Tips dan Trik Efektif Membasmi Kecoa di Rumah

Kecoa adalah salah satu jenis hama atau serangga rumah yang paling sering ditemukan. Kemampuan kecoa berkembang biak relatif cepat sehingga tidak heran jika suatu waktu di dalam rumah ada banyak kecoa. Banyaknya populasi kecoa di dalam rumah memang membuat frustasi karena rumah jadi terkesan kotor dan tidak sehat.

Mungkin kamu sudah melakukan berbagai cara membasmi kecoa, tapi tidak membuahkan hasil yang maksimal. Jangan putus asa dulu, coba deh lima cara membasmi kecoa yang ampuh dari Kania berikut ini!

1. Identifikasi Sumber Masalah

bhg.com.au

Sama seperti hama dan serangga lainnya, cara membasmi kecoa yang terbaik adalah dengan mengetahui pokok permasalahannya terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang menjadi pemicu kehadiran kecoa di dalam rumah, tetapi pada umumnya sumbernya hanya berkisar pada makanan dan air.

Kecoa sangat tertarik pada kondisi yang lembap, hangat, dan kotor. Jadi, coba cek dulu beberapa titik pada rumahmu sebagai salah satu strategi cara membasmi kecoa yang ampuh dan efektif. Kamu bisa melakukan pengecekan mulai dari tumpukan piring kotor di wastafel cuci piring, tong sampah, sisa makanan di lantai atau remah-remah dari makanan hewan peliharaan, serta sisa makanan yang terbuka di konter dapur.

Jangan lupa cek juga kondisi dinding atau bawah wastafel yang sering kali lembap. Semua keadaan tersebut akan mengundang kecoa untuk datang dan hinggap. Oleh karena itu, rutinlah untuk membersihkannya.

2. Menyingkirkan Jatah Makanan Kecoa

pestdestroyer.sg

Sebagai makhluk hidup, kecoa juga membutuhkan makanan untuk hidup. Namun, berbeda dengan manusia, kecoa bisa bertahan hidup dengan mengonsumsi apa saja yang tersedia untuk dimakan, termasuk sampah, sisa pembusukan organik, sel kulit mati, dan bahkan potongan-potongan kayu.

Untuk cara membasmi kecoa yang satu ini, pastikan agar tidak ada sisa makanan atau benda-benda lainnya yang bisa dimakan oleh kecoa. Mulailah menyingkirkan semua makanan atau sampah yang bisa jadi sumber makanan kecoa, baik itu di dapur, meja makan, atau bagian dalam laci dan kabinet. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan cara membasmi kecoa ini, jangan lupa juga untuk menutup rapat semua bahan makanan dan tong sampah, ya!

3. Jangan Lewatkan Tempat Persembunyian Kecoa

topbest.ph

Saatnya melakukan pembersihan sampai ke titik atau daerah persembunyian kecoa sebagai cara membasmi kecoa selanjutnya. Seperti yang disebutkan di atas, daerah di dalam rumah yang menjadi tempat favorit kecoa adalah daerah yang gelap, lembap, kotor, dan hangat. Oleh karena itu, rutinlah membersihkan rumah sampai ke setiap sudut, terutama yang berpotensi menjadi tempat bersarangnya kecoa.

Coba cek tumpukan kardus di gudang, pojok-pojok rak dinding, termasuk juga bagian belakang kulkas. Cara membasmi kecoa ini akan sangat efektif, terutama jika kamu melakukannya dengan pembersihan secara total dan berkala dari waktu ke waktu. Tidak hanya membantu mengusir kecoa dari rumah, tapi cara membasmi kecoa ini juga akan membuat mereka malas untuk datang lagi karena menganggap rumahmu sudah bersih dan tidak menarik lagi bagi mereka.

4. Menggunakan Perangkap dan Alat Pembasmi Kecoa

i.ytimg.com

Melakukan pembersihan rumah secara total dan perawatan secara rutin saja masih belum cukup. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, coba gunakan perangkap dan obat pembasmi kecoa agar cara membasmi kecoa dapat tuntas hingga ke akarnya. Ada berbagai jenis perangkap dan obat pembasmi kecoa yang bisa kalian dapatkan di pasaran.

Hal yang perlu diperhatikan dari cara membasmi kecoa ini adalah pastikan kamu tidak menggunakan obat penyemprot serangga. Hal ini dikarenakan adanya potensi kontaminasi zat atau bahan berbahaya dari obat penyemprot serangga terhadap peralatan rumah tangga dan area sekeliling rumah, termasuk makanan.

Dalam melakukan cara membasmi kecoa ini, lebih baik kamu memilih perangkap dan pembasmi kecoa yang lebih aman dan praktis, seperti lem serangga, gel pembasmi kecoa, dan sejenisnya. Coba juga gunakan bubuk boraks acid yang tidak berbahaya bagi manusia tetapi cukup fatal bagi serangga.

5. Kunci Semua Titik Masuknya Kecoa

domyown.com

Kecoa bisa dengan mudah keluar masuk ke lantai, dinding, atau bagian rumah lainnya yang berlubang atau terbuka. Bukaan pada jendela atau pintu juga sangat memudahkan kecoa untuk keluar masuk dengan cepat.

Oleh karena itu, cara membasmi kecoa paling ampuh yang terakhir adalah dengan memastikan kalau semua akses keluar masuk mereka sudah tertutup dan terkunci rapat. Kamu bisa melakukannya dengan menambahkan kawat anti serangga, memperbaiki lubang atau bagian yang retak, serta memastikan setiap sudut rumah tidak memberi celah bagi kecoa.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan cara membasmi kecoa yang ampuh dan efektif? Yuk, langsung cobain cara membasmi kecoa di atas yang dapat menuntaskan sampai ke akar-akarnya. Pastikan kamu selalu mempertahankan kebersihan rumah, termasuk juga memastikan tidak ada titik bocor pada pipa air di rumah. Selamat mempraktikkan cara membasmi kecoa dari Kania!

Selain informasi di atas , kamu juga bisa menemukan tips dan trik untuk mengusir hewan lainnya, seperti cara mengusir kucing, lalat, cicak, dan kelabang. Dengan begitu, hunianmu pasti akan bersih dan bebas dari hewan pengganggu.

Kamu sedang mencari kasur dari merek-merek ternama? Dekoruma juga jual kasur Lady Americana, Comforta, Guhdo, dan Airland yang pastinya siap menemani tidur nyenyakmu. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua keperluan rumahmu bersama Dekoruma!