Macam-Macam Manfaat Kopi untuk Rumah Tangga

Ada banyak jenis tanaman yang bisa dikonsumsi sekaligus bermanfaat untuk urusan rumah. Salah satunya adalah kopi. Manfaat kopi yang utama adalah untuk mencegah kantuk sehingga tidak heran jika orang-orang menyeduh bubuk atau biji kopi yang sudah digerus menggunakan grinder kopi dan menyeruputnya di pagi hari. Namun, tak hanya itu saja, ada banyak manfaat kopi untuk urusan rumah, mulai dari mengusir serangga hingga memperbaiki furnitur.

Nah, di bawah ini Kania akan membahas apa saja manfaat kopi untuk urusan rumah tangga. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat Kopi untuk Mengusir Semut dan Kecoa

pixabay.com

Tak bisa dipungkiri, kehadiran kumpulan semut sangat mengganggu karena mereka sering mengotori makanan dan minuman, bahkan beberapa di antaranya bisa menggigit manusia sehingga membuat kulit gatal-gatal. Penyebab kehadiran semut bukan hanya makanan dan minuman manis saja. Semut juga seringkali muncul untuk menghampiri bangkai serangga dan sisa makanan apa pun.

Alih-alih menggunakan bahan kimia untuk mengusir semut di rumah, gunakan saja ampas kopi. Menurut berbagai percobaan, semut ternyata tidak menyukai aroma kopi. Nah, manfaat kopi untuk mengusir semut ini bisa kamu lakukan dengan meletakkan ampas kopi di sekitar makanan atau area yang paling sering didatangi oleh semut. Dengan manfaat kopi ini, semut akan enggan untuk datang ke area tersebut.

Kopi juga kerap menjadi cara mengusir kecoa dari rumah. Caranya pun sama, letakkan ampas kopi di area yang menjadi pintu masuk kecoa ke dalam rumah.

Manfaat Kopi untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap

theblogrill.com

Kamu sering mencari cara menghilangkan bau sepatu? Tenang, kamu bisa mengatasinya dengan biji kopi. Ya, aroma kopi yang begitu kuat sangat ampuh untuk mengusir bau tidak sedap di dalam sepatu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan meletakkan biji kopi pada kantong atau kain berjaring kecil, kemudian masukkan ke dalam sepatu. Manfaat kopi yang satu ini akan memberikan efek dalam waktu setengah hari. Untuk mendapat hasil yang maksimal dari manfaat kopi ini, gantilah biji kopi secara berkala.

Tak hanya untuk sepatu, bau amis di dalam kulkas atau bau lemari pakaian yang apek juga bisa dihilangkan dengan manfaat kopi yang satu ini. Untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam lemari atau kulkas, tuang bubuk kopi pada mangkuk kecil, kemudian letakkan mangkuk tersebut di bagian sudut dalam lemari dan kulkas.

Manfaat Kopi untuk Membersihkan Wajan Kotor

thriftyfun.com

Manfaat kopi untuk urusan rumah berikutnya adalah membersihkan wajan. Pada saat memasak, wajan pasti akan menjadi kotor karena terkena bahan-bahan masakan. Sebagian kotoran akan mengeras dan sulit untuk dibersihkan menggunakan sabun. Nah, dengan manfaat kopi ini, kamu bisa mendapatkan tampilan wajan yang bersih kembali.

Cara menggunakan manfaat kopi ini pun tidak sulit. Kamu hanya perlu menuangkan ampas kopi ke bagian wajan yang kotor. Setelah itu, gosok wajan menggunakan spons. Setelah wajan kembali bersih sempurna, bilaslah menggunakan air dan sabun. Jangan ragu untuk mengulangi proses di atas jika masih ada kotoran tertinggal, ya!

Manfaat Kopi untuk Membuat Tanaman Lebih Subur

farmersalmanac.com

Selain untuk manusia, ternyata manfaat kopi bisa dirasakan juga oleh tanaman, lho! Nutrisi yang dikandung oleh kopi ternyata sama seperti pupuk. Daripada membuang uang untuk membeli pupuk, manfaatkan saja ampas kopi yang tersisa setelah kamu menikmati secangkir kopi.

Cara mendapatkan manfaat kopi ini mudah sekali. Cukup sebarkan ampas kopi pada tanah di sekitar tanamanmu. Setelah itu, aduk sedikit agar ampas kopi tercampur dengan tanah secara merata.

Manfaat Kopi untuk Mengatasi Debu

roastycoffee.com

Membersihkan debu di rumah membutuhkan kesabaran yang ekstra. Masalahnya, debu yang sudah dibersihkan menggunakan sapu bisa saja kembali karena terbawa angin. Namun, jangan khawatir karena manfaat kopi yang satu ini ampuh untuk menyingkirkan debu di rumahmu.

Ampas kopi mampu mengikat debu sehingga tidak beterbangan dan lebih mudah untuk disingkirkan. Kopi juga mengandung senyawa antibakteri sehingga rumah akan menjadi lebih bersih. Manfaat kopi yang satu ini cukup menarik, ya!

Manfaat Kopi untuk Memperbaiki Furnitur

pinterest.com

Furnitur kayu kesayangan di rumahmu tergores atau mengalami keretakan ringan? Rasanya pasti sangat menyebalkan, ya. Kalau kamu sedang menghadapi masalah tersebut, coba buktikan manfaat kopi ini. Pasalnya, bubuk kopi mampu memperbaiki furnitur yang retak atau tergores.

Sediakan bubuk kopi dan campurkan dengan air hangat hingga menjadi adonan pasta, kemudian oleskan adonan pasta kopi ke area yang tergores atau retak sedikit demi sedikit. Usahakan untuk meratakan adonan kopi dengan permukaan furnitur. Setelah itu, diamkan hingga kering. Jika sudah kering, gosok perlahan agar terlihat mengkilap dan sama dengan permukaan furnitur. Manfaat kopi ini cukup ampuh untuk furnitur berwarna gelap.

Demikianlah deretan manfaat kopi untuk urusan rumah. Oleh karena itu, jangan langsung membuang ampas kopi setelah kamu menikmatinya, ya! Dari keenam manfaat kopi tadi, apakah ada yang pernah kamu coba?

Temukan ragam furnitur multifungsi dan space-saving hanya di Dekoruma. Dekoruma jual meja makan, sofa minimalis, dan meja kerja ergonomis.

Selain furnitur, tersedia juga kasur dari ragam merek ternama di Indonesia. Dekoruma jual kasur King Koil, Comforta, Guhdo, dan Airland yang pastinya siap menemani tidur nyenyakmu. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua keperluan rumahmu bersama Dekoruma!