5 Hal yang Menentukan Harga Lemari Pakaian

Sebagai salah satu furnitur yang paling wajib ada di rumah, lemari pakaian memiliki beragam jenis model, material, dan harga. Harga lemari pakaian pun sangat bervariasi sehingga tak jarang banyak orang yang merasa bingung dalam menemukan patokan harga lemari pakaian pada umumnya.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang dapat menentukan harga lemari pakaian yang ideal. Kira-kira apa saja ya yang menjadi faktor penentu harga lemari pakaian? Yuk, langsung saja cek ulasan Kania mengenai harga lemari pakaian berikut ini!

1. Material yang Digunakan Lemari Pakaian

pinterest

Sama dengan prinsip ekonomi lainnya dalam hal penentuan harga, mencari tahu harga lemari pakaian salah satunya ditentukan oleh bahan atau material yang digunakan. Kamu hanya perlu mengetahui apa bahan utama dari lemari pakaian tersebut. Namun, material yang paling umum digunakan pada lemari pakaian adalah material kayu.

Ada beberapa jenis material kayu yang bisa membantumu menentukan harga lemari pakaian, di antaranya adalah komposit atau bahan manufaktur seperti plywood dan particle board yang mungkin lebih murah dibandingkan dengan lemari pakaian dari material kayu asli. Bahan kayu asli sendiri dapat digolongkan lagi berdasarkan kualitasnya, seperti kayu jati Belanda, kayu solid, kayu jati, hingga jenis softwood yang lebih terjangkau.

2. Ukuran Lemari Pakaian

encrypted-tbn0.gstatic

Standar pengukuran lemari pakaian biasanya dihitung berdasarkan jumlah pintu, misalnya antara satu sampai enam pintu, semuanya tergantung kebutuhan. Inilah yang menjadi salah satu faktor untuk menentukan harga lemari pakaian. Ukuran satu pintu berkisar antara 50-60 cm. Dengan demikian, untuk menghitung lebih dari satu pintu kamu cukup mengalikannya sesuai dengan jumlah total pintu.

Sementara itu, lebar lemari pakaian biasanya antara 45-60 cm dan dari segi ketinggian, lemari pakaian umumnya memiliki tinggi antara 180-200 cm. Khusus untuk ukuran lemari pakaian yang tingginya menyentuh plafon bisa mencapai 300 cm. Namun, menentukan harga lemari pakaian dari segi ukuran ini bisa disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Pada dasarnya, semakin besar dan tinggi ukuran lemari pakaian, maka semakin tinggi juga harga lemari pakaian tersebut.

3. Jenis Instalasi Lemari Pakaian

encrypted-tbn0.gstatic

Untuk harga lemari pakaian yang dibuat secara custom atau dibuat sesuai keinginan, tentunya beda lagi harganya. Umumnya, harga lemari pakaian custom lebih mahal daripada lemari pakaian yang dapat langsung dibeli di toko furnitur, baik secara offline maupun online. Hal ini dikarenakan adanya pertimbangan khusus dalam membuat desain, sistem instalasi, hingga fitur-fitur lainnya yang berbeda dari lemari pakaian biasa.

4. Style Pintu dan Laci Lemari Pakaian

encrypted-tbn0.gstatic

Apakah lemari pakaian yang kamu gunakan menggunakan jenis pintu engsel? Atau mungkin jenis pintu geser? Lalu, bagaimana dengan jenis sistem geser yang digunakan lemari pakaian, apakah menggunakan sistem bypass atau pocket? Hal ini nantinya yang akan menentukan harga lemari pakaian.

Selain itu, jumlah rak dan laci yang terdapat di dalam lemari pakaian juga dapat menjadi faktor penentu harga lemari pakaian. Semakin banyak jumlah rak dan laci, maka semakin banyak bahan dan proses pengerjaannya sehingga harga lemari pakaian pun turut naik. Namun, pada umumnya harga lemari pakaian dengan rak terbuka lebih terjangkau dibandingkan dengan lemari pakaian yang menggunakan laci.

5. Desain & Fitur Lemari Pakaian

pinterest

Setiap furnitur memiliki desain tersendiri untuk memperindah penampilannya. Ada lemari pakaian yang mengusung gaya klasik ala Eropa, ada yang mengambil konsep lemari pakaian minimalis, dan ada juga yang hanya menggunakan model standar saja. Tentunya ini semua akan mempengaruhi harga lemari pakaian pada akhirnya.

Untuk fitur-fitur yang tersedia dalam sebuah lemari pakaian juga tidak boleh lupa diikutsertakan dalam perhitungan harga lemari pakaian. Fitur lemari pakaian, baik yang besar maupun kecil, seperti tambahan bahan metal, cermin, pegangan, kaki lemari pakaian, hingga finishing akhir akan mempengaruhi harga lemari pakaian. Biasanya, semakin unik desainnya dan banyak fiturnya akan semakin mahal juga harga lemari pakaian tersebut.

Dalam mencari lemari pakaian yang ideal, harga lemari pakaian memang menjadi faktor yang paling utama dan penting. Akan tetapi, jangan sampai kamu mengorbankan kualitas demi mendapatkan harga lemari pakaian yang murah, ya!

Ingatlah untuk selalu memprioritaskan mutu, fungsi, dan daya pakai dari setiap furnitur atau peralatan rumah tangga yang kamu pilih demi penggunaan jangka panjang yang memuaskan. Temukan pilihan produk furnitur terbaik hanya di Dekoruma!

Untuk furnitur multifungsi, Dekoruma jual kursi makan, meja belajar, sofa minimalis, dan lemari pakaian dengan aneka model dan ukuran. Dekoruma juga jual meja kerja dan kursi kantor yang ergonomis untuk ruang kerja pribadimu, lho! Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!