Macam-Macam Jenis Bunga yang Berbahaya

Keberadaan bunga dalam hunian sering menjadi pilihan orang-orang untuk menghadirkan suasana yang segar dan cantik. Berbagai jenis bunga pun bisa ditanam, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Beberapa orang bahkan menganggap adanya bunga pada hunian mampu menurunkan tingkat stres.

Biasanya, orang-orang akan memilih jenis bunga yang terlihat cantik dan segar untuk menghias rumahnya. Namun, tampilan jenis bunga yang cantik dan segar belum tentu aman. Pasalnya, ada beberapa jenis bunga yang cantik, tapi ternyata beracun dan berbahaya. Tingkat racun pada jenis bunga tersebut bahkan ada yang mematikan. Oleh karena itu, sebelum menanamnya, sebaiknya kamu ketahui dulu jenis bunga apa saja yang beracun dan tidak aman. Berikut ini Kania akan membagikan sembilan jenis bunga beracun yang patut kamu waspadai. Simak ulasannya sampai habis, ya!

1. Jenis Bunga Daffodil

floraqueen

Bunga Daffodil biasanya sering dijadikan tanaman hias untuk taman. Jenis bunga ini umumnya berwarna kuning saat sedang mekar. Namun, tak jarang juga ditemukan bunga Daffodil dengan kelopak warna putih. Meskipun terlihat sangat menyegarkan, jenis bunga ini termasuk jenis bunga beracun yang bisa menyebabkan masalah pencernaan, lho! Jika megonsumsi jenis bunga ini, orang yang bersangkutan bisa terserang diare. Bahkan, bila terkonsumsi dalam jumlah banyak, racun dari jenis bunga Daffodil bisa menyebabkan masalah irama jantung sampai kematian.

2. Jenis Bunga Azalea

southernliving

Kecantikan dari jenis bunga yang satu ini memang tidak ada duanya. Akan tetapi, jenis bunga Azalea ini beracun dan sangat membahayakan kesehatan. Perlu diketahui bahwa seluruh bagian jenis bunga ini sebenarnya beracun. Jika dikonsumsi, bagian batang, daun, ataupun kelopak bunganya bisa menimbulkan kondisi sesak napas, kelumpuhan, bahkan kematian. Oleh karena itu, kamu harus mewaspadai jenis bunga ini.

3. Jenis Bunga Lily

s3-us-west-1.amazonaws

Pasti kamu sudah tidak asing lagi, kan dengan jenis bunga yang satu ini? Jenis bunga Lily yang identik menjadi lambang cinta sejati ini memang sering dijadikan pilihan untuk menghiasi hunian. Selain cantik, jenis bunga Lily memiliki banyak manfaat. Meskipun demikian, daun dan kelopak jenis bunga ini bisa mengeluarkan racun yang membuat mulut dan tenggorokan terasa panas dan terbakar. Oleh karena itu, pastikan jangan sampai daun atau kelopak bunga Lily ini terkonsumsi, ya!

4. Jenis Bunga Kecubung

wilsontimes

Jenis bunga Kecubung yang juga sering disebut Angel Trumpet ini memiliki bentuk unik, di mana kelopak bunganya menjuntai ke arah bawah. Namun, ternyata jenis bunga ini digolongkan sebagai salah satu jenis bunga narkotika, lho! Hal ini dikarenakan jenis bunga Kecubung memiliki zat hallucinogen serta senyawa atropine, hyoscyamine, dan scopolamine. Zat-zat tersebut merupakan racun yang bisa menimbulkan halusinasi hingga kehilangan kesadaran.

5. Jenis Bunga Hemlock

gannett-cdn

Jenis bunga yang cantik dan memiliki nama latin Conium Maculatum ini juga dikategorikan sebagai jenis bunga narkotika. Penggolongan tersebut dikarenakan jenis bunga Hemlock yang berukuran kecil ini mengandung alkaloid coniine. Jika termakan, zat tersebut bisa merusak sistem saraf, bahkan risiko paling buruknya dapat menimbulkan kematian.

6. Jenis Bunga Autumn Crocus

jungledragon

Jenis bunga ini disebut-sebut sebagai bunga yang paling beracun di dunia. Bagaimana tidak, Autumn Crocus bisa menyebabkan hilangnya tekanan darah sampai penyakit jantung yang berujung pada kematian. Semua risiko tersebut disebabkan oleh adanya senyawa colchicine pada jenis bunga ini yang belum ditemukan obatnya.

7. Jenis Bunga Ranunculus

farmergracy

Sekilas, tampilan jenis bunga yang satu ini terlihat mirip dengan bunga mawar. Namun, bunga mawar hanya memiliki duri yang bisa menyebabkan luka bagi orang yang memegangnya secara tidak hati-hati. Sementara itu, jenis bunga Ranunculus ini mengandung racun yang bisa menyebabkan masalah pencernaan. Oleh karena itu, kamu harus mewaspadai jenis bunga ini, ya!

8. Jenis Bunga Wisteria

almanac

Bagi yang senang menonton drama Korea atau pun Jepang, pasti sudah familiar dengan jenis bunga hias gantung ini. Meskipun terlihat sangat cantik dan unik, jenis bunga wisterua ternyata juga mengandung racun yang disebut sebagai saponin. Senyawa racun pada jenis bunga ini bisa membuat orang pingsan hingga mengalami gangguan pencernaan.

9. Jenis Bunga Hydrangea

images.squarespace-cdn

Sudah sering mendengar racun hidrogen sianida? Pasalnya, jenis bunga Hydrangea yang sering digunakan sebagai bunga hias di dalam maupun luar hunian ini mengandung racun tersebut. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, racun pada jenis bunga ini dapat menyebabkan mual dan pusing. Namun, orang yang mengonsumsi jenis bunga Hydrangea dalam jumlah yang banyak bisa berujung pada kematian.

Tidak disangka-sangka, ya? Ternyata, jenis bunga yang terlihat cantik dan segar di atas mengandung racun berbahaya. Mulai sekarang, lebih selektif dan berhati-hatilah dalam memilih jenis bunga untuk hunianmu. Jangan asal memilih yang cantik, pastikan jenis bunga tersebut juga aman, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk rumahmu? Dekoruma jual laci, meja makan, sofa minimalis, dan lemari pakaian yang multifungsi dan space-saving. 

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti, lho! Kamu bisa menemukan aneka jenis properti hunian, seperti rumah dan apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Ada rumah dijual di Jakarta Selatan, rumah baru di Depok, hingga apartemen dijual di Jakarta Barat. Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan domisilimu. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!