Membuat Dekorasi Dinding Rumah dari Kertas Origami

Origami pasti bukanlah hal yang asing untukmu. Kesenian melipat kertas dari Jepang ini sering kita lakukan semasa kecil. Apakah kamu masih ingat? Hasil lipatan kertas dengan bentuk yang beragam tersebut bisa dijadikan hiasan dinding juga, lho! Hiasan dinding dari origami mudah untuk dibuat dan harganya pun sangat terjangkau. Hasilnya tergantung dari kreasi dan keahlianmu dalam melipat.

Nah, berikut ini Kania akan membagikan inspirasi hiasan dinding dari origami untuk kamu. Yuk, langsung saja cek tujuh hiasan dinding dari origami berikut ini untuk ramaikan rumahmu!

Hiasan Dinding dari Origami Membentuk Lingkaran Bangau

pinterest.com

Bangau adalah model hiasan dinding dari origami yang paling populer di dunia. Teknik melipatnya susah-susah gampang sehingga membutuhkan ketelatenan. Untuk menciptakan tampilan yang berbeda pada hiasan dinding dari origami ini, buatlah menggunakan kertas bermotif, seperti motif bunga, daun atau suatu pola tertentu.

Gunakan motif kertas origami yang berbeda satu sama lain jika kamu memiliki banyak koleksi kertas untuk membuat bangau. Setelah itu, rangkailah hiasan dinding dari origami ini secara melingkar sehingga terlihat seperti beberapa bangau sedang berkumpul. Ide yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan kamar.

Hiasan Dinding dari Origami yang Super Mudah

amazinginteriordesign.com

Kali ini ada hiasan dinding dari origami yang sangat mudah dibuat. Dengan demikian, hiasan dinding dari origami ini sangat pas untuk para pemula dan anak-anak yang ingin membuat dekorasi sendiri. Untuk menciptakan hiasan dinding dari origami ini, kamu hanya perlu melipat keempat ujung kertas origami ke bagian tengah kertas. Hasilnya, akan tampak semburat warna putih di antara warna kertas.

Setelah itu, susunlah origami tersebut menjadi hiasan dinding dari origami. Rangkaian dengan bentuk persegi membuatnya lebih mudah disusun rapi dalam satu bidang. Kamu bisa merangkainya di atas meja belajar agar lebih semangat saat belajar atau mengerjakan tugas. Kamu lebih suka menyusun hiasan dinding dari origami ini dalam urutan warna pelangi atau abstrak, nih?

Hiasan Dinding dari Origami Bentuk Pesawat Minimalis

squarespace.com

Hiasan dinding dari origami ini juga tak kalah mudah untuk dibuat. Bentuk hiasan dinding dari origami ini adalah pesawat tanpa sayap. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu melipat kertas origami menjadi bentuk segitiga, kemudian lipat lagi di bagian tengah untuk menciptakan dekorasi dinding 3D.

Buatlah hiasan dinding dari origami ini dalam berbagai ukuran dan warna agar tidak terlihat monoton. Setelah itu, tempelkan di dinding rumahmu dengan arah diagonal ke atas sehingga memberikan ilustrasi seakan-akan pesawat sedang terbang ke atas. Hiasan dinding dari origami ini sangat cocok untuk menghias rumah dengan konsep interior minimalis.

Perpaduan Hiasan Dinding dari Origami dengan Jahitan

digital-ladies-and-allies.org

Yuk, coba sesuatu yang berbeda! Hiasan dinding dari origami ini tidak ditempel atau dirangkai menggunakan lem, melainkan menggunakankan benang jahit. Lipatan kertasnya sangat sederhana, yaitu bentuk belah ketupat.

Siapkan dua helai kertas untuk membuat satu potong hiasan dinding dari origami ini, kemudian susun dengan posisi saling membelakangi. Setelah itu, jahit bagian tengahnya bersama dengan potongan kertas lainnya. Setelah menjadi untaian, ikat pada bilah kayu dan gantung pada dinding. Hiasan dinding dari origami ini sangat cocok digantung di dekat meja kerja atau meja komputer supaya kamu jadi lebih semangat saat bekerja.

Hiasan Dinding dari Origami ala Geometri

pinterest.com

Saat ini, dekorasi rumah minimalis banyak didominasi oleh desain geometri. Modelnya yang keren dan anti-mainstream membuat harga dekorasi ini menjadi mahal. Namun, tak perlu khawatir karena untuk mendapatkan dekorasi bergaya geometri ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak, lho! Dengan hiasan dinding dari origami ala geometri ini, rumahmu akan jadi sangat keren dan modern. Cara membuatnya pun ternyata cukup mudah.

thesprucecrafts.com

Kertas-kertas yang sudah dilipat menjadi jajar genjang dapat disatukan dengan cara kedua ujungnya diselipkan ke ujung kertas-kertas lainnya. Setelah itu, kamu hanya perlu menyusunnya menjadi bentuk yang kamu inginkan. Pada umumnya, orang-orang merangkai hiasan dinding dari origami ala geometri ini menjadi bentuk binatang.

Hiasan Dinding dari Origami Bentuk Bunga Tulip

pinterest.com

Ingin memiliki dekorasi kamar tidur yang menggemaskan? Coba hias kamarmu dengan hiasan dinding dari origami berbentuk bunga tulip ini. Untuk membentuk bunga tulip, hiasan dinding dari origami ini hanya membutuhkan dua helai kertas, satu berwarna hijau untuk bagian daun dan satu lagi berwarna cerah untuk bagian bunganya.

Kamu bisa membuatnya dalam berbagai ukuran, kemudian susun berderet di bagian bawah dinding. Tak hanya di kamar tidur, hiasan dinding dari origami tentunya bisa kamu gunakan juga di ruang tamu atau ruang keluarga. Dengan demikian, rumah yang polos pun akan tampil lebih dekoratif dan menawan.

Hiasan Dinding dari Origami Bentuk Burung Cantik

paperpia.co.kr

Kalau bangau terlalu sulit dibuat dan ditempel ke dinding, coba buat hiasan dinding dari origami bentuk burung 2D seperti ini. Manfaatkan kertas beraneka motif untuk hasil yang lebih menarik. Kamu juga bisa membuatnya dalam berbagai ukuran. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa semakin kecil ukuran kertas, maka tingkat kesulitan melipatnya pun semakin tinggi.

Kalau sudah selesai, jangan lupa tambahkan mata pada hiasan dinding dari origami ini menggunakan spidol agar terlihat lebih hidup. Kamu bisa menempelkannya di atas saklar lampu sehingga memberikan ilustrasi seperti burung yang sedang hinggap di atasnya.

Sudah tidak sabar membuat dan meramaikan rumah dengan hiasan dinding dari origami di atas? Yuk, segera siapkan kertas origami dan alat bantu lainnya! Temukan juga artikel DIY lainnya di Dekoruma, seperti cara membuat hiasan dinding dari kardus hingga membuat dekor lampu hias sendiri.

Selain artikel, kamu juga bisa menemukan berbagai furnitur dan dekorasi kekinian dengan harga terjangkau untuk hunianmu. Dekoruma jual meja TV, kursi makan, laci, cermin, nakas, dan kursi panjang.

Ada juga aneka jenis kasur dari merek-merek ternama untuk melengkapi kebutuhan tidurmu, lho! Dekoruma jual kasur Lady Americana, Dunlopillo, Alga, dan King Koil. Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!