yang secara efektif dapat mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Namun, sebelum memutuskan untuk memasang kawat nyamuk, yuk ketahui dulu serba-serbi kawat nyamuk dari Kania berikut ini!

Apa Itu Kawat Nyamuk?

Theiris

Kawat nyamuk merupakan penutup dengan material kawat yang dipasangkan pada ventilasi atau bukaan, seperti pintu dan jendela sebagai pencegah nyamuk ataupun serangga lainnya masuk ke dalam rumah. Memiliki bentuk berlubang, kawat nyamuk tidak akan menghambat sirkulasi udara sehingga rumah akan tetap segar dan terbebas dari pengap.

Tak sekadar berperan sebagai alat penangkal nyamuk dan serangga, kawat nyamuk kini dapat menambah estetika rumah karena terbuat dari berbagai macam material. Bahkan, saat ini pemasangan kawat nyamuk tak hanya dapat ditempelkan pada kusen berbahan kayu saja, tapi juga bisa dipasangkan pada kusen yang menggunakan bahan PVC ataupun alumunium.

Pilih Kawat Nyamuk Berdasarkan Material

Theiris

Berdasarkan pemilihan material, kawat nyamuk terdiri dari berbagai macam material atau bahan yang masing-masing bisa disesuaikan dengan penggunaan kusen di rumah. Berikut ini merupakan beberapa jenis kawat nyamuk berdasarkan materialnya:

1. Kawat nyamuk dengan material kaca fiber

Jenis kawat nyamuk pertama adalah kawat nyamuk berbahan kaca fiber. Jenis kawat nyamuk ini memiliki tampilan yang menyerupai plastik, tapi lebih awet dan dijual dengan harga yang tergolong murah.

2. Kawat nyamuk dengan material aluminium

Selain material kaca fiber, ada pula variasi kawat nyamuk dengan material aluminium. Kawat nyamuk berbahan aluminium ini memiliki keunggulan dari bobotnya yang ringan sehingga lebih mudah dalam proses pemasangan. Selain itu, kawat nyamuk dengan material aluminium ini juga tahan terhadap karat sehingga lebih awet dan tahan lama. Kalaupun setelah jangka waktu yang panjang kawat nyamuk berkarat, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan cairan penghilang karat.

3. Kawat nyamuk dengan material stainless

Opsi lainnya adalah kawat nyamuk berbahan stainless yang terdiri dari dua model, yakni tipis menyerupai kaca fiber untuk dipasang pada jendela dan model tebal meyerupai baja untuk dipasangkan pada ventilasi pintu. Ketimbang material lainnya, kawat nyamuk dengan material stainless ini membuat pandangan tetap jernih serta memiliki tampilan yang sangat kekinian.

Pilih Kawat Nyamuk Berdasarkan Frame

Aliexpress

Untuk memasang kawat nyamuk, terdapat beberapa model frame atau bingkai yang bisa kamu pilih. Berikut ini beberapa jenis frame kawat nyamuk yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan rumahmu:

1. Kawat nyamuk dengan frame karet

Pertama adalah kawat nyamuk dengan frame karet. Bingkai dengan bahan karet pada kawat nyamuk ini dapat ditempelkan secara instan pada kusen berbahan kayu, PVC, besi, aluminium, hingga tembok.

2. Kawat nyamuk dengan frame magnet

Jenis bingkai lainnya adalah kawat nyamuk dengan frame magnet. Bahan magnet pada bingkai kawat nyamuk memudahkan kamu untuk memasangkannya pada pintu atau jendela yang berbahan logam atau besi. Selain itu kawat nyamuk dengan frame magnet ini memiliki tampilan yang rapi.

3. Kawat nyamuk dengan frame gulung

Di pasaran, tersedia pula kawat nyamuk dengan model gulung yang biasanya menggunakan material utama kaca fiber. Frame kawat nyamuk ini sangat praktis untuk digunakan karena cukup membuka gulungan secara vertikal saat akan dipasang.

4. Kawat nyamuk dengan frame lipat

Sementara itu, varian bingkai yang terakhir adalah kawat nyamuk dengan model lipat. Frame model ini bekerja unik dengan memanfaatkan sistem sliding sehingga tampilannya lebih modern dan cocok diaplikasikan pada hunian berkonsep minimalis.

Fungsi Lain Dari Kawat Nyamuk

magneticinsectscreens

Secara spesifik, kawat nyamuk memang sangat efektif untuk menghalangi atau mencegah nyamuk memasuki rumahmu. Namun, alat ini tidak hanya berlaku untuk nyamuk saja, tapi berguna sebagai cara membasmi kecoa, cicak, dan binatang lainnya. Dengan begitu, binatang yang tidak diinginkan tidak akan masuk ke rumahmu.

Bersihkan Kawat Nyamuk Secara Mudah

Theiris

Pemasangan kawat nyamuk pada ventilasi atau bukaan pintu dan jendela berpotensi kotor karena disebabkan oleh debu dari luar rumah maupun laba-laba yang bersarang. Oleh karena itu, usahakan untuk membersihkan kawat nyamuk secara rutin dengan cara melepaskannya terlebih dahulu dari frame dan memanfaatkan sikat halus untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Terdiri dari berbagai macam material dan model bingkai, kawat nyamuk merupakan perlengkapan rumah yang wajib kamu miliki karena berguna untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah sehingga kamu juga terhindar dari berbagai penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Yuk, pasang kawat nyamuk sekarang juga!

Selain informasi di atas, baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, beragam furnitur dan dekorasi berkualitas juga bisa kamu temukan. Dekoruma jual tempat tidur, kursi tamu, lemari, sofa, dan furnitur lainnya.

Kalau kamu sedang mencari kasur baru, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dari merek-merek ternama yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, lho! Dekoruma jual kasur Serta, kasur The Luxe, dan kasur Dunlopillo. Semuanya tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan.

Tak ketinggalan, Dekoruma juga menyediakan aneka properti hunian dari berbagai daerah di Jabodetabek, tepatnya melalui Dekoruma Properti. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Tangerang, dan Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!