Tips dan Trik Mengusir Ular dari dalam Rumah yang Ampuh

Bencana banjir telah menimbulkan banyak masalah. Tidak hanya merusak sejumlah furnitur, tapi juga menyeret hewan liar ke dalam rumah, salah satunya adalah ular. Hewan melata ini ditakuti oleh banyak orang karena dapat menggigit dan beberapa di antaranya memiliki bisa beracun. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengusir ular yang paling efektif.

Cara mengusir ular sangat beragam, mulai dari menggunakan beberapa bahan sampai melakukan suatu tindakan tertentu. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengusir ular pun dapat kamu temukan dengan mudah di dalam rumah sehingga bisa segera menerapkannya. Nah, di bawah ini Kania akan membagikan enam cara mengusir ular paling efektif untukmu. Simak penjelasannya sampai habis, ya!

Usir Ular dengan Cuka

rd.com

Jenis ular kobra memiliki permukaan kulit yang mampu menyerap cuka putih. Saat menyerap cairan dari cuka putih tersebut, kulit ular kobra akan terasa panas sehingga mereka akan segera pergi jauh dari dalam rumahmu karena merasa tidak aman. Supaya cara mengusir ular yang satu ini menjadi lebih efektif, pastikan untuk mencipratkan atau menuangkan cuka di sekujur tubuhnya. Kalau masih ada sisa, selain dipakai untuk memasak, cairan cuka tersebut juga bisa kamu pakai sebagai cara menghilangkan karat, lho!

Cara Mengusir Ular dengan Minyak Kayu Manis

organicauthority.com

Pada umumnya, minyak kayu manis digunakan untuk mengobati aneka penyakit manusia dan juga mengharumkan ruangan. Namun, sayangnya sangat jarang yang tahu bahwa minyak kayu manis cukup ampuh untuk mengusir ular karena ular tidak menyukai aroma kayu manis. Cara mengusir ular dengan bahan alami ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyemprotkan minyak kayu manis ke arah ular. Dengan demikian, mereka akan segera pergi dari rumahmu.

Akan tetapi, untuk melakukan cara mengusir ular ini, kamu perlu memperhatikan arah penyemprotannya dengan baik. Arah yang terbaik untuk menyemprotkan minyak kayu manis ini adalah dari depan ular. Sementara itu, menyemprotkan minyak kayu manis dari arah belakang ular hanya akan membuat ular kaget dan malah berbalik menyerang kamu. Jadi, tetap berhati-hati, ya!

Sebagai info tambahan, selain minyaknya, bagian dari kayu manis juga bermanfaat, lho. Kulit kayu manis sering dijadikan bahan dalam menerapkan cara menghilangkan kutu beras secara alami!

Beri Irisan Bawang Putih dan Bawang Merah

pixabay.com

Bahan yang dibutuhkan pada cara mengusir ular kali ini adalah bawang putih dan bawang merah. Kamu pasti memiliki bahan ini di dapur, kan? Kedua bawang ini mengandung asam sulfonat yang dapat membuat ular merasa tidak nyaman. Sebagai informasi tambahan, zat ini juga yang membuat matamu terasa perih saat memotong bawang.

Oleh karena itu, saat ada ular yang masuk ke dalam rumahmu, segera iris bawang putih dan bawang merah menggunakan pisau, kemudian lemparkan irisan tersebut ke arah ular. Cara mengusir ular yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai penangkal ular. Letakkan saja irisan bawang di sudut rumahmu supaya mereka tidak bersarang. Fyi, irisan bawang merah juga dipercaya menjadi cara membasmi tikus yang ampuh, lho!

Cara Mengusir Ular Menggunakan Bubuk Cabai

pinterest.com

Aroma bubuk cabai yang dipakai untuk melengkapi masakan ternyata sangat menyengat bagi ular. Bahan untuk melakukan cara mengusir ular yang satu ini pun sangat mudah didapatkan. Oleh karena itu, banyak orang menyukai cara mengusir ular yang satu ini. Supaya cara mengusir ular ini memberikan hasil yang maksimal, gunakan bubuk cabai murni tanpa campuran bahan apa pun. 

Kamu bisa menuangkan bubuk cabai di dalam sebuah mangkuk, kemudian letakkan di sudut rumah. Selain itu, potongan-potongan kayu yang terdampar akibat banjir juga sangat rawan didatangi dan dijadikan tempat bersarang oleh ular. Oleh karena itu, sebelum menyingkirkan potongan kayu tersebut, taburkan dulu bubuk cabai di sekitarnya. Kalau ular sudah pergi, maka kamu akan merasa lebih aman dan nyaman saat menyingkirkan potongan kayu tersebut.

Cara Mengusir Ular Menggunakan Karbol

pixabay.com

Ular tidak menyukai aroma yang kuat, seperti karbol. Oleh karena itu, rutinlah membersihkan lantai menggunakan alat pel dan karbol agar ular enggan masuk ke dalam rumahmu. Apabila ular masih berusaha menerobos ke dalam rumah dan mengancam keselamatan keluarga, siramkan saja karbol ke seluruh tubuhnya. Karbol akan menimbulkan efek panas sehingga sistem gerak ular bermasalah. Namun, jangan lupa untuk tetap jaga jarak aman supaya tidak diserang oleh ular tersebut, ya!

Buka Pintu Keluar di Sekitar Ular

twitter.com

Cara mengusir ular yang terakhir ini dapat dikatakan sebagai yang teraman karena tidak ada kontak fisik. Namun, cara mengusir ular ini membutuhkan kesabaran ekstra dari seluruh penghuni rumah. Kamu bisa mengusir ular dengan membuka pintu keluar terdekat dari posisi ular saat itu. Jangan lupa, pastikan semua pintu, seperti pintu kamar dan pintu kamar mandi di dalam hunian tertutup agar ular tidak kabur ke dalamnya.

Selain itu, buka juga saluran ventilasi udara di rumah agar ruangan tidak lembap karena ular menyukai kondisi yang lembap. Biarkan ular keluar dari rumah dengan sendirinya melalui pintu yang telah kamu buka. Penghuni rumah akan selamat dan ular pun tidak tersakiti.

Demikian enam cara mengusir ular yang efektif dan alami yang bisa kamu terapkan di rumah. Namun, alangkah baiknya jika kamu juga melakukan pencegahan agar ular tidak masuk ke dalam rumah, misalnya dengan menyingkirkan semak-semak atau menyebarkan benda kasar, seperti kerikil, ijuk, atau kulit telur di area taman rumah. Tetap waspada, ya!

Temukan informasi lain untuk mengusir atau membasmi hewan-hewan yang tidak diinginkan dari rumah di Dekoruma, seperti cara mengusir tikus curut dan nyamuk.

Tak hanya informasi, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu. Dekoruma jual kursi anak, meja belajar, tempat tidur, kabinet, hingga kasur dari merek-merek terkenal, seperti kasur Dunlopillo dan King Koil.

Buat kamu yang sedang mencari hunian baru, kamu juga bisa menemukannya di Dekoruma, lho, tepatnya melalui Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen untuk kebutuhan tempat tinggalmu. Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di BSD, Jakarta Selatan, Depok, hingga Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!